Kumpulan Doa Anak-Anak Sholeh Sehari Hari Untuk Ibu Dan Bapak

Doa Anak-Anak Sholeh : Adalah merupakan salah satu bentuk sarana cara berkomikasi manusia kepada Allah SWT. Baik sedang berada dalam kondisi senang ataupun sedih, Manusia selalu dianjurkan untuk berdoa dan bersukur untuk mengingat Allah SWT dalam setiap aktifitas sehari-hari kita.

Pentingnya kita mengajarkan Doa anak-anak sehari hari kepada anak kita agar anak kita bisa mengenal suarat-surat pendek sejak dini. Membiasakan anak kita membaca doa sehari-hari sebelum melakukan sesuatu tentu akan sangat baik sekali.

Baca Juga : 2022 Gambar Kartun Lucu dan Unik Terbaru

Dari terbitnya mata hari pada pagi hari hingga mata hari terbenam atau pada malam hari, Agama Islam telah mengatur segala hal terkait aktivitas makhluknya termasuk dalam hal-hal yang dianggap kecil Seperti Doa anak-anak untuk ibu bapa.

Salah satunya tentang doa anak-anak yang bisa kita membiasakan anak untuk membacanya. Tidak ada satupun tindakan manusia yang tidak luput dari doa anak samapai orang dewasa banyak yang mengamalkan doa-doa pendek.

Karna menurut sebagian orang Islam, doa anak-anak TK atau orang desawa sekalipun itu sebuah pengakuan bahwa terdapat Zat yang Maha Tinggi dan manusia adalah makhluk yang lemah.

Oleh sebab itu, manusia diharuskan untuk berdoa kepada Allah SWT setiap saat tanpa terkecuali apapun yang akan kita dilakukan sehari-hari kita dan kalau bisa kita mengajarkan doa anak anak untuk orang tua kepada anak kita.

Pentingnya Doa Anak-Anak Sholeh Sehari Hari

The Journal of Rotterdam Islamic and Social Science mencatat, ada dua aspek penting tentang ibadah dalam Islam. Fokusnya, yaitu pada dua jenis istilah untuk shalat, yakni permohonan (do’a) dan sholat (shalat).

Dalam Islam, memohon atau berdoa berarti memberikan seluruh diri kepada Tuhan dan mempersembahkan kebutuhan fisik dan spiritual kepada-Nya. Salat (doa) adalah komunikasi antara Allah SWT dan manusia ciptaannya.

Baca Juga :1001+ Bio FB Aesthetic, Keren, Singkat, Lucu Bahasa Inggris dan Artinya

Banyak penjelasan tentang pentingnya doa anak anak Sholeh, salah satunya dalam Alquran. Oleh sebab itu, umat Islam sudah diajarkan sejak dini untuk berdoa kepada Allah SWT. Berkaitan dengan doa, terdapat banyak firman Allah dalam Alquran mengenai perintah untuk berdoa.

Allah berfirman: “Hai manusia, kamulah yang sangat butuh kepada Allah; dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.” (QS Fathir: 15).

Terdapat doa sehari-hari yang bisa dibiasakan sejak dini, sebab doa ini akan dibacakan dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan dalam satu hari penuh. Selalu berdoa sebelum melakukan sesuatu juga akan menjadi amal yang baik dan berkah.

Baca Juga: 175+ Foto Profil WA Aesthetic, Pinterest, Unik, Cowok, Couple, Hijab

Kumpulan Doa Anak-Anak Sholeh Sukses Dunia Akhirat

Dengan membaca dan mengampalkan doa sehari-hari ini, diharapkan akan menjadi kebiasaan dan menjadi amalan yang pahalanya dilipat gandakan.

Doa Anak-Anak TK sebelum Tidur

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut,” artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR Bukhari dan Muslim).

Doa Anak-Anak Yatim Bangun Tidur

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur,” artinya: “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.” (HR Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Doa Anak-Anak Sholeh sebelum Makan

“Alaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar,” artinya: “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka.” (HR Ibnu Sunni).

Doa Anak-Anak Sehari-hari sesudah Makan

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin,” artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

Doa Anak-Anak Sholeh Masuk Rumah

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa,

” artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Doa Anak-Anak Sholeh Keluar Rumah

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah,” artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Doa Anak-Anak Sholeh Masuk Kamar Mandi

“Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi,” Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran.”

Doa Anak-Anak Sholeh Keluar Kamar Mandi

“Alhamdulillaahil-ladzii Adz-haba ‘Annil-adzaa Wa’aafaanii,” artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Doa Anak-Anak Sholeh ketika Mandi

“Allaahummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii,” artinya: “Ya Allah, Ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasan di rumahku serta berkahilah pada rezekiku.”

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

Doa Anak-Anak Sholeh ketika Berpakaian

“Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu,

” artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

Doa Anak-Anak Melepas Pakaian

“Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa,” artinya: “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.”

Doa Sehari-hari ketika Bercermin
“Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii,” artinya : “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.”

Doa Anak-Anak Sholeh Masuk Masjid

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika,” artinya: “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Doa Sehari-hari Keluar Masjid
“Allahumma innii as-aluka min fadhlika,” artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu.”

Doa Untuk Anak Anak Sholeh Yang Sedang Ujian

“Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa,

” artinya: “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa Anak-Anak Sholeh setelah Belajar

“Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin,

” artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

Doa Anak-Anak Sholeh setelah Wudhu

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Artinya : “Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya .

Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Doa Anak-Anak Sholeh saat Bersin

Orang yang bersin membaca: “Alhamdulillaah,” artinya: “Segala puji bagi Allah.”

Orang yang mendengar orang yang bersin membaca: “Yarkhamukallaah,“ artinya: “Semoga Allah memberikan rahmat kepadamu.”

Doa Anak-Anak Sholeh saat Menengok Orang Sakit

“Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman,” artinya: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia.

(Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

Doa Anak-Anak Sholeh untuk Keselamatan Dunia dan Akhirat

“Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar,” artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Baca Juga :150+ Foto Profil Couple Aesthetic, Lucu, Pacar, Sahabat, Anime, Pinteres

Inilah kumpulan doa untuk anak-anak tersayang sehari-hari yang bisa dibacakan saat hendak beraktivitas.

Menjadi bukti bahwa Allah SWT selalu bersama dengan hambanya sekalipun sedang melakukan hal-hal yang kecil. Masya Allah.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini