12+ Blogger Indonesia Sukses Yang Menginspirasi Wajib Diketahui

Blogger Indonesia : Saat era informasi dan jaringan internet mulai bertumbuh di awal tahun 2000, salah satu aktivitas yang dilakukan banyak orang adalah dengan membuat blog. Di masa itu pula mulai ada peluang karier sebagai blogger.

Beberapa blogger Indonesia yang populer dan aktif membagikan tulisannya pada saat itu antara lain Mas Sugeng, Raditya Dika, Herman Yudiono, Alitt Susanto, hingga Benazio Rizki Putra (Benakribo).

Beberapa platform yang sering digunakan blogger Indonesia untuk blogging saat itu antara lain Multiply, Friendster, MySpace, hingga Blogspot.

Pada saat itu membaca kisah seseorang dalam bentuk tulisan di sebuah blog adalah sesuatu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

Baca Juga : Daftar Rekomendasi Aplikasi Editing Foto PC Terbaik 2023

Seiring berjalannya waktu, muncul beberapa nama blogger Indonesia dengan berbagai topik tulisannya digemari banyak orang. Siapa sajakah mereka? Simak pemaparannya di artikel ini.

DAFTAR ISI :

  1. Pengertian Blogger dan Perkembangannya di Indonesia
  2. Kunci Sukses Blogger Indonesia
  3. 12 Blogger Indonesia Paling Sukses
    1. Herman Yudiono
    2. Raditya Dika
    3. Sugeng Riyadi
    4. Carolina Ratri
    5. Dani Rachmat
    6. Rama Mamuaya
    7. Andra Alodita
    8. Sumbodo Malik
    9. Diana Rikasari
    10. Alitt Susanto
    11. Benazio Rizki Putra
    12. Kevin Anggara

Simak perjalanan karier kedua belas blogger Indonesia tersebut di artikel ini!

1. Pengertian Blogger dan Perkembangannya di Indonesia

1. Pengertian Blogger dan Perkembangannya di Indonesia

Blogger itu sendiri dapat diartikan sebagai seseorang yang aktif dalam menulis mengenai cerita personal, opini, dan berbagai topik lainnya di sebuah blog.

Walaupun tidak seramai awal tahun 2000 lalu, blogging atau aktif menulis di sebuah blog masih dilakukan oleh sebagian banyak orang.

Tidak sedikit pula bermunculan beberapa blogger Indonesia dari generasi yang lebih muda seperti Kevin Anggara.

Kegiatan blogging saat ini memang berbeda baik dalam jumlah blogger hingga cara monetisasinya.

Dengan adanya regulasi Blog Adsense yang diselenggarakan Google, dinilai membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil monetisasinya.

Namun jangan khawatir, beberapa blogger Indonesia profesional banyak mendapatkan penghasilan dari perusahaan atau brand yang menggunakan paid blog atau jasa pemasaran blog.

2. Kunci Sukses Blogger Indonesia

2. Kunci Sukses Blogger Indonesia

Setelah mengetahui kondisi pekerjaan blogger di penjelasan sebelumnya, profesi ini di Indonesia tetap bisa menjadi pilihan karier yang menjanjikan untuk ditekuni.

Jika anda memiliki keinginan untuk menulis, ini dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif agar tulisan anda dapat diakses dan diketahui oleh banyak orang.

Seperti yang diketahui, penghasilan yang didapat blogger Indonesia yang ternama dan berpengaruh bisa dibilang cukup besar.

Tak heran jika mereka dapat menjadikan profesi blogger sebagai pekerjaan utamanya bahkan mampu membeli rumah yang mewah.

Untuk Anda yang sedang cari rumah mewah, cek aneka pilihan rumahnya mulai harga Rp2 M di sini!

3. 12 Blogger Indonesia Paling Sukses

3. 12 Blogger Indonesia Paling Sukses

Sama halnya dengan pekerjaan lain, menjadi penulis yang sukses membutuhkan usaha dan proses yang tidak sebentar.

Di mulai dari membuat blog dan menulis secara konsisten membutuhkan sebuah komitmen yang kuat sampai akhirnya dibaca dan dikenal oleh banyak orang.

Baca Juga : Download 1000 Kits DLS 2023 Keren, Sponsor Banyak Dan Unik

12 blogger Indonesia Sukses Yang Menginspirasi

12 blogger Indonesia berikut ini dapat menjadi inspirasi anda untuk mengetahui lebih detail mengenai profesi ini.

1. Herman Yudiono

3.1. Herman Yudiono

Sosok blogger Indonesia pertama ini berasal dari Sumedang dan sudah aktif bahkan menjadi pekerjaan fulltime sejak tahun 2011.

Sebelum memutuskan beralih profesi, Herman Yudiono telah bekerja di perusahaan multinasional yang bergerak di tamang nikel sebagai Chemist (laboratory engineer) selama 6,5 tahun.

Pada saat itu Herman Yudiono melepaskan pekerjaannya yang nyaman dengan gaji 21/bulan dan benefit lainnya dan menjadi fulltime blogger. Kisah inspiratif lengkapnya dapat anda baca di blog personalnya hermanyudiono.com.

2. Raditya Dika

3.2. Raditya Dika

Raditya Dika adalah contoh blogger Indonesia yang sukses dan terus berkembang secara karya hingga sekarang.

Sebelum dikenal sebagai Youtuber/Komedian/Sutradara, Raditya Dika memulai perjalanan kariernya dengan blogging saat kuliah yang menjadi cikal bakal buku pertamanya, Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh di tahun 2005.

Selama menjadi blogger, Raditya Dika pernah meraih beberapa penghargaan bergengsi seperti Indonesian Blog Award hingga The Online Inspiring Award di tahun 2009.

3. Carolina Ratri

3.3. Carolina Ratri

Selanjutnya adalah Carolina Ratri, seorang ibu, penulis, dan juga blogger yang masih aktif menulis hingga saat ini.

Carolina Ratri mulai menulis di blog pada tahun 2006 dan senang berbagi hal mengenai konten kreatif, teknik dan tips blogging, menulis fiksi, marketing online dan social media, komunikasi visual, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan kreativitas berkarya.

4. Sugeng Riyadi

3.4. Sugeng Riyadi

Sugeng Riyadi atau lebih akrab dengan nama Mas Sugeng, ialah blogger Indonesia yang memulai blogging pertamanya di tahun 2011 dengan tidak menggunakan laptop atau desktop, melainkan dengan ponsel Nokia C2.

Mas Sugeng membuat template blog pertamanya dari hasil belajarnya di warnet dekat rumah. Saat ini Sugeng Riyadi masih aktif ngeblog yang sebagian besar membahas tentang blogging, SEO (Search Engine Optimization), dan juga bisnis menjual jasa pembuatan website atau blog.

5. Dani Rachmat

3.5. Dani Rachmat

Dani Rachmat menamakan blognya sebagai blog perencanaan keuangan dengan slogan, “Duit dan Hidup Diobrolin Santai”. 

Dani Rachmat dinilai banyak orang berhasil membahas topik keuangan atau finansial secara lebih ringan, relevan, dan tetap informatif.

Jika anda berkunjung ke blognya di danirachmat(dot)com, terdapat beberapa menu atau topik utama seperti perencanaan keuangan, jenis investasi, dan kamus keuangan. Masih jarang atau tidak terlalu banyak blogger Indonesia yang membahas topik ini.

6. Rama Mamuaya

3.6. Rama Mamuaya

Seorang endiri dan Chief Executive Officer (CEO) dari DailySocial.id, yang memulai pencapaian tersebut dari mengembangkan sebuah blog.

Sebelum tahun 2008, Rama aktif menulis mengenai berbagai perusahaan teknologi atau startup di Indonesia seperti Tokobagus dan Bukalapak di blog pribadinya.

Dengan kegigihan dan semangat belajarnya, Rama berhasil mendirikan DailySocial.id yang sekarang terus aktif memberikan informasi, opini, berita, hingga analisis teknologi digital dan internet.

7. Andra Alodita

3.7. Andra Alodita

Terkenal melalui tema beauty and lifestyle yang aktif ditulisnya di blog sejak tahun 2008. Andra Alodita memulai kariernya di bidang fotografi yang berhasil dipublikasikan salah satu majalah nasional dan dipajang di beberapa mall di Jakarta.

Saat ini Andra Alodita aktif mengelola blognya yang bernama alodita.com dengan memberikan informasi seputar beauty, wellness, travel, dan food content yang setiap bulannya mendapatkan 650.000 pageviews.

8. Sumbodo Malik

3.8. Sumbodo Malik

Sosok selanjutnya merupakan contoh blogger Indonesia yang tidak sukses sendiri saja, melainkan ikut mengajak masyarakat sekitarnya hingga kini dikenal sebagai Kampung Blogger di Magelang.

Sejak tahun 2009, Sumbodo Malik mulai aktif blogging dan mengoptimasi pendapatannya melalui AdSense.

Selang setahun setelahnya, Sumbodo Malik mengajak teman-teman dan warga Kampung Menowo untuk bisa menghasilkan pendapatan juga dengan menjadi blogger Indonesia.

9. Diana Rikasari

3.9. Diana Rikasari

Salah satu fashion designer yang populer di Indonesia ini telah aktif blogging sejak 2007 dan memenangkan beberapa blog awards dan menjadi pembicara di berbagai workshop ataupun seminar.

Perjalanan karier Diana Rikasari sebagai blogger Indonesia dapat anda baca di blog yang berjudul hot chocolate & mint.

Saat ini Diana Rikasari lebih dikenal sebagai fashion entrepreneur dan penulis buku #88 Love Life.

10. Alitt Susanto

3.10. Alitt Susanto

Sebelum dikenal sebagai Youtuber yang membahas otomotif dan mobil-mobil klasik, Alitt Susanto memulai kariernya sebagai seorang penulis blog.

Melalui blog pribadinya yang bernama Shitlicious, Alitt Susanto mulai dikenal banyak orang melalui cerita kisah hidupnya yang lucu, sedih, dan juga inspiratif.

Alitt Susanto telah menelurkan 4 buku dengan Shitlicious dan Skripshit yang sedikit banyak berkontribusi pada cerita film Relationshit di tahun 2015.

11. Benazio Rizki Putra

3.11. Benazio Rizki Putra

Berikutnya ini lebih dikenal dengan nama Benakribo di tahun 2007 berkat tulisannya yang lucu dan menarik secara visual gambar.

Perjalanan karier seorang Benazio cukup bervariasi, dimulai dari blogger, penulis, komedian, hingga youtuber.

Saat aktif blogging dulu, Benazio sering menuliskan pengalaman lucu pada kehidupannya sehari-hari yang dengan mudahnya membuat orang tertawa.

Saat ini Benazio masih aktif sebagai content creator di media sosial dengan membahas topik seputar teknologi, tutorial, dan juga trivia.

12. Kevin Anggara

3.12.-Kevin-Anggara

Penulis blog paling muda yang lahir pada 16 Maret 1997. Kevin Anggara mulai aktif blogging pada tahun 2011 atau saat usianya duduk di bangku SMP.

Sama halnya dengan Benazio, Kevin sering menulis pengalaman pribadinya sehari-hari di sekolah dan keluarga yang lucu dan relevan bagi pembacanya.

Saat ini Kevin Anggara lebih aktif sebagai content creator di platform Youtube, sebagai aktor di beberapa film, dan juga sebagai pengisi acara di seminar maupun workshop.

Itulah berbagai blogger Indonesia dan perjalanan kariernya dari awal hingga saat ini. Meskipun tren blogging tidak seramai dulu, namun menjadi penulis blog tetap menjadi pertimbangan yang menarik untuk ditekuni.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan anda inspirasi jika memiliki rencana untuk mulai blogging.

Penutup :

Itulah daftar blogger indonesia sukses yang menginspirasi semoga bagi-bagi temen-temen blogger pemula juga sukses seperti meraka.

Semoga bermanfaat artikel ini dan apa bila ada pertanyaan terkait blogger indonesia silahkan langsung tanya di kolom komentar.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini