“PKK Desa Tofuti, Manfaatkan Buah dan Limbah Batang Pohon Magrove, Menjadi Ragam Olahan Bernilai Ekonomi

MOROWALI – Desa Tofuti Kecamatan Bungku Tengah Kab.Morowali Sulawesi Tengah, merupakan sebuah desa kecil memiliki luas desa hanya 1 kilometer persegi,yang dipimpin oleh Kepala Desa(Kades) Najib Karim, namun demikian desa tersebut memiliki destinasi Taman Wisata Magrove Laa Futu Beach, pembangunannya dimulai sejak tahun 2019 yang kemudian diresmikan Bupati Morowali di tahun 2021.

Fauziah, selaku Ketua PKK desa Tofuti mengatakan, ” buah magrove dan limbah batang pohon magrove pada umumnya jatuh berserakan ke tanah, namun adanya pelatihan pengolahan buah magrove bersama Pemda, dan PT. IMIP, maka tim PKK bisa memanfaatkan dan menjadikan olahan yang bernilai ekonomi.

Dia menjelaskan, magrove yang dipakai campuran untuk menghasilkan motif pada kain.

Tahap awal dari proses pembuatan atau teknik Ecoprint/ pewarna pada kain , berasal pengumpulan buah magrove juga limbah magrove lainnya yang akan dicampur bersama daun – daun tanaman yang telah di kumpulkan dan akan dijadikan sebagai motifnya dan khusus pewarna menggunakan pewarna dari kayu cendana dan daun pakis laut maupun daun joruju.

Kemudian, perendaman dan penempelan motif yang memakan waktu 2 jam, sementara untuk hasil kain bermotif tersebut bisa digunakan setelah menunggu 7 hari sejak proses pewarnaan, ” ujar Fauziah.

“Proses kain bermotif, untuk saat ini, masih memproduksi kurang lebih 10 sampai 15 helai kain, ini dikarenakan dana pembelian kain/ proses ecoprint dan lainnya masih terkendala, ” kata Fauziah, kepada awak Media saat ditemui dikantor desa, Sabtu(6/8/2022)

Berharap, kepada Pemerintah Daerah khususnya melalui Dinas terkait , bantuan modal juga pemasaran guna mengembangkan usaha produksi desa Tofuti

Untuk diketahui selain pemanfaatan hasil Hutan magrove , sebagai olahan minuman, selai, sabun cuci, kopi dan teh desa Tofuti juga mengembangkan kerajinan gerabah keramik yang sudah lama dikembangkan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya desa Tofuti.

Adapun Susunan Pengurus PKK Desa Tofuti Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah.

Ketua : Fauziah
Anggota :
-Ruhania -Misra- Arna -Rahmawati – Faozia -Hayat- Jamri – Indrawati -Novayanti -Sri Rahmawat -Nursia -Satriani -Hadija -Saraia -Marlina -Juliyanti -Nawia- dan Nasran.

PENULIS : DIAN ANGGRIANI

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini