Ketua DPRD Morowali Geram : PT BCPM Segera Selesaikan Hak-Hak Masyarakat ” Anda Mau Atau Tidak “

Morowali – Hentikan Aktifitas dan Cabut IUP Produksi PT Bima Cakra Perkasa Mineralindo
Sengketa lahan antara masyarakat Laroenai dan Buleleng dengan Pihak PT Bima Cakra Perkasa Miniralindo (PT. BCPM) yang hingga saat ini belum ada penyelesaiannya , ” tegas Ketua DPRD Morowali, Kuswandi, kepada Awak Media, Senin (17/10/2022)

Menurutnya, bahkan memunculkan adanya pendudukan akses jalan Haulling perusahaan tersebut hingga senin 17 Oktober 2022 sebaiknya di respon cepat oleh masing masing pihak, khususnya dalam hal ini adalah pihak BCPM maupun oleh pemerintah daerah Kabupaten Morowali.

“BCPM harus segera menyelesaikan hak hak masyarakat “Anda mau selesaikan atau Tidak”, dan kalau mau diselesaikan waktunya kapan,” kata Kuswandi.

Lanjut, Sehingga jelas dan memberi kepastian atas hak hak masyarakat Hal tesebut tertuang dalam surat penyampaian bupati dalam surat yang bernomor 188.5/0947/umum/IX/2022 tanggal 23 September 2022 tentang penyelesaian Terkait sengketa lahan antara masyarakat Laroenai dan buleleng dengan PT BCPM.

Perusahaan tidak dapat melakukan aktifitas operasional pengangkutan dan pemuatan material nikel ore sampai dengan terpenuhinya hak hak masyarakat, alhasil hak hak masyarakat belum terselesaikan padahal masalah ini sudah cukup lama disengketakan, sementara disisi lain perusahaan tetap melakukan aktifitas penambangan diareal lahan masyarakat serta kegiatan pengangkutan dan pemuatan material ore.

Kuswandi mengatakan, Hal ini jelas memberikan rasa tidak adil bagi masyarakat. Pendudukan dan blockade akses jalan hauling tersebut harus dilihat sebagai bentuk perlindungan dan penyelamatan hak hak masyarakat, sebagaimana dijaminkan dalam surat penyampaian pemda ke PT BCPM jadi jangan dilihat sebagai tindakan menghalangi halangi aktifitas perusahaan.

Ini penting untuk menghindari adanya tindakan kriminalisasi terhadap masyarakat, olehnya semua pihak harus berhati hati dalam menyikapi persoalan ini. Investasi itu penting tapi jauh lebih penting perlindungan terhadap hak hak masyarakat kita

“Olehnya dengan tidak diindahkannya surat Bupati tersebut saya minta Pemda Morowali melalui instansi terkait hentikan aktifitas PT.BCPM, guna hindari tindakan anarkhis masyarakat dilapangan yang sampai hari ini masih terus melakukan aksi blokade, dan juga segera melakukan evaluasi keseluruhan terhadap perijinan PT BCPM.

Melakukan audit lingkungan atas pelaksanaan pertambangan yang dilakukan oleh BCPM, rekomendasi itu kemudian diajukan untuk mengusulkan pencabutan IUP OP PT BCPM jika didapatkan fakta bahwa ada pelanggaran lingkungan maupun perijinan lainnya, ” tutup Kuswandi.

Penulis: Dian Anggraini

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini