7+ Penyebab Pengunduhan Gagal di WhatsApp Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp : WhatsApp atau WA merupakan aplikasi perpesanan di smartphone. WA sendiri memiliki fitur-fitur canggih yang tidak hanya memungkinkan komunikasi jarak jauh, tetapi juga memungkinkan seseorang untuk mengirim foto atau video.

Ketika seorang teman mengirimi Anda foto atau video dan Anda ingin mendownloadnya tetapi menemukan pesan “Pengunduhan gagal: Pengunduhan tidak dapat diselesaikan,

silakan coba lagi nanti”. Hal ini sepertinya menandakan adanya masalah pada WhatsApp atau smartphone yang Anda gunakan.

Whatsapp membuat aplikasi chating menjadi lebih sederhana dan menarik, saat ini banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh.

Namun, masih ada banyak keluhan dari masyarakat Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di Whatsapp dan Kita pasti penasaran kan.?

ketika tidak bisa mendownload gambar yang dikirimkan oleh pengirimnya, berikut beberapa penyebab seringnya gagal download di WA:

Baca Juga : Cara update whatsapp tanpa play store Terbaru 2024

Cara Mengatasi Pengunduhan Gambar / Video Gagal di Whatsapp

Pengunduhan gagal di WhatsApp bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya seperti masalah koneksi internet, pengaturan tanggal yang salah, masalah penyimpanan, dan lain-lain.

Nah, untuk mengatasinya, berikut ini kamu bisa coba beberapa solusi Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di Whatsapp yang sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Koneksi yang Buruk

Koneksi yang buruk merupakan salah satu penyebab utama tidak dapat mengunduh gambar di wa, ada beberapa penyebab mengapa koneksi dapat memburuk yaitu faktor cuaca, tempat, atau bahkan penggunaan internet secara bersamaan.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp : Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mengalami koneksi buruk adalah memeriksa apakah data atau WiFi  yang kamu gunakan terhubung.

Jika terhubung, pastikan bahwa kamu memiliki sinyal yang kuat. Akan tetapi jika penggunaan internet masih tidak lancar, ada baiknya jika kamu menghubungkan dengan WiFi.

Baca Juga : 7+ Cara Ganti Foto Profil Whatsapp Full danTidak Pecah

2. Tidak Melakukan Perbarui Applikasi

Mungkin saja kamu tidak pernah melakukan pembaruan pada applikasi atau kurang update dengan sistem yang baru.

Terkadang whatsapp memiliki pembaruan bagi sistemnya agar menjadi lebih efisien atau mengurangi bug yang lama.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp : Jika kamu tidak menonaktifkan pembaruan secara otomatis, ada baiknya mulai sekarang aktifkan pembaruan pada appstore maupun playstore. Berikut beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk memperbarui whatsapp:

  • Langkah 1 : Buka Playstore atau Appstore dan cari “WhatsApp”
  • Langkah 2 : Jika ada pembaruan, ketuk “Perbarui” untuk mengunduh dan menginstal pembaruan.
  • Langkah 3 : Sekarang buka WhatsApp lagi untuk memastikan apakah gambar yang kamu download sudah muncul atau masih ada kesalahan.

3. Tidak Menghapus Cache

Ternyata jika kita jarang menghapus cache atau hapus data pada whatsapp maka akan membuat wa menjadi lemot. Hal ini dilakukan agar whatsapp yang kamu gunakan berfungsi lebih baik dari sebelumnya.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp : Ada beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk menghapus cache atau data, berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

  • Langkah 1 : Buka “Pengaturan” di smartphone.
  • Langkah 2 : Cari “Applikasi” dan ketuk diatasnya.
  • Langkah 3 : Sekarang pergi ke “Penyimpanan” dan kemudian ketuk “Hapus Cache dan Hapus Data”.
  • Langkah 4 : Sekarang reboot smartphone dan buka WhatsApp untuk melihat apakah masalahnya hilang.

Baca Juga : Cara VC di Laptop dengan WhatsApp Web Dengan Mudah (2024)

4. Tanggal dan Waktu di Smartphone yang Salah

Terkadang WhatsApp tidak akan melakaukan pengunduhan di file media jika terdapat tanggal dan waktu smartphone yang tidak diatur dengan benar.

Maka dari itu kamu perlu mengecek apakah tanggal dan waktu smartphone yang kamu gunakan sudah sesuai atau belum.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp : Untuk menyesuaikan ulang tanggal dan waktu di smartphone, kamu dapat membuka Pengaturan > Sistem > Tanggal & Waktu dan atur tanggal dan waktu ke Otomatis.

Dengan mengaktifkan pengaturan satu ini, maka seluler akan menyetel telepon ke waktu yang tepat.

5. Kartu SD yang Penuh

Terkadang, WhatsApp akan menyimpan file pada media di penyimpanan internal akan tetapi, ada beberapa yang dipindahkan ke kartu SD.

Jika kamu mengetahui hal ini, mungkin saja ada beberapa masalah dengan kartu SD yang kamu gunakan dan menyebabkan kesalahan unduhan menjadi gagal.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp : Kamu perlu memastikan ruang kosong yang cukup untuk kartu SD yang akan kamu gunakan, terkadang WhatsApp tidak dapat menyimpan file ke kartu SD jika dalam mode hanya baca.

Kamu dapat menyalin beberapa file dari penyimpanan internal ke kartu SD, jika kamu dapat menyalinnya maka kartu SD tidak hanya-baca.

Masalah gambar yang tidak dapat terunduh atau gagal ternyata sering terjadi oleh banyak orang, hal ini tentu akan membuat panik dan khawatir. Akan tetapi kamu perlu mencari tahu penyebab dan dapat mengatasinya sendiri.

6. Minta Pengirim untuk Mengirimkan Ulang File Tersebut

Jika file yang gagal diunduh adalah file yang dikirim oleh orang lain, kamu bisa meminta mereka untuk mengirim ulang file tersebut.

Bisa jadi, pesan error pengunduhan gagal muncul karena file tersebut sudah terlalu lama sehingga sudah terhapus dan tidak bisa diunduh lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu chat lagi kontak tersebut dan minta mereka untuk mengirim kembali file yang gagal kamu unduh.

7. Restart HP

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp Terakhir, kamu bisa coba restart HP-mu.

Dengan merestartnya, maka koneksi internet, memori, serta sistem HP-mu akan disegarkan kembali.

Dengan demikian, hal ini bisa mengatasi beberapa error kecil yang muncul di HP, salah satunya adalah masalah pengunduhan gagal yang ada di WhatsApp.

Baca Juga : Download GB WhatsApp Apk Terbaru – Update Februari 2023

Akhir Kata :

Nah, itulah beberapa cara mengatasi pengunduhan gagal di WhatsApp yang bisa kamu coba dengan mudah.

Pada intinya, jika mengalami masalah seperti ini, kamu harus cek beberapa hal yang bisa mempengaruhi masalah pengunduhan, seperti koneksi internet, penyimpanan, atau versi aplikasi itu sendiri.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini