9+ Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Berfungsi – Dalam dunia modern yang didominasi oleh teknologi, ponsel telah menjadii mitra tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Keybord ponsel berperan dalam memfasilitasi komunikasi, berbagai informasi, dan mengakses berbagai layanan digital.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Berfungsi yang dapat kalian pelajari untuk megatsi masalah keybord pada perangkat ponsel anda.

Para pengguna HP terutama yang HP sudah berumuran lumayan lama pastinya pernah mengalami atau bermasalah saat mengetik atau keybordnya yang erro.

Sebagai pengguna barang digital, terutama pengguna HP, kamu sebenarnya harus tau cara mengatasi keyboard HP yang tidak berfungsi atau yang bermasalah agar kamu bisa mengatsi sendi dan bisa di pekai kembali.

Karna sama seperti aplikasi lainnya,keyord juga bisa mengalami gangguan atau kerusakan baik itu tiba-tiba macet dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Vivo Mati Secara Tiba-Tiba Terbaru (2023)

maslah error ini pastinya bisa mengganggu danmengahambat keperluan kita dalam menggunakan HP terutama akan mengirim pesan penting ke seseorang.

Tetapi, saat sebagian besar dari masyarakat kita sudah menggunkan smartphone dengan layar sentuuh sehingga memudahkan kita dalam berbagai hal, termauk mengetik dengan keybord touchscreen.

Dengan menggunakan smartphone touchscreen,maka keybord yang mengalami kendala akan bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus ke counter atau ke servicce.

Cara mengatasi Keyboard HP tidak berfungsi

Sebelum membahas tentang cara mengatasi keyboard HP, maka hal pertama yang kamu harus ketahui adalah apa sebenarnya penyebab yang membuat keyboard tersebut bermasalah.

Dengan mengetahu penyebabnya, maka kita bisa memiliki solusi terbaik dan yang paling pas untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, maslah yang muncul membuat kita perlu mengetahhui cara untuk mengatsi keybord HP android anda yang berbeda-beda.

Daftar isi

Nah, beriikut ini kami akan membahas tentang Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Berfungsi yang perlu kalian ketahui.

1. Restart HP

Merestart HP termamsuk cara paling ,mudah yang bisa kalian lakukan uuntuk mengtasi keybord HPp yang sudah tidak bisa oprasikan lagi atau bermasalah karena anda tidak perlu menginstall aplikasi pendukung untuk menjalankan prosesnya.

Karena bisa saja, error yang terjadi pada keybord karena anda belum pernah merestartnya untuk jangka waktu yang cukup lama.

Sehingga beberapa aplikasi atau fitur yang ada di HP dan salah satunya keybord tidak bisa berfungsi maksimal.

OLeh karena itu, kalian bisa melakukan proses restart proses restart ini untuk menyegarkan kembali HP tersebut.

Baca Juga : 4+ Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Indonesia Terbaru (2023)

2. Update Aplikasi Keyboard

Tidak hanya perbaikan, namun mengubdate aplikasi juga betujuan untuk mendapatkan peningkatan performa dan stabilitas.

Untuk mengatsi keybord HP dengan update aplikasi keybord yaitu sebagai berikut.

  • Buka Google Play Store pada ponsel Android anda terlebih dahulu
  • Kemudian tap ikon tiga garis yang ada dibagian atas lalu pilih Aplikasi & Game
  • Setelah itu cari kemudian pilih apliksai keybord yang anda gunakan saat ini
  • Lalu tap Update dan tunggu sampai proses ubdate sampai selesai

3. Hapus Cacche Aplikasi Keyboard

Karena apliksi yang macet memang seringkali menandakan perlunya untuk menghapus cacche di HP, begitu juga dengan aplikasi keybort.

Maka dari itu, anda harus mengetahui cara menghapus cache di HP untuk bisa mengatasi masalah ini.

Namun yang perlu diketahui jika nama setiiap menu dan opsi berbeda-beda di setiap HP, tetapi kurang lebih langkahnya hampir sama Bro.

Untuk mengetahui cara mengatsi keybord HP, maka kamu harus ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu ”setitng” terlebih dahulu
  • Selanjutnya pilih ”Aplications” atau opsi lainya
  • Kemudian carilah nama dari aplikasi keybor yang digunakan, misalnya anda menggunkan apk GO keybord, atau keybord lainnya, jika sudah, silahkan klik pada aplikasi tersebut
  • Lalu pilih ”clear cache” dan setelah berhasil menngahapus cache, cobalah untuk menggunkan keybord dengan normal

4. Menghapus Data Aplikasi Keyboard

Sebenarnya, cara mengatasi keyboard HP yang tidak berfungsi sebenarnya mirip dengan cara sebelumya namun data yang dihapus berbeda data saja.

Mengahapus data bkan berarti meng-uninstall atau mengahapus aplikasinya, jadi jangan sampai anda malah mencopot aplikasi keybord daari HP tersebut.

Untuk Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Berfungsi dengan menghapus data apliksi keybord yaitu sebagai beriikut :

  • Buka menu ”Setting” pada Hp kalian kemudian pilih ”Aplications”.
  • Selanjutnya cari nama aplikasi yang digunkan, misalnya anda menggunkan Swiftkey, atau aplikasi lainnya, lalu klik pada aplikasi tersebut.
  • Kemudian pilih opsi ”Clear Data” dan berbeda dengan sebbelumnya, kali ini kalian harus pilih opsi untuk menghapus data aplikasi Bro, untuk memastikan apakah proses perbaikan yang dilakukan berhasil atau tidak, cobalah menggunkan keybord yang asli.

5. Menghentikan Keyboard Secara Paksa

Saat keybord nge-lag atau macet,salah satu cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi adalah dengan memastikannya secara paksa.

Untuk mengetahui caranya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu ”Setting” atau Aplicatins yang ada di Hp kalian
  • Kemudiian klik ”Aplikasi”
  • Selanjutnya carilah nama aplikasi keybord yang digunakan
  • Bila sudah menemukan aplikasinya, anda bisa klik pada aplkasi ktersebut kemudian pilih opsii ”Paksa Berhenti” atau ”Force Closed”

6. Mengganti Aplikasi Keyboard

Jika beberapa Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Berfungsi seperti yang kami bagikan di atas sudah diterapkan namun belumbisa menyelesaikan masalah ini, maka untuk mengatasinya cobalah untuk mengganti aplikasi keybord yang lama dengan yang lain.

kalian bisa mencari rekomendasi keyboard di Play Store terbaik seperti Swiftkey, Kika Keyborad, dan lain sebagainya.

Aplikasi pihak ketiga sangatlah banyak dan anda bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi tersebut.

Tidak hanya disebabkan karena error, namun anda juga bisa menggantikan aplikasi keyboard merasa bosan dengan papan yang sekarang.

Baca juga :

7. Reset HP

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba mengembalikan ponsel Android ke setelan pabrik dengan melakukan herd reset melalui Recovery Mode agar kembali seperti baru pertama kali dibeli.

Yang perlu kamu ketahui, setiap ponsel Andriod memiliki metode yang berbeda-beda dalam melakukan proses Hard Reset sehingga anda harus menjalankan prosesnya sesuai dengan merek dan tipe HP yang digunakan.

Sebelum melakukan proses reset, pastikan terlebih dahulu untuk membackup atau mencadangkan data-data yang ada di HP tersebut agar tidak hilang atau terhapus.

8. Perbarui Perangkat Lunak

Karena perangkat lunak memang memiliki peran yang cukup penting pada HP yang berfungsi untuk menjaga semua aplikasi agar bisa berjalan dengan lancar.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Berfungsi berikut ini :

  • Langkah pertama, bukalah menu pengaturan kemudian buka menu ”Tentang Perangkat”
  • Kemudian ketuk opsi ”Pembaruan Perangkat Lunak” atau ”Pembaruan Sistem” dan perangkat akan langsung memmeriksa pembaruan yang sedang berlangsung.
  • Maka anda tidak perlu memperbaruinya lagi jika perangkat lunaknya sudah diperbarui.
  • Tetapi jika pembaruan tersedia, maka kalian bisa menginstall pembaruan tersebut.

9. Membawa HP ke Tempat Service

Langkah ini bisa dilakukan jika beberapa cara di atas sudah diterapkan namun belum bisa mengatasi permaslahan yang sedang dialami.

Karena bisa saja masalahnya terdapat pada bagian hardware, misalnya layar dan masalah tersebut pastinya memmerlukan penanganan tersendiri agar keyboard bisa kembali berfungsi dengan normal.

Sebelum memutuskan untuk membawa HP ke tempat sewrvice, ada baiknya agar anda menyiapkan dana terlebih dahulu.

Masalahnya, setiap HP yang dibawa ke tempat sservice untuk diperbaiki pastinya membutuhkan biaya dan jumlahnya pun berbeda-beda tergantung dari tingkt kerusaknnya.

Baca juga :13+ Keyword Tool Gratis Untuk Riset Kata Kunci Bagi blogger Pemula

Akhir Kata

Nah, Itulah Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Berfungsi semoga artikel ini bisa memberikan tentang solusi anda yang bingung cara mengatasi keyboard HP yang tidak berfungsi atau rusak.

Sebenarnya maslah keybord ini tidak datang tiba-tiba tanpa alsan yang jelas, kerena terdapat beberapa peyebab yang terjadi dan mungkin tidak bisa kita sadari seperti telah kami jelaskandi atas.

Apabila keybord masih tidadk berfungsi walaupun sudah menggunakan cara diatas, sebaiknya kamu ganti dengan HP yang baru Bro.

Oleh karena itu, gunakanlah HP kalian dengan baik agar Hp kalian awet dan tahan lama.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat OKE!

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini