Bawaslu Morowali Gelar Bimtek Pengawasan Pemungutan & Penghitungan Suara (TUNGSURA) Pada Pemilu 2024

Morowali, Hosnews.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Morowali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu 2024, bertempat di Hotel Metro, desa Bente Kabupaten Morowali, Senin (5/2/24).

Turut dihadiri oleh, Ketua Bawaslu Morowali, Aliamin,SE, Kepala Sekretariat Bawaslu, Nursia, SH.MM, Anggota Bawaslu, Elsevin Lansinara,SH, Sarifa Fadlia Abu bakar, SSos.I.

Acara ini diadakan sebagai upaya meningkatkan kualitas pengawasan dalam tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara pada Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Morowali, Aliamin, SE, saat membuka acara Bimtek.

Lebih lanjut, Aliamin menyampaikan, mengingat pada tanggal 14 Februari 2024 kita akan melaksanakan Pesta Demokrasi untuk itu pentingnya Bimtek terkait pemahaman PKPU 25 tahun 2023 tentang pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan umum.

” Sebagai anggota Bawaslu, tugas kita sebelum ditanggal 10 Februari semua pengawas Pemilu sudah harus melaksanakan Bimtek sehingga dari Bimtek ini kita mendapat referensi untuk melaksanakan tugas – tugas kita dilapangan,” ujarnya.

Mengingat pentingnya tahapan pemungutan suara, kata Aliamin, olehnya itu Kami menghimbau jajaran pengawasan pemungutan suara untuk bisa memastikan pelaksanaan pemungutan suara terlaksana dengan baik sesuai dengan peraturan yang ditentukan.

Adapun, Narasumber dalam Bimtek tersebut, Anggota KPUD Morowali, Sabri Darisa, dengan materi Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu Serentak tahun 2024, Ketua Bawaslu Morowali, Aliamin, SE materi, Identifikasi Potensi masalah dan Kerawanan TPS, Koordiv HP2H ,Sarifa Fadlia Abu Bakar, SSos.I memberikan materi Potensi Pelanggaran dan strategi pengawasan pemungutan suara Pemilu 2024.

Peserta Bimtek terdiri dari Panwas Kecamatan se – Kabupaten Morowali , Sekretariat Panwascam dan PKD Kecamatan kemudian Kegiatan ditutup dengan Diskusi tanya jawab.

Penulis: Dian

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini