Aplikasi Google Gboard Versi Baru, Fitur Apa Saja yang Diupdate?

Aplikasi Google Gboard Berdesain Baru, Gboard merupakan keyboard terbaru Google untuk Android, dan telah menjadi fitur yang banyak digunakan banyak perangkat.

Aplikasi Google Gboard ini ditemukan mengalami perubahan desain baru, seperti yang disampaikan oleh penguji beta.
 
Mengutip GSM Arena, peningkatan visual utama dapat ditemukan di toolbar baru, memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi dengan lebih dari empat opsi, serta kemampuan untuk memindahkan tombol pencarian suara.
 
Lingkaran yang saat ini tersedia dengan tanda panah berkemampuan untuk menyembunyikan atau mengungkapkan empat fitur yang terdapat di Aplikasi Google Gboard.

Baca Juga : Cara Masuk Google SG Singapore Original Gratis Terbaru 2023

Tombol ini akan menampilkan empat kotak, dan menghilangkan menu tiga titik, memberikan ruang untuk satu shortcut tambahan.

Aplikasi Google Gbord Berdesain Baru 2023

Aplikasi Google Keyboard atau Gboard merupakan papan ketik buatan perusahaan Google yang populer bagi pengguna smartphone Android.

Tidak hanya sekedar untuk mengetik, Gboard memiliki berbagai fitur yang memudahkan penggunanya mulai dari mengoreksi tulisan typo (autocorrect),

menggunakan suara untuk mengetik (voice typing), memudahkan penggunakan copy dan paste, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari laman Giz China pada Sabtu (18/2/2023), Google merombak desain dari fitur Aplikasi Google Gboard untuk memberikan pengalaman terbaru bagi para pengguna smartphone Android.

Perubahan ini bisa dilihat oleh pengguna mulai dari urutan ikon pintasan di menu toolbar.

Pada Gboard versi lama, ikon dari kiri ke kanan masing-masing adalah tanda panah ke kiri, stiker, GIF, clipboard, pengaturan (settings), ikon titik tiga (menu), dan microphone.

Sementara untuk versi terbarunya, Aplikasi Google versi baru menampilkan ikon kotak persegi, ikon Text Editing (huruf “I” kapital di sebelah kiri atas), stiker, GIF, clipboard, pengaturan tema keyboard, dan microphone dengan urutan yang sama.

perbandingan tampilan gboard lama dan baru
Gboard Lama vs Gboard Baru

Sebelumnya, pengguna harus mengklik ikon titik tiga yang berada di ujung kanan untuk bisa mengubah shortcut apa saja yang muncul di toolbar.

Setalah Aplikasi Google Gboard dirombak, opsi tersebut berpindah dengan logo empat kotak persegi dengan formasi 2×2 dan ditempatkan di ujung kiri.

Sehingga, pengguna harus mengklik ikon yang di sebelah ujung kiri untuk mengubah tampilan shortcut di toolbar.

Baca Juga : 5+ Cara Daftar Google Adsense YouTube Cepat Diterima Dengan Cepat

Ketika pengguna mengetuk ikon menu tadi, Gboard juga akan menampilkan beberapa opsi terbaru seperti emoji dan pengubah bahasa yang sebelumnya belum ada di versi lama.

Menariknya lagi, pengguna bisa mengatur shortcut apa saja yang akan muncul di menu ini dengan cara menyeret atau drag item dari dan ke toolbar.

Pengguna juga bisa memasukkan seluruh ikon pintasan ke dalam menu toolbar.

Kemampuan terbaru dari Aplikasi Google terbaru ini cukup menarik, lantaran pada versi sebelumnya pengguna hanya dibatasi untuk menampilkan empat ikon pintasan saja.

Untuk ikon microphone yang berada di ujung kanan kini bisa diganti dengan ikon pintasan lain.

Fitur-Fitur Apa Saja yang Diupdate Aplikasi Google Gboard

Hal itu dikarenakan fitur Aplikasi Google Gboard tersebut jarang digunakan oleh para pengguna.

Tampilan dari versi terbaru Gboard juga dibuat dengan jarak yang lebih padat antar ikonnya dan menggunakan kolom berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat.

Sedangkan, tampilan lama memposisikan antar ikon dengan jarak lebih renggang, serta menggunakan kolom berbentuk lingkaran.

Kemungkinannya ini dibuat karena aplikasi Google keyboard android terbaik 2020 ingin menghadirkan fitur-fitur lain di masa mendatang.

Jadi, ruang kosong dari gambar di atas diyakini sebagai tempat untuk menambah ikon fitur yang baru.

Baca Juga : Cara Megrasi Google Analytics 4 (GA4) Terbaru 2023

Penutup :

Aplikasi Google Gboard Selain itu, laporan ini juga menunjukan bahwa orang Indonesia mendasarkan keputusan pembelian pada tingkat kepercayaan terhadap merek. 

Laporan Year in Search 2022 Google juga menunjukan bahwa rata-rata konsumen menjadi lebih menuntut dan semakin memahami makna merek yang melebihi aspek harga dan kenyamanan.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini