Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp Business dan Biasa Cek Panduannya di Sini!

Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp biasa dan business kamu bisa dilakukan tanpa aplikasi lain. Namun, kamu harus memastikan bahwa WA kamu sudah terhubung dengan WhatsApp Bisnis.

Dengan kamu melakukan pesan otomatis di WA, memungkinkan kamu terhubung dengan pelanggan, mengirimkan pemberitahuan penting.

Pesan otomatis ini juga akan membantu kamu ketika sedang offline sehingga penerima tidak merasa resah karena tidak ada balasan karena kamu offline.

Lalu, bagaimana Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp tanpa aplikasi?

Pernahkah kamu melihat akun WhatsApp yang balasnya cepat tapi terkesan template kan.? hem

kamu juga bisa kok buat pesan seperti itu, Pesan seperti itu biasanya menggunakan fitur auto reply atau balas pesan otomatis.

Nah, kalau kamu adalah pemilik usaha atau bisnis, fitur ini pasti akan sangat membantu usahamu.

Kamu bisa aktifkan fitur ini agar bisa mengatur balasan otomatis, baik di jam tertentu ataupun balasan instant untuk setiap chat yang masuk.

Baca Juga : Cara VC di Laptop dengan WhatsApp Web Dengan Mudah (2023)

Mau tahu cara buatnya?

Simak panduan Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp yang kami jelaskan di bawah ini :

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA

Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara membuat pesan otomatis di WA biasa:

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA, Apakah Bisa?

Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp bisa dilakukan. Untuk melakukannya, kamu bisa cek artikel di bawah ini.

1. Buka Menu Pengaturan WhatsApp

Buka setelan, pilih ‘titik tiga’ pada pojok kanan atas. Selanjutnya, klik menu ‘Setelan’. Apabila telah selesai, lanjutkan dengan masuk ke ‘setelan bisnis’, lalu pilihlah ‘pesan di luar jam kerja’. Aktifkan opsi ‘Send Away Message’ atau kirim pesan di luar jam kerja.

Klik tombol yang berada di bawah tombol titik tiga pada pojok kanan atas yang semula gelap maka ketuk agar tombol itu menjadi terang. Jika sudah terang, berarti pesan otomatis telah aktif.

2. Edit Pesan yang Ingin Dikirimkan

Edit pesan yang akan dikirimkan pada pelanggan yang akan dikirim secara otomatis. Caranya ‘klik’ tombol bergambar pensil, lalu tuliskan pesan otomatis yang ingin dikirimkan.

Akhiri langkah ini dengan klik tombol ‘OK’. Atur jadwal pengiriman, nanti diharuskan memilih tiga opsi, ‘Selalu Kirim’, ‘Jadwal Khusus’, dan ‘Di luar jam kerja’.

3. Pesan akan Terkirim Secara Otomatis

Jika sudah, otomatis pesan akan terkirim ke pelanggan sesuai waktu yang kamu pilih. Penting diperhatikan, sebelum memilih opsi ini sebaiknya menyetel jam kerja terlebih dahulu.

Langkah terakhir mengatur penerima.

Ada tiga opsi Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp yang bisa di pilih, yaitu ‘untuk semua orang’, ‘semua orang yang tidak ada di buku alamat’, ‘semua orang kecuali’, dan ‘hanya kirim kepada’.

Selain mengetahui Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp biasa tanpa aplikasi, kamu bisa mempelajari cara membuat baca selengkapnya.

Baca Juga : Cara Download Aplikasi WhatsApp di iPad, dan Installnya

Cara Membuat Baca Selengkapnya di WA Tanpa Aplikasi

Sebenarnya, ‘baca selengkapnya’ atau ‘read more’ dalam aplikasi ini merupakan salah satu fitur default jika pengguna mengirim pesan terlalu panjang.

Artinya, jika kamu ingin mencoba mengirim pesan dengan teks ‘baca selengkapnya’ atau ‘read more’, maka perlu membuat teks dengan karakter yang banyak secara manual.

Berikut adalah cara membuat baca selengkapnya generator di WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel yang kamu gunakan. Jika belum punya, unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store secara gratis.

Setelah itu, buka jendela obrolan dengan teman atau keluarga yang akan kamu kirim pesan dengan teks ‘baca selengkapnya’.

  • Pada tahap ini, kamu bisa mulai membuat teks yang panjang, bisa menceritakan hal lucu atau memberikan sebuah informasi.

Jika sudah, ketuk ‘Kirim’ untuk mengirim teks panjang tersebut agar sebagian bisa berubah menjadi ‘baca selengkapnya’.

Baca Juga : Download OG WhatsApp Pro (OG WA) Updated Version Terbaru 2023

Setelah pesan terkirim, pesan yang panjang tersebut akan otomatis terpotong oleh tulisan ‘Baca selengkapnya’.

Sehingga, fitur ini biasanya akan muncul secara otomatis saat kamu mengirim atau menerima pesan WA berisi teks yang terlalu panjang.

Jadi, itulah Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp dan bagaimana cara membuat baca selengkapnya. Selamat mencoba!

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini