10+ Apple iPad dan Spesifikasinya Terbaru (September 2023)

Apple iPad dan Spesifikasinya : Apple merupakan salah satu perusahaan penghasil produk elektronik terbesar di seluruh dunia.

Perusahaan apple ini sukses sebagai salah satu produsen komputer, contohnya laptop MacBook. Di divisi ponsel, mereka merupakan salah satu penguasa pasar melalui iPhone series.

Selain sukses dengan MacBook dan iPhone, Apple juga memiliki beragam seri tablet yang dinamakan dengan Apple iPad dan Spesifikasinya yang luar biasa. Mereka memulainya di 2010 lewat iPad generasi pertama.

Dari situ, muncul berbagai generasi-generasi berikutnya pada lini seri yang berbeda-beda. Berikut adalah daftar Apple iPad dan Spesifikasinya serta perbedaannya dengan seri-seri lainnya.

Baca Juga : MacBook Layar Lipat, Apple Dirumorkan Akan Hadir pada Tahun 2026

Apa beda iPad Pro dan Air?

Apple iPad dan Spesifikasinya

iPad reguler : Ini adalah seri iPad yang dipasarkan untuk segmen harga entry level, dengan spesifikasi yang dibuat lebih sederhana namun tetap mencirikan kualitas khas Apple.

iPad Air : Secara ukuran, tablet ini menyerupai iPad reguler namun seri ini cenderung punya fitur-fitur yang lebih kekinian dibandingkan iPad reguler,

dengan jenis chipset yang lebih gahar, kamera dengan resolusi lebih tinggi, dan juga desain yang lebih mengikuti zaman.

Dari segi bobot, iPad Air ini bahkan bisa lebih ringan ketimbang iPad reguler meski pada ukuran layar yang sama.

iPad mini : Sebagian orang berpikir kalau iPad mini adalah iPad reguler versi kecil. Padahal, bukan. Ia adalah versi mungil dari iPad Air, karena memang berada di segmen harga yang sama dengan iPad Air.

Fitur-fitur dan Apple iPad dan Spesifikasinya kurang lebih sama, namun iPad mini ditujukan untuk konsumen yang lebih menyukai form factor yang lebih ringkas dan ringan.

iPad Pro : Rajanya iPad. Semua Apple iPad dan Spesifikasinya terbaik yang bisa didapatkan pada sebuah iPad pasti dimiliki oleh seri Pro ini.

Biasanya, ia pun hadir dengan dua varian ukuran, contohnya seperti varian 10 inch dan 12 inci.

iPad Pro tidak hanya unggul di antara seri iPad lainnya, tapi juga menghadirkan performa dan spesifikasi unggulan.

Nah itulah, seri-seri iPad ini senantiasa di-upgrade oleh Apple secara periodik. Dan setiap ada generasi yang baru keluar, generasi sebelumnya otomatis di stop produksinya.

Meski begitu, calon konsumen tetap dapat membeli iPad generasi lama melalui kanal distribusi rekanan Apple di Indonesia.

Apakah Anda penasaran dengan iPad-iPad keluaran terbaru? Jangan khawatir, Carisinyal akan beberkan deretan produk iPad sesuai dengan tahun perilisannya, sekaligus dengan spesifikasi, harga rilis, dan juga fitur-fitur menariknya.

Baca Juga : Apple Rilis iOS 16.4 Beta, Hadirkan Emoji Baru dan Notifications

Inilah Daftar Apple iPad dan Spesifikasinya

1. iPad Pro 12.9 (2022)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarLiquid Retina XDR mini-LED LCD 12.9 inci
ChipsetApple M2
RAM8 GB, 16 GB
Memori Internal128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera12 MP (wide) 10 MP (ultrawide) MP (ToF)
BateraiLi-Po 10758 mAh

Apple iPad dan Spesifikasinya : iPad Pro kini sudah hadir dalam generasi keenamnya, yakni iPad Pro (2022). Yang satu ini merupakan varian berukuran 12.9 inch,

menawarkan panel Liquid Retina XDR mini-LED dengan kecerahan puncak HDR yang mencapai 1600 nit.

Layar iPad ini menghadirkan teknologi TrueTone yang dapat menyelaraskan warna dan kecerahan layar berdasarkan pencerahan di sekitarnya.

Kualitas tampilan layar tablet ini tergolong yang terbaik di dunia, suguhkan ProMotion 120 Hz dengan gamut warna P3 untuk reproduksi warna yang memukau.

Ketimbang generasi sebelumnya yang pakai Apple M1, iPad Pro 12.9 (2022) menggunakan Apple M2 yang hadirkan sebanyak 20 miliar transistor.

Apple mengklaim kinerja CPU-nya alami peningkatan hingga 18%, begitu pun dengan kemampuan GPU yang meningkat 35%.

Fitur baru yang ditawarkan generasi ini terletak di sisi kameranya. Meski suguhkan konfigurasi kamera yang sama persis, kini Anda bisa menggunakan cinematic mode untuk hasilkan rekaman video bak film Hollywood.

Sejumlah peningkatan lainnya juga turut hadir, tapi mayoritasnya hanya di sisi konektivitas. Sebut saja versi Bluetooth yang kini 5.3, serta kehadiran WiFi 6E alih-alih WiFi 6 biasa.

Konektivitas USB Type-C dengan Thunderbolt 4 kembali dihadirkan seperti generasi sebelumnya, cocok untuk multitasking dengan cara menghubungkan laptop ke dua monitor 4K sekaligus.

Untuk kebutuhan sehari-hari, tampaknya iPad Pro 12.9 (2022) akan sangat overkill. Tapi jika Anda membutuhkan workstation yang tahan hadapi segala kebutuhan perkontenan profesional, rasanya tak ada yang lebih cocok dari iPad ini.

Chipset Apple M2 merupakan chipset yang juga menenagai MacBook Air dan MacBook Pro keluaran 2022.

Sehingga, kinerja tablet dijamin kuat untuk aktivitas rendering apa pun yang bisa Anda lemparkan ke iPad ini.

2. iPad Pro 11 (2022)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarLiquid Retina IPS LCD 11 inci
ChipsetApple M2
RAM8 GB, 16 GB
Memori Internal128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera12 MP (wide) 10 MP (ultrawide) MP (ToF)
BateraiLi-Po 7538 mAh

Apple iPad dan Spesifikasinya : Nyaris semua hal di iPad Pro 11 (2022) ini sama persis dengan varian 12.9 inch. Bedanya jelas terletak di ukuran layar lebih kecil dan juga kapasitas baterainya.

Selain itu, panelnya pun kini hanya pakai Liquid Retina IPS LCD biasa. Tidak menghadirkan mini-LED HDR seperti varian 12.9 inch.

Sekadar info, panel ini sudah digunakan pada generasi ke-3, ke-4, dan ke-5 pada model 11 inch. Untungnya, varian 11 inci masih menggunakan chip yang sama yaitu Apple M2. Pengguna pun dapat mengekspektasikan kinerja yang sama gaharnya.

Konektivitas yang dikemas juga tidak berbeda, dengan Bluetooth 5.3 terbaru serta jaringan WiFi 6E untuk terhubung dengan pita 6 GHz.

Jadi, apabila Anda membutuhkan varian iPad Pro keluaran 2022 dengan harga lebih terjangkau serta portabilitas yang tinggi, varian 11 inci akan terasa cocok.

Baca Juga : Review Apple Macbook Air M1 2020 Dan Spesifikasi Lengkap

3. iPad (2022)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarLiquid Retina IPS LCD 10.9 inci
ChipsetApple A14 Bionic
RAM4 GB
Memori Internal64 GB, 256 GB
Kamera12 MP (wide)
BateraiLi-Ion – mAh

Masih tersimpan dengan jelas di benak penulis bahwa iPad reguler senantiasa hadirkan bezel besar. Bahkan, saking besarnya, bezel tersebut masih muat menampung sensor sidik jari (front-mounted).

Akhirnya, iPad keluaran 2022 menyamai para “kakak”-nya dengan bezel tipis dan desain lebih modern.

Lokasi fingerprint scanner kini berpindah ke atas (top-mounted) alih-alih di depan. Desainnya kini sungguh menyerupai Apple iPad Mini keluaran 2021.

Dan seperti biasa, ada peningkatan chipset satu generasi lebih modern dari iPad 2021, meningkat dari semula Apple A13 Bionic menjadi A14 Bionic.

Apple A14 Bionic turut mengotaki sejumlah perangkat Apple lainnya, seperti iPhone 12 series dan iPad Air generasi keempat.

Chipset ini alami peningkatan jumlah transistor sebanyak 38,8% dibandingkan iPad 2021, yakni menjadi sebanyak 11,8 miliar.

Adapun sejumlah peningkatan lainnya terletak pada kemampuan videografi dan konektivitasnya. Kini, ia bisa merekam 4K pada kecepatan hingga 60 FPS, serta sudah menggunakan Bluetooth 5.2 dan juga WiFi 6.

Tidak lagi suguhkan port Lightning, iPad (2022) sekarang sudah dipasangkan dengan USB Type-C 2.0 yang turut merangkap jadi DisplayPort.

Tampaknya Apple sudah bersiap-siap “migrasi” ke USB Type-C lantaran adanya mandat dari Uni Eropa.

Dengan sederet fasilitas mewah yang ditanamkan pada iPad (2022), ucapkan selamat tinggal pada harga yang terjangkau. Dikutip dari PCMag.com, iPad reguler yang semula dianggap entry-level kini naik kelas.

Harga rilis iPad (2021) kala itu sebesar 329 dolar AS (Rp5 juta), sedangkan iPad (2022) dibanderol dengan harga 449 dolar AS (hampir Rp7 juta).

4. Apple iPad Air (2022)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarLiquid Retina IPS LCD 10.9 inci
ChipsetApple M1
RAM8 GB
Memori Internal64 GB, 256 GB
Kamera12 MP (wide)
BateraiLi-Ion 7606 mAh

Apple telah meluncurkan generasi berikutnya dari seri iPad Air pada kuartal pertama tahun 2022. Tablet besutan Apple ini memiliki dapur pacu yang sangat bertenaga karena disokong oleh chipset Apple M1. Sekadar informasi, Apple M1 merupakan chipset yang juga mentenagai MacBook Air terbaru.

Keputusan untuk hadirkan Apple M1 pada seri iPad generasi ke-5 ini terbilang unik. Soalnya, biasanya iPad Air series menggunakan chipset yang sama dengan yang digunakan iPhone terbaru di tahun yang sama. Contohnya, seperti iPad Air 4 keluaran 2020 yang gunakan Apple Bionic A14.

Dari segi ukuran layar, iPad Air 5 ini tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu mengusung dimensi 10,9 inci pada resolusi 1640 x 2360 piksel.

Layar tersebut juga sama-sama mengusung panel Liquid Retina IPS LCD yang mendukung kecerahan tipikal hingga 500 nit.

Salah satu peningkatan yang paling menarik untuk dibahas adalah fitur Center Stage pada kamera selfie. Menggunakan kamera depan 12 MP dengan FOV 122 derajat, tablet akan memuat lebih banyak subjek dalam satu frame.

Fitur Center Stage juga akan senantiasa menjaga agar wajah subjek berada di tengah-tengah. Dan apabila kamera depan melacak keberadaan orang lain yang baru masuk frame, kamera akan melakukan zoom out guna mendapatkan komposisi yang lebih proporsional.

Dimensi bodi dari iPad Air 5 ini tidak alami perubahan dari sebelumnya, yakni memiliki panjang 247,6 mm, lebar 178,5 mm, dengan ketebalan 6,1 mm.

Baca Juga : 3+ Cara Reset HP iPhone ke Pengaturan Pabrik Seperti Baru

dan pada tampilan desain bodinya, iPad Air 5 masih tampil sama seperti iPad Air 4 yang dirilis dua tahun sebelumnya.

Kendati demikian, iPad Air 5 ini merupakan generasi pertama yang mendukung jaringan konektivitas seluler 5G, memiliki banderol harga rilis mulai dari Rp 13,9 jutaan (WiFi + 5G).

Sedangkan jika Anda memilih varian yang WiFi-only, Anda hanya perlu keluarkan kocek Rp 10,9 jutaan.

iPad Air 5 ini juga turut mendukung penggunaan Apple Pencil generasi ke-2 dan Magic Keyboard. Namun sayangnya kedua aksesoris ini dijual terpisah.

Jadi, iPad Air 5 keluaran tahun 2022 ini cocok digunakan oleh siapa? Well, mengingat ia hadir dengan tenaga Apple M1 yang setara dengan laptop premium, ia akan menjadi teman setia saat bermain game berat.

Bukan hanya itu, kemampuan pengolahan grafisnya juga top-notch, niscaya cocok digunakan untuk rendering grafis tingkat dewa saat membuat konten YouTube.

5. iPad mini (2021)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarLiquid Retina IPS LCD 8.3 inci
ChipsetApple A15 Bionic
RAM4 GB
Memori Internal64 GB, 256 GB
Kamera12 MP (wide)
BateraiLi-Ion 5124 mAh

Apple iPad dan Spesifikasinya : Kecil-kecil cabe rawit, itulah peribahasa yang pas untuk mendeskripsikan seri iPad Mini yang dilahirkan pada tahun 2021 ini. Berbekal chipset Apple A15 Bionic,

pengguna dijamin akan mendapatkan performa di luar dugaan baik itu saat memainkan game berat maupun melakukan pengeditan gambar dan video.

Ini juga merupakan tablet mini dengan desain bezel layar tipis untuk memberikan tampilan penuh. Kini menonton film dan series kesukaan bisa dirasakan dengan lebih khidmat.

Memiliki kecerahan puncak 500 nit dengan balutan TrueTone, tablet bisa menyesuaikan pencahayaan dan warna sesuai dengan kondisi sekitar.

Digunakan di luar ruangan juga tidak masalah, karena tingkat kecerahannya yang tinggi membuat tulisan dan gambar tetap mudah dilihat indera visual di bawah terik matahari.

Ingin mencatat dan menggambar dengan praktis? Tinggal beli Apple Pencil secara terpisah dan tempelkan pada samping bodi secara magnetis. Stylus siap digunakan kapan saja Anda butuhkan.

Kehadiran Apple A15 Bionic dengan konfigurasi hexa core, sungguh memberikan performa 40 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Pun dengan sokongan GPU lima inti yang hadirkan kecepatan performa 80 persen lebih baik, Anda niscaya bisa melakukan aktivitas grafis dengan begitu mudahnya.

Beralih ke sisi kamera, Anda pasti dibuat takjub olehnya. Terutama saat melakukan kegiatan online meeting.

Pasalnya, kamera depannya mengusung lensa ultra lebar yang dapat menangkap lebih banyak subjek pada satu frame. Fitur Center Stage turut hadir untuk memastikan pengguna tetap berada di tengah frame, apapun yang terjadi.

Terdapat pula konektivitas USB-C dan WiFi 6 untuk kemudahan Anda dalam mengisikan daya, mencolokkan aksesoris atau peripheral tertentu, serta melakukan pengunduhan dan pengunggahan dengan koneksi kilat.

iPad Mini generasi ke-6 yang hadir di 2021 ini tersedia pula dalam dua varian, WIFi-only dan WiFi + 5G. Tertarik?

Baca Juga : Apple Pertimbangkan untuk Rilis iPhone Ultra di Tahun 2024

6. iPad 10.2 (2021)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarRetina IPS LCD 10.2 inci
ChipsetApple A13 Bionic
RAM3 GB
Memori Internal64 GB, 256 GB
Kamera8 MP (wide)
BateraiLi-Ion 8557 mAh

Apple iPad dan Spesifikasinya : Siapa bilang harus keluarkan budget besar untuk memiliki produk Apple terkini? Buktinya, Anda bisa mendapatkan iPad 10.2 (2021)

dengan kocek yang lumayan terjangkau, lho! Akan tetapi, tentu saja spesifikasinya pun tidak semewah varian iPad lainnya, ya.

Sebagai anggota segmen entry level, iPad generasi ke-9 ini mengantongi chipset yang terbilang powerful di kelasnya, yakni Apple A13 Bionic.

Yang bikin menggiurkannya, chipset yang sama juga dipakai oleh Apple iPhone 11 series. Jadi, Anda sudah bisa mendapatkan performa smartphone seharga 10 jutaan pada tablet seharga 6 jutaan. Worth it, bukan?

Sama seperti iPad mini 2021, tablet ini juga menghadirkan dukungan terhadap stylus bernama Apple Pencil, namun dengan generasi yang berbeda.

Alih-alih menggunakan Apple Pencil generasi kedua yang dapat dicas secara magnetis, pengguna harus rela mengandalkan Apple Pencil generasi pertama yang dicas melalui lubang port.

Dan omong-omong lubang port, tablet ini menyediakan port Lightning alih-alih USB Type-C. Sebuah hal yang mungkin akan sedikit merepotkan pengguna, mengingat aksesoris yang kompatibel dengan Lightning tidak sebanyak USB-C.

Perangkat tablet ini juga sudah tidak lagi membawakan sistem operasi iOS dan kini hadir dengan sistem operasi sendiri,

yakni iPadOS yang menghadirkan antarmuka lebih nyaman untuk kemudahan multitugas dan menampilkan banyak jendela dalam waktu bersamaan.

7. iPad Pro 12.9 (2021)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarLiquid Retina XDR mini-LED LCD 12.9 inci
ChipsetApple M1
RAM8 GB, 16 GB
Memori Internal128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera12 MP (wide) 10 MP (ultrawide)
BateraiLi-Po 10758 mAh

Anda sungguh tidak dapat membayangkan betapa powerful-nya chipset yang dimiliki iPad Pro 12.9 (2021).

Mengusung chipset Apple M1 dengan kemampuan neural engine serta unified memory architecture yang ditingkatkan, tablet ini bahkan lebih bertenaga dibandingkan laptop dengan prosesor AMD dan Intel terbaik.

Apple M1 juga turut digunakan oleh MacBook Air dan Pro, lho! Jadi, tidak heran jika kinerjanya memang setara laptop.

Kinerja sebuas ini sungguh begitu terasa saat memainkan game-game super berat seperti Genshin Impact atau saat menjalankan aplikasi emulator.

Satu hal lain yang sama layaknya untuk di-notice adalah sisi layar yang menggunakan Liquid Retina XDR dengan kontras rasio 1.000.000:1.

Bukan itu saja, layar pun memiliki tingkat kecerahan mencapai 1000 nit dan bahkan bisa mencapai 1600 nit dari segi peak brightness. Untuk berikan pergerakan layar yang mulus, teknologi ProMotion 120 Hz pun diberikan.

Beragam fitur lainnya yang patut diapresiasi adalah keberadaan USB-C Thunderbolt 3 yang memungkinkan tampilan layar untuk di-extend ke monitor eksternal pada resolusi 4K.

Seolah tidak cukup, perangkat mengusung konektivitas 5G dan WiFi 6 untuk kemudahan berinternet yang lebih lancar. Berniat memilikinya?

8. iPad Pro 11 (2021)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarLiquid Retina IPS LCD 11 inci
ChipsetApple M1
RAM8 GB, 16 GB
Memori Internal128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera12 MP (wide) 10 MP (ultrawide)
BateraiLi-Po 7538 mAh

Selain dari iPad Pro berukuran 12.9 inch, Apple iPad dan Spesifikasinya pada ukuran lebih kecil yakni 11 inch. Perbedaan spesifikasi keduanya tidak hanya terletak pada ukuran melainkan juga pada panel layar.

Ya, varian 11 inci ini tidak menghadirkan panel Liquid Retina XDR Display yang mengandung lebih dari 10.000 mini LED dan 2500 zona dimming lokal.

Ia justru hanya dibekali dengan Liquid Retina Display biasa, memiliki tingkat kecerahan 600 nit (peak brightness) dan gamut warna P3.

Meskipun kualitas layarnya agak menurun dari varian 12,9 inci, tetap saja masih terbilang bagus dibandingkan dengan kebanyakan tablet pesaingnya.

Selain itu, setidaknya ia masih membawakan ProMotion 120 Hz untuk laju penyegaran yang dua kali lipat lebih tinggi dari 60 Hz konvensional.

Tidak lupa, bagian kamera iPad Pro generasi kelima ini mengusung sensor ToF 3D LiDAR Scanner yang dapat meningkatkan pengalaman AR.

Lensa depannya pun kini mengusung fungsi ultra lebar yang memiliki FOV 122 derajat, serta memiliki fitur Center Stage yang akan terus menjaga subjek agar tetap di tengah sekalipun sedang bergerak ke sana ke mari.

iPad Pro 5th gen berukuran 11 inci ini cocok bila Anda mematok budget lebih sedikit, tidak begitu mempermasalahkan layar yang kualitasnya diturunkan, atau menginginkan tablet dengan sisi portabilitas lebih unggul.

Baca Juga : 3+ Cara Cek Nomor IMEI HP Android dan iPhone, Dengan Mudah!

9. iPad Air (2020)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarLiquid Retina IPS LCD 10.9 inci
ChipsetApple A14 Bionic
RAM4 GB
Memori Internal64 GB, 256 GB
Kamera12 MP (wide)
BateraiLi-Ion 7606 mAh

Jika dilihat dari segi ukuran dan portabilitas, iPad Air adalah seri yang mirip dengan iPad reguler. Bedanya, fitur-fitur Air ini “meminjam” beberapa spesifikasi Pro.

Alhasil ini membuat iPad Air 2020 berada pada segmen harga yang lebih mahal dibanding iPad biasa.

Ini adalah kali pertama iPad Air rilis tanpa tombol Home, sehingga bezelnya pun terlihat begitu tipis.

Lalu bagaimana dengan sensor sidik jarinya? Well, kini diletakkan pada bagian atas bodi, menyatu dengan tombol Sleep/Wake yang berada di pojok atas kanan bodi.

Bukan itu saja hal baru yang ditawarkannya, kini iPad Air membawakan konektivitas USB Type-C alih-alih Lightning port.

Port ini mengusung kecepatan transfer hingga 5 Gbit dan kemampuan DisplayPort pada monitor eksternal hingga resolusi 4K.

Meski iPad Air generasi ke-4 ini dirilis pada tahun 2020, namun ia menggunakan chipset yang lebih terkenal ketimbang iPad keluaran 2021.

Yap, chipsetnya merupakan Apple A14 Bionic yang mengusung konfigurasi hexa core, mengandung lebih dari 11,9 miliar transistor untuk kemampuan performa lebih cepat sekaligus efisiensi daya lebih unggul.

10. iPad 10.2 (2020)

Sumber Gambar : carisinyal.com
LayarRetina IPS LCD 10.2 inci
ChipsetApple A12 Bionic
RAM3 GB
Memori Internal32 GB, 128 GB
Kamera8 MP (wide)
BateraiLi-Ion 8827 mAh

Apple iPad dan Spesifikasinya : Hadir sebagai predator iPad 10.2 (2021), tentu saja Anda akan menemukan spesifikasi yang lebih sederhana pada iPad 10.2 (2020) yang merupakan generasi ke-8 ini.

Perbedaannya dengan generasi ke-9 yang hadir di tahun 2021 sebenarnya tidak begitu banyak. Toh, keduanya masih belum meninggalkan tombol Home sebagai rumah bagi Touch ID dan sebagai sarana navigasi.

Perbedaan paling kentara terlihat pada sisi performa chipset dan juga kameranya, di mana iPad 8 ini menggunakan Apple A12 Bionic yang berlari pada konfigurasi hexa core dengan frekuensi maksimal 2.5 GHz.

Peningkatan chipset ini terbilang cukup signifikan dibandingkan iPad 7 yang masih gunakan Apple A10 Fusion.

Baca Juga : 2+ Cara Download Video Google Drive Lewat HP, Laptop, Iphone

Lalu, Apple iPad dan Spesifikasinya di bagian depannya terdapat kamera selfie yang terbilang outdated jika dilihat dari standar zaman sekarang, karena memiliki resolusi 1,2 MP saja dan tidak mengusung fungsi ultrawide seperti iPad 9.

Untuk diketahui, iPad 10.2 (2020) ini juga sempat menerima resepsi yang buruk karena resolusi kamera 1,2MP ini tidak pernah meningkat sejak kemunculan iPad generasi ke-4 di tahun 2012.

iPad 4 ini juga masih mengusung tipe koneksi port Lightning ketimbang USB-C, serta mendukung penggunaan stylus Apple Pencil generasi pertama.

Itulah daftar Apple iPad dan Spesifikasinya yang bisa Anda pilih. Untuk bisa mendapatkan iPad sesuai keinginan,

pastikan cek Apple iPad dan Spesifikasinya masing-masing produk dan sesuaikan dengan budget serta kebutuhan, ya. Selamat memilih!

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini