ICW Minta Kapolri Copot Irjenpol Karyoto, Kapolda Metro Jaya: Kalau Tidak Bikin Statement Seperti Itu ICW Enggak Tenar

JAKARTA – Irjenpol Karyoto Kapolda Metro Jaya merespons dengan santai pernyataan Indonesia Corruption Watch (ICW). Lembaga tersebut memberikan kritik terhadap pendekatan Kapolda dalam menangani dugaan pemerasan yang melibatkan mantan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Tanggapan Irjenpol Karyoto, ICW itu kalau enggak bikin statement seperti itu nanti enggak tenar,” kata Karyoto, Kamis (27/7/2024).

Kemudian Karyoto menegaskan, pihaknya mengambil serius kasus ini dan meminta agar penanganan terhadap Firli Bahuri segera diselesaikan.

“Kendati demikian, Karyoto juga menyatakan kesiapannya menerima konsekuensi apabila dianggap gagal dalam menangani kasus tersebut.

“Saya adalah bawahan dari Pak Kapolri. Saya akan menerima segala keputusan yang akan diambil oleh beliau,” tambahnya.

“Sebagai atasan penyidik, saya telah memerintahkan tim penyidik untuk melakukan penyelidikan secara maksimal,” urainya.

“Diketahui sebelumnya, peneliti ICW, Diky Anandya mengkritik kapolda Metro Jaya karena dinilai tidak serius menangani kasus Firli Bahuri. Dia menyoroti pernyataan SYL dalam persidangan serta kelengkapan berkas yang belum terpenuhi.

“Karena itu, kami mendesak kapolri, yang bertanggung jawab atas kinerja seluruh kepolisian, untuk segera mencopot Irjen Karyoto karena dinilai gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai kapolda Metro Jaya. Jika kapolri tetap mempertahankan Karyoto, hal tersebut dapat merusak citra Polri di mata publik,” tukasnya.

Penulis: Sa’i Loebis

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini