6+ Cara Membuat Kop Amplop di Word, Excel, Untuk Lamaran Kerja

Cara Membuat Kop Amplop : Berbicara tetang kop memang banyak sekali katagorinya, salah satu contoh seperti yang sering kita jumpai kop surat,

Dan biasanya yang mempunya kop surat atau kop amplop ini seperti instansi pemerintahan, organisasi, perusahaan, yayasan dll.

Namnu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat kop amplop di word 2016 yang benar.

Cara membuat kop amplop di microsoft word 2010 sebenarnya bukanlah pekerjaan yang sulit sekarang sudah bisa kita pelajari memalalui internet.

Namun, bagi Anda yang belum tahu sama sekali cara membuat kop amplop di microsoft word 2007 tentu menjadi hal yang tidak mudah. Jalan satu-satunya adalah meminta tolong jasa percetakan offset untuk membuatkannya.

Anda sebenarnya juga bisa membuat kop surat pada amplop dengan teknik sederhana, bahkan hanya dengan menggunakan software Microsoft Word.

Penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat kop amplop pada microsoft word? Ikuti 6 langkah mudah cara membuat kop amplop dengan word berikut ini :

Baca jugaCara Membuat Kop Surat Di Word, Excel Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Kop Amplop di Word 2016

  1. Buka Program Ms. Word
  2. Tulis Alamat yang Dituju
  3. Pengaturan Ukuran Amplop
  4. Membuat Kop pada Amplop
  5. Melihat Penampakan Amplop yang Akan Dicetak
  6. Saatnya Mencetak

1. Buka Program Ms. Word

Sebagai langkah awal, silakan Anda membuka program Ms. Word. Dalam hal ini Anda sangat disarankan untuk menggunakan minimal Ms. Word 2007.

Setelah itu pada bagian atas halaman word akan tampak beberapa menu, salah satunya Mailings. Silakan untuk meng-klik menu Mailings, kemudian pilih Envelopes yang berada di bawah menu bagian kiri.

2. Tulis Alamat yang Dituju

Pada layar komputer Anda akan tersedia sebuah kotak, tempat di mana Anda harus menuliskan alamat yang dituju dan pengirimnya.

Pada kotak Delivery Address silakan untuk menulis nama orang serta alamat yang ingin dikirimi surat. Sedangkan pada kotak Return Address silakan tulis nama Anda sekaligus alamatnya. Sebagai contoh:

Delivery Address:
Kepada Yth.
Bapak Anton
Jalan Kemurnian Barat No.435, Jakarta Pusat
Return Address:
Solusi Printing
Jalan Tanjung Bangsa No. 45, Jakarta Barat

3. Pengaturan Pilih Ukuran cara membuat kop amplop di word 2010

Setelah alamat yang dikirim sekaligus pengirim ditulis, saatnya menentukan ukuran amplop yang akan digunakan. Silakan klik Option yang ada di bawah menu tersebut, kemudian pilihlah ukuran amplopnya.

Akan lebih aman jika Anda menggunakan ukuran standar, yaitu DL 110 x 220 mm. Setelah itu, klik OK.

Saat Anda kemudian klik Add to Document, akan muncul halaman word dengan ukuran amplop, dimana sudah tertulis nama dan alamat yang dituju di bagian kanan tengah halaman, serta nama dan alamat Anda di bagian kiri atas halaman.

4. Cara Membuat Kop Surat di Amplop Word 2010

Jika surat yang akan Anda kirim atas nama perusahaan, tentu pada amplop harus disertakan kop atau logo perusahaan. Anda tinggal meng-copy paste kop perusahaan pada halaman amplop yang sudah jadi di atas.

Adapun caranya, Anda tinggal klik dua kali pada bagian atas halaman amplop. Dengan begitu, akan muncul Header section (untuk tulisan di atas halaman) dan Footer section (untuk tulisan di bawah halaman).

Silakan pasang logo perusahaan Anda di bagian Header section. Setelah itu, lakukan pengaturan agar tampak indah dipandang mata dengan memindahkan ruler yang ada di bagian atas dan samping halaman amplop.

Baca Juga : Cara Membuat Cover di Word 2010 Yang Menarik Dan Bagus

Sedangkan pada Footer section Anda bisa tuliskan alamat perusahaan Anda dengan tambahan aksesoris garis. Untuk berpindah dari bagian Header ke Footer, Anda cukup klik dua kali pada bagian yang inginkan.

5. Melihat Penampakan Amplop yang Akan Dicetak

Setelah langkah di atas selesai, silakan untuk melihat penampakannya terlebih dahulu sebelum mencetak.

Klik menu File yang ada di bagian atas halaman word tersebut, kemudian pilih Print. Pada bagian kanan akan muncul halaman yang hendak Anda cetak.

Jika ternyata ada hal-hal yang ingin Anda tambahkan atau kurangi dari halaman tersebut, silakan kembali halaman word dengan klik menu Home di bagian atas word.

Baca Juga : 12+ Blogger Indonesia Sukses Yang Menginspirasi Wajib Diketahui

Sebagai tips agar logo Anda tidak tertutup atau menggeser tulisan yang ada di sekitarnya, silakan klik dua kali pada logo, kemudian pilih menu Wrap Text pada bagian atasnya.

Setelah itu, silakan pilih opsi In Front of Text. Dalam hal ini, Anda bisa bereksperimen hingga menemukan opsi paling tepat.

6. Cara Mencetak Amplop yang Benar

Sebelum mencetak, silakan masukkan amplop kosong pada mesin printer. Sesuaikan penempatan amplop tersebut sesuai dengan jenis printer yang digunakan. Pastikan mesin printer sudah tersambung dengan komputer Anda.

Kemudian, pada halaman word, silakan klik kembali menu File, kemudian Print seperti saat melihat penampakan pada langkah ke-5.

Lakukan pengaturan jenis mesin yang digunakan, warna yang digunakan, hingga jumlah amplop yang akan dicetak, sebelum Anda klik opsi Print.

Setelah pengaturan selesai, baru Anda klik opsi Print yang ada di bagian atas sebelah kiri. Biasanya pada opsi ini bergambar mesin print.

Baca juga: Cara Buat Tanda Ceklis di Excel, Word, Lettop, Instagram dan WA

Silakan lihat hasilnya. Hasil cetakan ini tidak akan kalah dengan jasa percetakan digital, bukan? Silakan Anda coba sendiri untuk cetak kop surat pada amplop.

Untuk hasil desain kop surat pada amplop yang lebih berkelas, Anda dapat menghubungi tempat percetakan.

Dapatkan penawaran harga menarik untuk setiap projek desain dan cetak amplop. Itulah penjelasan tentang cara membuat cetak kop surat di amplop dengan word.

Dengan Anda mengikuti 6 langkah-langkahnya, sudah dipastikan Anda sudah bisa membuat dan cetak kop surat pada amplop.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini