10+ Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih Tapi Hidup

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih Sebelum di Service – Kali ini Mediarale akan membahas salah satu masalah yang seringkali terjadi di HP yakni layar HP Blank.

Layar HP Blank adalah sebuah kondisi dimana layar tiba-tiba blank/kosong yang biasanya berwarna hitam ataupun putih.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi layar HP yang blank hitam/putih tanpa harus dibawa ke tukang Service?

Penyebab Layar HP Blank

Dua penyebab utama layar HP menjadi seperti demikian ialah disebabkan oleh sistem HP yang Erorr dan terjadinya kerusakan pada komponen HP yakni LCD.

Jadi, jika ingin memperbaiki layar HP yang blank atau nge-Hang maka Anda harus tahu dulu penyebabnya.

Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan cara mengatasi layar HP nge-Blank hitam atau putih beserta penyebabnya.

Semoga dapat membantu. Dibawah telah dijelaskan 10 tips yang bisa Anda coba sebelum membawa HP ke ahlinya untuk diperbaiki.

Baca Juga : 5+ Cara Cek Baterai Health di Samsung dengan Cepat Terbaru

Ada beberapa penyebab yang biasanya mengakibatkan layar HP Kita menjadi blank. Berikut ini beberapa penyebab layar HP blank yang biasanya terjadi.

HP Mengalami Bootloop

Layar/LCD HP Rusak

Bootloop sendiri ialah sebuah masalah pada perangkat lunak Android yang menyebabkan gagal masuk kedalam sistem. Layar perangkat hanya akan Stuck atau Blank disertai dengan Logo Android dan merek HP.

Layar dalam hal ini LCD yang rusak bisa jadi membuat layar HP akan blank berwarna hitam. LCD merupakan salah satu bagian utama yang ada di HP yang merupakan kependekan dari Liquid Crystal Display. Fungsi LCD tak lain ialah untuk menampilkan gambar pada layar.

Baca Juga: 10+ Cara Download Foto Profil Instagram Orang Lain

Penyebab yang paling umum terjadi dan membuat layar HP biasanya tiba-tiba blank bahkan mati total adalah HP kemasukan air. Untuk Anda yang memiliki HP yang bukan Anti Air, sebaiknya jangan sekali-kali membuag HP Anda kemasukan air.

RAM Penuh

Membuka aplikasi secara bersamaan atau bermain game-game berat akan sangat membebani kinerja dan membuat RAM menjadi penuh. Apalagi jika HP Anda memiliki kapasitas RAM yang sangat sedikit.

Jika hal demikian terjadi, HP biasanya tiba-tiba akan nge-Lag, nge-Hang, dan bahkan bisa nge-Blank hitam pada layar. RAM berbeda dengan penyimpanan Internal atau ROM.

Baterai Rusak

Baterai yang rusak dalam hal ini tidak dapat mengalirkan tegangan yang kuat akan menyebabkan layar HP tidak mempu menampilkan layar. Jadi, cobalah untuk memeriksa kesehatan baterai HP Anda.

HP Panas Karena Bermain Game

Telah disinggung diatas, bermain game berat apalagi dalam waktu yang lama akan membuat suhu HP menjadi panas tidak seperti biasanya. Maka besar kemungkinan HP akan blank.

Sensor Terhalang Sesuatu

Khusus untuk Anda yang memiliki HP keluaran terbaru yang telah dilengkapi sensor Proximity. Sensor tersebut umumnya terdapat pada bagian atas layar yang berfungsi untuk mematikan layar saat sedang menelpon.

Oleh karena itu, jika sensor tersebut terhalang sesuatu, sensor akan menganggap Anda sedang menelpon. Sensor tersebut bisa jadi terhalang oleh Casing HP yang Anda gunakan yang tidak sesuai dengan HP Anda.

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih

Setelah mengetahui beberapa penyebab layar HP blank hitam atau putih, berikut ini 10+ cara mengatasi layar HP blank hitam/putih versi Mediarale.

Lepas Baterai

Khusus untuk yang memiliki HP tidak menggunakan baterai tanam, cobalah untuk melepas baterai lalu memasangnya kembali. Bisa jadi sistem tidak Load seperti mestinya sehingga membuat layar HP jadi blank hitam atau putih. Salah satu cara untuk mengatasinya ialah dengan melepas baterai HP.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip di Windows 11, 10, 8, 7

Berikut langkah-langkanhya:

  1. Matikan Daya HP Anda.
  2. Silahkan cabut baterai HP Anda.
  3. Pasang baterai kembali seperti semula.
  4. Cobalah untuk menyalakannya kembali.

Hal ini akan membuat sistem HP akan ter-Restart. Tapi tips ini tidak bisa dilakukan oleh pengguna HP baterai tanam. Hanya khusus untuk HP yang dapat dibongkar Casing penutup belakangnya.

Reset HP

Solusi layar HP blank yang bisa Anda coba adalah dengan mereset HP. Reset HP biasanya dilakukan untuk mengembalikan kondisi sistem suatu HP seperti semula layaknya baru pertama kali dioperasikan.

Jadi, jika layar HP yang blank hitam tidak disebabkan oleh Hardware tetapi karena Software HP, maka cara yang masuk akal dilakukan adalah dengan melakukan Factory Reset di menu Recovery. Namun cara ini akan membuat Anda akan kehilangan data-data penting pada HP Anda.

Flash HP

Anda bisa coba melakukan Flashing pada HP. Flash HP akan membuat sistem yang lama akan diganti dengan sistem yang baru. Nah, Anda bisa mencari tutorialnya sesuai dengan merek dan tipe HP yang Anda miliki di Internet.

Bersihkan Cache Sistem

Cache adalah Data sementaara yang biasa dihasilkan oleh Browser dan Aplikasi. Hal ini akan membuat aplikasi atau browser tidak akan mendownload data tersebut berulang kali.

Namun, Cache ini terkadang membuat sistem menjadi Error. Tenang saja, pada saat layar HP Blank, Kita masih bisa menghapus Cache Sistem pada menu Recovery.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Terlebih dahulu silahkan matikan HP Android Anda.
  2. Kemudian tekan dan tahan Tombol Power dan Tombol Volume Down/Up secara bersamaan.
  3. Nah, Anda akan dialihkan ke menu Recovery HP Android.
  4. Pilih menu Wipe.
  5. Lalu pilih Wipe Cache.

Selesai, Silahkan coba nyalakan HP Anda. Itulah cara mengatasi layar HP Blank yang keempat. Semoga berhasil!

Singkirkan Penghalang Pada Sensor

Silahkan cek pada bagian Sensor tersebut yang umum letaknya pada bagian atas layar, jika memang terhalang sesuatu yakni Casing dan lainnya, silahkan Anda singkirkan. Selain itu, cobalah untuk membersihkannya karena mungkin tertutup kotoran atau debu.

Baca Juga: 10+ Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat SMS Terdaftar NIK Siapa

Bersihkan Socket Layar

Socket layar atau konektor LCD bisa jadi terjadi masalah pada bagian tersebut. Tapi untuk mengatasinya, Anda harus memnongkar HP Anda.

Caranya ialah lepas casing HP, pada bagian samping terdapat Socket Layar, lepas kabelnya lalu ambil penghapus lalu bersihkan, sambung kembali, pasang baterai, dan cobalah nyalakan HP nya. Cara ini khusus untuk Anda yang memiliki HP bukan baterai tanam.

Keringkan HP Jika Terkena Air

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, seringkali HP yang terkena air akan tetap hidup tetapi yang tampil pada layar hanya Blank hitam saja.

Jadi, sebaiknya cobalah untuk mengeringkan HP Anda dengan menggunakan cara yang umum yakni memasukkannya kedalam Beras dan tunggu beberapa jam dan hari. Jika masih belum bisa juga, maka berarti terjadi kerusakan pada Hardware HP dan perlu di perbaiki oleh ahlinya.

Ganti Baterai

Salah satu penyebab layar HP blank ialah karena baterai HP yang rusak atau mengalirkan daya yang rendah. Oleh karena itu, satu-satunya cara ialah dengan mengganti baterai jika memang yang bermasalah adalah baterai.

Servis HP

Meskipun judul artikel ini Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih Sebelum di Service tetapi melakukan Servis HP masih menjadi tips atau saran yang sudah pasti Work untuk memperbaiki HP kesayangan Anda.

Entah itu mengganti LCD, dan lainnya. Silahkan bawa ke ahlinya agar dapat diperbaiki. Anda hanya harus mempersiapkan Ongkos servis saja dan tunggu hasilnya.

Penutup :

Itulah beberapa tips cara mengatasi layar HP blank hitam, blank putih, ataupun warna lainnya. Cara diatas bisa Anda lakukan baik di HP Vivo, Xiaomi, Samsung, Oppo, iPhone, dan lain-lain.

Dari beberapa tips diatas, tentu cara yang paling ampuh ialah dengan membawa HP Anda ke ahlinya. Barulah disana akan di cek permasalahannya lalu diperbaiki.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini