Disnakertrans Morowali Laksanakan Penggunaan Aplikasi SiapKerja Guna Mengoptimalkan Data Penempatan Kerja Di Perusahaan

MOROWALI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Morowali melalui Kepala Bidang (Kabid), melaksanakan sosialisasi Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SiapKerja), kepada perusahaan-perusahaan berada di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja,Yaumi T.Baduddin, SE mengatakan, “Sosialisasi Aplikasi SiapKerja ini, untuk memberikan pemahaman bagi seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Morowali,” ujar Yaumi.

“Adanya Aplikasi SiapKerja ini ada manfaat yang bisa didapat baik Pencari Kerja(Pencaker) maupun pihak Perusahaan seperti , manfaat jangka pendek ,jangka menengah dan jangka panjang,” kata Yaumi

Sebagai contoh, manfaat jangka menengah untuk Organisasi/Dinas diantaranya, tersedianya admin operator penggunaan aplikasi SiapKerja pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Morowali dalam melakukan monitoring penggunaan aplikasi diperusahaan – perusahaan.

Dan adanya suport anggaran yang tercantum dalam plafon anggaran tahun 2023
Sedangkan, untuk Pencari Kerja, adanya kemudahan akses bagi Pencaker untuk mendapatkan informasi lowongan kerja dan Tersedianya layanan yang lebih cepat, berkelanjutan dan tuntas bagi perusahaan.

Dan untuk perusahaan Pemberi Kerja, yaitu adanya database calon karyawan yang sesuai dengan bakat dan keahlian yang dimiliki, tersedianya operator admin aplikasi SiapKerja sehingga memudahkan perusahaan melaporkan data penempatan tenaga kerja secara online

Lebih lanjut dikatakan Yaumi, “Aplikasi SiapKerja ini mempunyai 4 macam Layanan yaitu:

(1).Skillhub yakni fiktur yang khusus meningkatkan kompetensi angkatan kerja Indonesia agar makin tinggi dan memenuhi kriteria kebutuhan, Sertihub meliputi skilling, reskilling, dan upskilling.

(2).Sertihub yakni, pelayanan sertifikasi dengan standar kompetensi.

(3).Karirhub yakni menghubungkan antara Pencaker dan pemberi kerja dan

(4). Bizzhub adalah fitur yang memberikan pelayanan kepada angkatan kerja yang berminat untuk berwirausaha, Fitur ini akan menghubungkannya dengan pelatihan bisnis, mentoring, jaringan usaha hingga pembiayaan modal usaha.

“Aksi perubahan pada Disnakertrans Kabupaten Morowali bertujuan untuk mengoptimalkan data penempatan tenaga kerja diperusahaan – perusahaan melalui penggunaan Aplikasi SiapKerja sehingga menghasilkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenaran datannya,” ungkapnya.

Yaumi juga mengatakan, bahwa di moment Hari Ulang Tahun Kabupaten Morowali , Disnakertrans Morowali berencana pada pameran nantinya akan membuka 2 (dua) pelayanan yaitu, pelayanan Kartu Putih dan Perekrutan Karyawan sementara untuk Teknis nya tetap Online dan dari pihak perusahaan akan bersama- sama berada di Stand Pameran sehingga Pencari Kerja tidak perlu lagi membludak ditempat stand pameran tersebut.

Untuk diketahui, jumlah perusahaan yang sudah bergabung pada aplikasi SiapKerja ini kurang lebih 46 perusahaan yang berada di Kabupaten Morowali.

“Alhamdullilah, bulan kemarin calon pencari kerja sekitar 500 orang sudah bekerja di perusahaan yang mereka pilih, ” tutur Yaumi.

Sementara itu, Yuniarti Triswaji, Analisis Kebijakan Muda dari Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) , memberi dukungan penuh dan mengapresiasi tugas dan inovasi perubahan penggunaan sistem Aplikasi SiapKerja yang digagas oleh reformar atas nama Yaumi T. Baduddin,SE pada pelatihan Kepemimpinan Administrator Ketenagakerjaan X Tahun 2022.

“Dengan Inovasi yang Ibu Yaumi lakukan, kami yakin ini akan bisa bermanfaat bagi Pemerintah Daerah dan tentunya juga bermanfaat bagi Pencari Kerja dan pemberi kerja yang ada di kabupaten Morowali khususnya, ” ungkap Yuniarti.

Yuniarti juga mengatakan, ini juga tentunya akan bermanfaat bagi Pemerintah Pusat yaitu membantu mendukung terhadap 1 (satu) data tenaga kerja sehingga ekosistem ketenagakerjaan bisa terbentuk, ” tuturnya, saat berkunjung dikantor Disnakertrans Kabupaten Morowali, Kamis (3/11/2022).

Penulis : Dian Anggraini

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini