Cara Membuat Video Dengan CapCut Untuk Tiktok Yang Lagi Viral

Cara Buat Video Dengan CapCut : Ada banyak cara untuk mengidit video melalui aplikasi yang bisa gunakan dengan hasil yang memuaskan.

salah satu dengan menggukan aplikasi capcut ini, siapa sih yang tidak tau aplikasi yang lagi viral di tiktok ini hampir semua orang saat ini menggunakan aplikasi ini untuk edit video.

Nah, kebetulan dalam artikel kali ini saya akan membahasa bagaimana cara buat video dengan capcut, yuk ikuti ulsan berilut ini.!

Berbicara tentang aplikasi editor, tentu ada banyak sekali rekomendasi yang diberikan. Namun semua itu punya tingkat kesulitan penggunaan yang berbeda-beda.

Bagi yang masih pemula dan ingin melakukan edit video tanpa ribet, aplikasi CapCut adalah solusinya. Mempunyai cara kerja yang sederhana membuat mengedit video di CapCut terasa lebih mudah.

Oleh karena itulah aplikasinya banyak dipilih oleh pengguna TikTok ataupun untuk Instagram yang saat ini sedang naik daun

Banyak faktor yang membuat aplikasi edit video ini dipilih oleh banyak orang. Salah satu yang paling utama tentu karena pengoperasiannya sangat mudah dan aplikasi yang ringan.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan cara menggunakan aplikasi CapCut tersebut, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA : Cara Edit Photoshop Online Gratis Lewat Komputer dan HP

Apa itu Aplikasi CapCut

Bagi yang sedang bingung menentukan aplikasi editing di HP untuk upload konten di TikTok, mengedit video di CapCut adalah pilihan tepat. Pasalnya selain dapat digunakan melalui HP, aplikasi ini mempunyai pengoperasian cukup mudah.

Jadi Anda dapat melakukan edit video untuk TikTok sesuai dengan kebutuhan. CapCut sendiri merupakan suatu software khusus untuk editing dengan banyak sekali fitur.

Tentunya fitur tersebut bisa memudahkan para pengguna HP dalam melakukan editing. Pengguna dapat melakukan penyesuaian posisi video, memberikan elemen musik, menempelkan stiker, dan fitur menarik lainnya.

Dengan memanfaatkan semua fitur tersebut, pengguna dapat membuat sebuah karya video dalam sekali edit. Hasilnya kemudian dapat langsung diunggah ke media sosial ataupun aplikasi video singkat TikTok.

Perlu diketahui, pada saat menggunakan aplikasi ini, proses editing akan dikerjakan di dalam multi timeline. Hal tersebut bisa memudahkan dalam penempatan file.

Setelah itu, pengguna juga bisa menambahkan kreasi seperti penambahan elemen agar video yang dihasilkan lebih bagus lagi. Dengan fitur-fitur yang disediakan di sana, pastinya dapat memenuhi kebutuhan edit video Anda.

BACA JUGA : Cara Edit Foto Jadi Kartun di ToonMe Yang Viral di TikTok dan IG

Bagaimana Cara Download dan Instal Aplikasi CapCut?

Kehadiran aplikasi editing ini tentu menjadi sebuah angin segar bagi para konten kreator TikTok. Hal tersebut karena dengan menggunakan platform ini, pengguna bisa memperoleh hasil editing video yang cukup bagus dengan bermodalkan smartphone.

Namun sebelum hal itu dilakukan, terlebih dahulu pengguna harus mengunduh dan instal aplikasi tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunduhnya:

  • Bukalah HP.
  • Langsung buka Google Play Store ataupun App Store.
  • Tap pada kolom search dan masukkan kata kunci pencarian CapCut.
  • Jika sudah, pilih Install untuk mengunduh dan menginstalnya.
  • Tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai.
  • Selesai.

Sebagai informasi tambahan, dalam mengedit video di CapCut versi gratisnya alias tidak berbayar. Namun di versi gratis terdapat iklan dan watermark pada saat selesai mengedit.

Pengguna mungkin akan mendapati banyak sekali iklan di dalam platform tersebut. Kehadiran iklan tersebut mungkin dapat mengganggu kenyamanan pada saat sedang editing video.

Selain itu terdapat juga watermark yang mungkin tidak berkenan bagi para penggunanya. Untuk menghindari hal seperti itu, pengguna bisa mengunduh versi pro.

BACA JUGA : 10+ Cara Hapus Background Foto Tanpa Aplikasi & Gratis

Bagaimana Cara Edit Video di CapCut Bagi Pemula?

Dalam urusan kualitas, mengedit video di CapCut tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya platform editing ini dapat digunakan oleh orang yang awam sekalipun.

Jadi, bagi Anda yang belum mempunyai skill basic editing pada umumnya, tetap bisa menggunakannya dengan baik. Untuk lebih memudahkan lagi, berikut ini ada tutorial untuk melakukan edit video bagi para pemula.

  • Bukalah CapCut.
  • Setelah itu, pilih ikon “+” di menu “New Project”.
  • Berikutnya, pilih foto atau video yang akan diedit dengan pilih “Add”.
  • Tunggu sebentar proses penambahan selesai dilakukan.
  • Selanjutnya, pengguna otomatis masuk ke halaman editor.
  • Penambahan video lain juga dapat dilakukan dengan pilih ikon “+” tadi.
  • Sementara untuk penambahan audio, pilih ikon “Audio”. Lagu dapat dipilih sesuai kebutuhan dari smartphone.
  • Pilih menu “Sound”.
  • Pilihlah lagu untuk dimasukkan sesuai yang dibutuhkan di menu “Your Sound”.
  • Lakukanlah pengaturan timeline untuk lagu tersebut dengan pilih musik tersebut.
  • Jika sudah, pilih menu “Mute Video Asli”. Pengguna dapat pilih lebih dari satu lagu pada saat editing.
  • Selain audio, pengguna juga dapat memberikan tambahan teks, efek, dan juga stiker agar video lebih maksimal.
  • Pengguna dapat menghilangkan logo CapCut di ending dengan pilih menu “Delete”.
  • Saat proses editing selesai, pilih menu “Export” yang ada di sebelah kanan layar.
  • Selanjutnya, tentukanlah frame rate dan resolusinya.
  • Jika sudah, pilih menu “Export” dan tunggulah sebentar sampai proses transfer file selesai.
  • Terdapat juga tombol menu “Share” untuk membagikan hasil editing ke media sosial.
  • Setelah semua selesai, pilih menu “Done”.
  • Selesai.

BACA JUGA : Cara Melacak HP Hilang, Lewat Emei, Email, WhatsApp dan Google

Apa Saja Kelebihan di Aplikasi CapCut?

Ada beberapa kelebihan apabila mengedit video di CapCut, sebab memang sangat mudah dan direkomendasikan untuk pemula sekalipun.

1. Banyak Fitur Penyuntingan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa fitur di dalam aplikasi tersebut sangat banyak. Fitur tersebut antara lain adalah template, efek kreatif, berbagai macam filter, banyak jenis font, dan juga berbagai macam pilihan stiker.

2. Punya Banyak Efek

Kurang lebih terdapat 5 macam efek yang dapat dipilih. Efek tersebut antara lain adalah efek dramatic, efek dreamy, efek transisi, efek film, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, pengguna hanya tinggal mengunduhnya saja.

3. Pilihan Animasi Banyak

Pilihan animasi dalam platform ini sangat banyak sehingga hasil dari proses editing dapat menjadi lebih menarik lagi.

4. Filter Banyak

Di dalam platform ini terdapat filter cukup beragam seperti mengatur tingkat kecerahan, kehangatan, dan juga warna.

5. Mempunyai Fitur Green Screen

Di dalam platform editing ini, terdapat fitur green screen. Fitur tersebut tentu jarang sekali ditemui di dalam platform penyuntingan yang lain.

Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa mengedit video di CapCut dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan, bagi para pemula sekalipun juga dapat memanfaatkannya dengan baik.

Dengan semua fitur yang ada, pengguna dapat menghasilkan karya menarik hanya bermodalkan HP saja. Semoga bermanfaat dan tetap berkarya walau hasilnya belum memuaskan.

BACA JUGA :

Langkah langkah Membuat video di CapCut?

CapCut apakah bisa edit video?

Bagaimana cara mengedit video di CapCut tanpa template?

Bagaimana cara penggunaan aplikasi CapCut?

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini