Debian 12 Bookworm Iso Resmi Dirilis , Download Terbaru 2023

Debian 12 Bookworm Iso : Debian adalah sistem operasi berbasis Linux yang bersifat open source. Cari tau apa itu Debianfungsi dan kelebihannya di sini!

Debian 12 resmi merilis versi terbarunya yaitu dengan codename Bookworm. Apa saja pembaruan yang akan didapatkan?

Debian, merupakan salah satu distribusi Linux yang terkenal dengan kestabilannya, baru saja merilis versi terbarunya, yaitu Debian 12 ‘Bookworm’.

Setelah dua tahun dalam pengembangan, versi terbaru ini menjadi penerus Debian 11 ‘Bullseye’ yang dirilis pada tahun 2019.

Debian dikenal sebagai distribusi Linux yang konsisten, stabil, cepat, dan handal.

Pada ISO utama menyertakan versi free dan non-free software. Pengguna bisa bebas memilih versi mana yang akan diinstal sesuai kebutuhan mereka.

Inti pembaruan dari Debian 12 adalah kernel Linux 6.1, yang meskipun bukan versi kernel terbaru, namun merupakan versi dengan dukungan jangka panjang (LTS) hingga 2027.

Tentu versi ini adalah pilihan yang tepat untuk digunakan pada sistem operasi Debian yang terkenal stabil.

Baca Juga : Windows 7 Ultimate ISO 32-64 bit (Download) full version 2023

tampilan baru desktop debnian 12 bookworm

Debian bookworm juga memiliki penambahan lebih dari 11.000 paket baru, sehingga totalnya menjadi 64.419 paket.

Namun, sekitar 10% paket dari Debian 11 telah dihapus karena dianggap telah usang.

Pengguna yang ingin melakukan upgrade ke Debian 12 perlu memperhatikan hal ini agar tidak mengalami kendala terhadap kompabilitas software yang biasa digunakan sehari-hari.

Debian 12 menyertakan berbagai perangkat lunak terbaru seperti LibreOffice 7.4.5.1, Evolution 3.46.4-2, Transmission 3.0, PHP 8.2, Python 3.11.2, Mozilla Firefox ESR, dan masih banyak lagi.

Beberapa lingkungan desktop (DE) yang diperbarui juga tersedia, termasuk GNOME 43, KDE Plasma 5.27, LXDE 11, LXQt 1.2.0, MATE 1.26, dan Xfce 4.18.

Untuk tampilan desktopnya, Debian 12 menggunakan tema “Emerald” yang baru di seluruh sistem operasi, termasuk boot loader, installer, wallpaper desktop, hingga dokumentasi.

Baca Juga : Downloader Instagram, Tiktok, Youtube To Mp3, Tanpa Aplikasi

Tema Adwaita juga telah mengalami banyak perubahan sejak Debian 11, yang pastinya akan lebih disukai oleh para pengguna Debian yang ingin melakukan upgrade.

Beberapa perubahan penting lainnya pada Debian antara lain adalah bootloader GRUB yang tidak lagi menjalankan os-prober secara default, implementasi malloc baru, penghapusan daemon syslog yang diinstal secara default, serta pembaruan font besar-besaran, termasuk Google Fonts.

Secara keseluruhan, Debian 12 ‘Bookworm’ mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan.

Selain pembaruan desktop dengan fitur-fitur baru, dukungan perangkat keras juga ditingkatkan berkat kernel Linux yang lebih baru dan akses yang lebih mudah ke proprietary driver.

Selain itu, para developer juga bisa mendapatkan akses ke puluhan ribu paket yang telah diperbarui.

Bagi pengguna yang ingin update ke Debian 12, bisa langsung mengunduh installer ISO resminya melalui situs 

Atau melakukan update secara berkala langsung melalui Terminal website resmi dari debian ini semoga bermanfaat.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini