10 Cara Mengatasi WiFi Lemot Dengan Mudah, Dijamin Ampuh!

Cara Mengatasi WiFi Lemot : Saat ini jaringan internet memang menjadi hal yang penting dalam melakukan segala aktivitas.

Apalagi kita saat masih bekerja dari rumah memang sangat membutuhkan jaringan internet yang lancar, Biar tambah lancar cari tau cara mengatasi wifi lemot di hp samsung.

Meski begitu terkadang ada saja masalah jaringan internet yang bermasalah seperti wifi lemot yang membuat pekerjaan Anda terkendala, namun kita tidak tau cara mengatasi wifi lemot.

Apabila Anda terkendala dengan wifi lemot, maka ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya dengan cara mengatasi wifi lemot di hp xiaomi.

Apabila Anda ingin mengetahui cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi wifi lemot, berikut pembahasannya dalam artikel ini:

Baca Juga : Cara Membobol Password Wifi Tetangga Tanpa Aplikasi, Lewat HP, Lettop

  • 10 Cara Atasi Wifi Lemot karena bluetooth
  • Penyebab Wifi Lemot
  • Daftar Provider Wifi Anti Lemot di Indonesia

Cara Mengatasi Wifi Lemot Pada Laptop Windows 10

Cara mengatasi wifi lemot yang pertama bisa Anda lakukan adalah mengubah pengaturan bandwidth. (Foto: Pexels - Ivan Samkov)

Saat wifi lemot pastinya Anda akan panik dan kesal karena ada banyak pekerjaan atau aktivitas yang harus menggunakan internet bagaimana cara mengatasi wifi lemot.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, tak perlu khawatir lagi karena ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki jaringan wifi Anda. Berikut 10 cara yang dapat dilakukan bila wifi lemot di iphone:

1. Mengubah Pengaturan Bandwidth

Cara mengatasi wifi lemot di iphone yang pertama bisa Anda lakukan adalah mengubah pengaturan bandwidth.

Pastikan moden Anda sudah menyala, lalu tunggu sekitar 20 – 30 menit. Jika masih lambat, maka lakukan pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan manajemen bandwidth dengan perangkat tambahan seperti mikrotik router.

2. Gunakan Wifi Switcher

Apabila Anda pengguna Android, Anda dapat mengunduh wifi switcher di Play Store. Setelah instalasi aplikasi di ponsel Anda selesai, klik izinkan agar wifi switcher berfungsi.

Kemudian buka aplikasi dan pilih menu untuk membantu agar koneksi wifi Anda stabil dan lebih cepat.

3. Mengubah Pengaturan DNS

DNS adalah menu pencarian nama yang ada pada komputer dengan menggunakan TCP atau IP. Mengubah pengaturan DNS dapat memperbaiki koneksi internet Anda.

Caranya, ubah DNS komputer melalui DNS Google bila masih lambat lakukan reset jaringan.

4. Pilih Provider Internet dengan Koneksi Terbaik

Cara mengatasi wifi lemot lainnya adalah dengan menggunakan provider internet terbaik dan tercepat.

Carilah provider internet yang menawarkan jaringan internet yang kuat. Memang, seringkali Anda harus membayar sedikit lebih mahal untuk mendapatkan jaringan internet yang cepat.

Namun apabila provider tersebut sudah terbukti memiliki jaringan internet yang kuat, tidak ada salahnya untuk dicoba.

5. Periksa Posisi Antena Router

Saat Anda merasa wifi lemot, hal yang bisa Anda lakukan adalah mengecek posisi router Anda. Terutama posisi antena router, salah satu posisi antena router terbaik adalah tegak lurus bila hanya memiliki satu antena.

Namun bila ada dua antena, Anda dapat mengatur salah satunya tetap tegak lurus, dan satu antena lainnya dalam posisi menyamping. Pastikan keduanya tidak dalam posisi yang sama.

6. Restart Router

Dalam situasi tertentu, melakukan restart router dapat mengatasi masalah wifi lemot. Caranya adalah dengan mematikan melalui tombol power atau Anda bisa juga mencabut langsung kabel adaptornya.

Tunggu sekitar 10 – 20 detik, lalu nyalakan kembali. Biasanya jaringan internet akan kembali seperti semula setelah di restart.

7. Upgrade Paket Wifi

Apabila koneksi wifi lemot karena akibat paket internet Anda yang memang sudah tidak dapat mengakomodasi kebutuhan Anda, disarankan untuk melakukan upgrade paket wifi Anda.

Coba upgrade ke layanan paket dengan kecepatan download upload yang lebih tinggi dari paket sebelumnya.

8. Batasi Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna juga seringkali mempengaruhi kecepatan jaringan internet Anda. Apalagi bila seluruh pengguna menggunakan kapasitas yang cukup banyak.

Semakin banyak pengguna yang terhubung akan semakin banyak penggunaan bandwidth yang akhirnya membebani kinerja router.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8, 10, 11 Saat Dinyalakan

Kurangi jumlah pengguna yang dapat mengakses wifi secara bersamaan agar jaringan internet tetap stabil.

9. Periksa Sistem Perangkat Anda

Koneksi wifi lemot bisa juga diakibatkan oleh sistem sistem komputer atau laptop Anda yang bermasalah.

Saat Anda banyak melakukan download yang menggunakan banyak bandwidth, banyak tab yang terbuka, sinkronisasi data cloud juga berpengaruh pada jaringan internet Anda.

10. Atur Frekuensi Chanel Router

Setelah memastikan posisi antena router, Anda dapat melakukan pengubahan pengaturan chanel router.

Caranya dengan masuk ke pengaturan chanel router (untuk hal ini tergantung pada router setiap provider), biasanya ada buku panduan yang bisa Anda baca.

Biasanya chanel router terganggu akibat bersinggungan dengan chanel yang dipakai orang lain. Sehingga Anda dapat mengubah frekuensi pada chanel 1, 6, atau 11.

Baca Juga : Cara Menghapus Cache Di HP dan Lettop Sampai Bersih

Mengatasi wifi lemot dengan mengubah bandwith dapat berpengaruh pada biaya tagihan wifi perbulannya.

Namun, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mencari hunian di kawasan BSD yang koneksi internetnya sudah terbukti cepat. Cek listing hunian di BSD dibawah Rp1 miliar ini!

Penyebab Wifi Lemot Ini Cara Mengatasi Wifi Lemot di PC

Bisa jadi wifi lemot karena Anda belum menggunakan perangkat dengan teknologi terbaru. (Foto: Pexels - Castorly Stock)

Penyebab wifi lemot ada berbagai macam, bisa karena memang jaringan provider yang digunakan tidak kuat atau ada juga penyebab internal lainnya. Berikut penyebab wifi lemot yang perlu Anda ketahui:

  • Posisi router terhalang dengan lemari atau dinding, karena semakin banyak dinding yang dilewati router makan kecepatan wifi akan melemah
  • Jarak antar router dengan perangkat yang digunakan terlalu jauh
  • Menggunakan perangkat yang kurang canggih. Bisa jadi wifi lemot karena Anda belum menggunakan perangkat dengan teknologi terbaru
  • Terlalu banyak bandwidth yang digunakan atau penggunaan aktivitas berat seperti mengunduh file dengan ukuran besar, main game online, video streaming.
  • Adanya kehadiran perangkat lain yang mengganggu jaringan wifi seperti telepon nirkabel, CCTV wireless, baby monitor, atau speaker nirkabel. Perangkat-perangkat tersebut biasanya bekerja pada frekuensi yang sama dengan wifi standar yakni 2.5 GHz
  • Jarang reboot router wifi, hal ini juga bisa menyebabkan jaringan internet jadi melambat karena router juga perlu istirahat untuk menjaga kestabilannya.

Pilih provider internet di rumah Anda yang menawarkan jaringan dan paket kuota terbaik, untuk menghindari permasalahan jaringan internet yang buruk.

Baca Juga : Download GB WhatsApp Apk Terbaru – Update Februari 2023

Daftar Provider Wifi Anti Lemot di Indonesia

Pastikan provider yang Anda pilih memiliki jaringan di wilayah hunian Anda.  (Foto: Pexels - Oleg Magni)

Jika Anda masih bingung untuk menggunakan provider internet apa, berikut daftar provider internet terbaik di Indonesia:

ProviderHarga Paket
MyRepublicMulai dari Rp319.000/bulan (up to 20 Mbps)
First MediaMulai dari Rp384.000/bulan (up to 20 Mbps)
Biznet HomeMulai dari Rp325.000/bulan (up to 75 Mbps)
Indie HomeMulai dari Rp330.000/bulan (up to 30 Mbps)
OxygenMulai dari Rp290.700/bulan (up to 50 Mbps)
MNC PlayMulai dari Rp179.000/bulan (up to 6 Mbps)
CBNMulai dari Rp 299.000/bulan (up to 40 Mbps)

Itulah cara mengatasi wifi lemot di laptop dan daftar provider internet yang memiliki jaringan internet tercepat di Indonesia.

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang wifi di rumah Anda, pastikan provider yang Anda pilih memiliki jaringan di wilayah hunian Anda dan pelajari cara mengatasi wifi lemot di hp.

Anda bisa menghubungi customer service masing-masing provider untuk mengecek terlebih dahulu sebelum melakan bagaimana cara mengatasi wifi lemot di hp.

PENUTUP :

Semoga pembahasan cara mengatasi WiFi lemot di atas dapat bermanfaat bagi bagi temen-temen semua OKE.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini