Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Tanpa Coding

Aplikasi Berbasis Web : Sangat banyak sekali orang yang masih belum mengetahui bagaimana caranya membuat aplikasi berbasis web. Dilihat dari beberapa tahun terakhir pembutan semakin meningkat, kebutuhan aplikasi dalam membantu berbagai pekerjaan manusia sangat siknifikan.

karna tersebut tidak lepas dari kemajuan serta peningkatan kualitas hidup manusia itu sendiri. Di mana-mana sudah banyak aplikasi yang digunakan dengan Aplikasi basis web, Aplikasi berbasis website sendiri dinilai lebih nyaman dalam penggunannya.

Tidak hanya digunakan secara personal seperti misalnya adalah media sosial. Anda dapat membuat aplikasi tersebut dengan mudah namun dalam pembuatannya tentu memerlukan pengetahuan terkait bahasa pemrograman.

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web

Pengguna website yang makin hari terus bertambah terjadi karena perkembangan teknologi serta tuntutan hidup di masa sekarang. Website sendiri merupakan halaman yang berisi berkas berupa gambar, tulisan, atau lainnya.

Aplikasi berbasis website sendiri memiliki dua cara pengaksesan yakni menggunakan software atau melalui halaman situs. Untuk membangun aplikasi dengan basis web sendiri disebut-sebut sama seperti merancang suatu perangkat lunak.

1.      Melakukan Perencanaan

Membangun sebuah sistem operasi atau informasi tentu memerlukan berbagai perencanaan sangat matang. Menyiapkan berbagai alat dan bahan pendukung sebagai penunjang keberhasilan dari projek yang akan dijalani.

Sama seperti halnya membangun rumah, Anda tentu memerlukan sebuah pondasi untuk membuatnya dapat berdiri. Langkah pertama dalam membuat aplikasi berbasis webini akan menentukan keberhasilan dari aplikasi tersebut.

2.      Menganalisa Aplikasi Berbasis Website

Setelah melakukan berbagi perencanaan matang, langkah berikutnya yang harus ditempuh adalah menganalisa. Menganalisa dalam tahap ini adalah melakukan analisa dalam sistem operasi yang akan dibuat.

Selain itu, Anda juga melakukan identifikasi apakah sistem tersebut telah efisien dan sesuai standar yang berlaku. Analisa sendiri dilakukan oleh pihak profesional dan berpengalaman dalam bidangnya.

3.      Membuat Desain Web

Desain dari informasi serta data yang sudah terkumpul pada tahap perencanaan dan analisa. Membuat desain terhadap tampilan halaman sebuah situs merupakan hal penting, karena dapat menarik pengunjung nantinya.

BACA JUGA : Cara Blog Muncul di Halaman Google Bagi Pemula Terbaru 2022

Membuat aplikasi berbasis web pada langkah desain meliputi tata letak, jenis huruf, warna dari situs tersebut, dan lain sebagainya. Anda perlu membuat desain yang menarik, unik, serta menggambarkan kepribadian situs.

4.      Melakukan Pengembangan

Untuk langkah ini dilakukan oleh seorang ahli dibidang pengembangan. Proses pengembangan sendiri memerlukan seorang programmer untuk menulis program dengan bahasa komputer dan berdasarkan algoritma dan logika.

Banyak bahasa pemrograman dapat digunakan, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan situs yang akan dibuat. Salah satu bahasa yang paling populer digunakan dalam aplikasi berbasis website adalah PHP.

5.      Testing Aplikasi Berbasis Web

Testing sendiri merupakan langkah terpenting sebelum diluncurkan ke masyarakat umum. Dengan melakukan testing Anda dapat mengetahui apa saja yang masih dirasa kurang memuaskan pada situs tersebut.

Selain itu, testing sendiri dilakukan untuk meyakinkan semua sudah sesuai dengan keinginan Tahap ini sering disebut dengan kontrol pengujian kualitas baik pada server lokal maupun hosting dan file yang diupload.

6.      Melakukan Promosi Aplikasi

Setelah semua langkah dilakukan dalam membuat aplikasi berbasis web, Anda perlu melakukan promosi. Di mana pada tahap ini Anda mengenalkan aplikasi website kepada masyarakat umum untuk menggunakannya.

Anda dapat melakukan promosi terkait situs website melalui berbagai platform baik online maupun offline. Namun saat ini, promosi melalui onlinelah yang dinilai lebih efektif dalam menjangkau banyak pengunjung.

7.      Pemeliharaan Aplikasi

Melakukan pemeliharaan tentu tidak kalah pentingnya setelah pembuatan aplikasi website tersebut. Pemeliharaan sendiri diperlukan untuk menjaga situs dari berbagai virus ataupun serangan hacker di internet.

Pada tahap ini juga dilakukan pengubahan struktur ataupun penambahan berbagai fitur baru. Hal tersebut tentu dilakukan untuk menambah jumlah pengunjung atau pengguna dari situs Anda.

Membuat berbagai temuan baru di dunia digital seperti sekarang ini tentu bukanlah hal sulit. Anda dapat menemukan berbagai tutorial atau langkah pembuatannya di internet. Termasuk juga membuat aplikasi berbasis web.

Penutup :

Demikian yang dapat saya sampaikan cara membuat aplikasi berbasis web semoga bermanfaat, Apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar, Terimakasih.!

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini