Diduga Ditunganggi Orang Dalam Motif Uang Pelicin Demo Relawan Satgas BPBD Deli Serdang Di Sorot Kajari Deli Serdang

MTI Deli Serdang – Setelah menyebarkan dokumen rahasia dan meminta fee kepada pihak ketiga dalam kegiatan sosialisasi dengan maksud untuk kepentingan pribadi, Oknum Sekretaris BPBD Deli Serdang inisial Boyke Sihombing (BS) saat ini sedang diselidiki oleh pihak kepolisian.

Proses penyelidikan berkaitan dengan laporan kepala BPBD Deli Serdang terkait Undang-undang ITE dan pencemaran nama baik yang dilaporkan ke Polresta Deli Serdang pasca aksi demo tersebut.

Perihal itu untuk mengetahui sampai dimana keterlibatan oknum Sekretaris inisial Boyke tersebut dalam dugaan Pungli penerimaan honorer di BPBD Deli Serdang.

Terkuaknya motif dibalik aksi Demo yang dilakukan belasan oknum relawan/ Satgas BPBD Deli Serdang di Kantor Bupati Deli Serdang belum lama ini juga diduga ditunggangi oleh Boyke Sihombing.

Menurut informasi sumber layak dipercaya, aksi demo itu buntut tidak puas oknum pelaku pungli atas tidak lulusnya kepesertaan tenaga honorer yang berorasi di lokasi.

Tak cuma itu, aksi orasi dan adanya Pengaduan Masyarakat (Dumas) di Kejari juga didukung dan diprovokasi oknum Sekretaris BPBD Deli Serdang inisial Boyke Sihombing dengan tujuan menutupi dugaan praktik pungutan liar (Pungli) yang dilakukannya.

Bahkan secara tak patut, Boyke Sihombing diduga turut berpartisipasi menyebarluaskan dokumen negara untuk memuaskan hasrat ketidakpuasannya terhadap ketegasan Kepala BPBD Deli Serdang selaku atasannya.

Soal aksi demontrasi, narasumber menyebut bahwa salah satu peserta orasi inisial Tiara Mukti merupakan satgas relawan pada Oktober 2023 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Deli Serdang. Sebulan kemudian atau pada November 2023, TM diangkat menjadi tenaga honorer administrasi.

Namun Tiara Mukti (TM) diduga tidak dapat bekerjasama dalam tim dan hanya mengerjakan perintah salah satu oknum pejabat saja. Alhasil, buntutnya kontrak tidak diperpanjang dan TM pun menjadi salah seorang pendemo ke Kantor Bupati Deliserdang.

” Si Tiara Mukti inilah diduga sebagai dalang menyetor uang kutipan tenaga honorer ini kepada oknum pejabat di BPBD Deliserdang berinisial BS” ungkap sumber.

Tiara Mukti diduga berperan sebagai pengutip dana pelicin untuk meloloskan penerimaan tenaga honorer bersama orang tuanya.

Adapun yang diduga terlibat pungli Tiara Mukti yakni peserta berinisial DF, NSA, NS, DA, RAD dan D serta WAG.

“Selama bekerja di BPBD Deliserdang, mereka diduga tidak pernah masuk kerja. Bahkan salah satu dimasukkan TM berinisial WAG juga menjadi sopir pejabat di sana” ujar sumber.

WAG diduga tidak mengikuti peraturan di BPBD Deliserdang dan tidak lulus seleksi untuk tahun anggaran 2024. Sehingga diduga WAG pun menjadi salah satu penggerak massa untuk melakukan aksi demo tersebut.

Menanggapi dugaan ini, Sekretaris BPBD Deliserdang, dr Boyke Sihombing menepis tudingan tersebut.

“Tidak ada itu, tidak ada peran saya terlibat. Tidak ada nyambung ke saya,” ujarnya menanggapi konfirmasi, Rabu (17/1/2024).

Boyke mengaku memang menjabat sebagai Sekretaris BPBD Deliserdang.

“Saya hanya datang pagi duduk, diam dan sore pulang. Jadi saya tidak ada nyambung ke sana,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan surat klarifikasi Nomor: 800/220/BPBD/1/2024 yang ditandatangani kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Deli Serdang, Amos. F. Karo Karo S. Sos, M.AP pada tanggal 15 Januari 2024, dijelaskan bahwa peserta aksi demo merupakan pelamar relawan atau satgas yang ditolak karena tidak memenuhi syarat Administrasi dan selebihnya kerena sudah memenuhi kuota kebutuhan tenaga relawan sebanyak 50 peserta dari 71 pelamar.

Sekaligus menerangkan bahwa adanya oknum relawan atau satgas yang ikut aksi demo sebanyak 7 orang merupakan tenaga honor yang sudah tidak diperpanjang masa kontrak dan sudah menerima tali asih selama mengabdi. (YD/Deana Nst)

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini