KAKI Apresiasi Gakkumdu Surabaya Tak Masalahkan Masyarakat Kampanye Kotak Kosong Sesuai Jadwal

SURABAYA, Hosnews.id – Diketahui Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kejaksaan Surabaya tak masalahkan masyakarakat kampanye kotak kosong di Pilkada 2024 asal sesuai jadwal atau tahapan yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Putu Arya Wibisana, S.H., M.H melalui Jaksa Damang Anubowo, SE, SH, MH mengatakan, sesuai arahan Kejaksaan Agung (Agung) tugas dari Kejaksaan ada sosialisasi, monitor, deteksi pencegahan pidana. “Tujuannya agar ada kepastian hukum,” katanya, Senin (2/9/2024) kemaren lalu.

Menurutnya, tidak ada ada larangan masyarakat kampanye kotak kosong. “Tidak ada larangan, yang tidak boleh adalah menghasut untuk tidak memilih atau tidak menggunakan hak suaranya,” imbuhnya.

Senada dengan Kasi Intel Kejari Tanjung Perak Surabaya I Made Agus Mahendra Iswara, S.H., M.H. Terkait Pemilu Bakal Calon Walikota, untuk kampanye sudah ada jadwal berdasarkan PKPU No 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pilkada tahun 2024. Penetapan jadwal kampanye mulai 25 September sampai 23 November 2024.

“Setahu saya dilarang kampanye pada saat masa sebelum kampanye. Kalau memang sampai dengan batas pendaftaran paslon hanya satu paslon, maka tidak salah adanya lawan kotak kosong,” imbuhnya.

Terpisah, Komisioner KPU Surabaya mengaku masih menunggu regulasi kampanye kotak kosong. “Kami masih menunggu regulasi yang mengatur, jika (masyarakat) mengkampanyekan kotak kosong,” akunya.

Menyikapi melawan Kotak Kosong di Pilwali Surabaya 2024, Moh Hosen Aktivis Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Jawa Timur mengapresiasi Gakkumdu Kejaksaan Negeri Surabaya tidak memperbolehkan Masyarakat Kampanye Kotak Kosong,” Kata Hosen KAKI,” Selasa (10/09/2024).

Kami berharap Aliansi Relawan Surabaya Maju tetap mengawal Pilwali Kota Surabaya 2024 dengan bersikukuh memenangkan kotak kosong karena Demokrasi masih berlaku di Indonesia. Pilkada dengan kotak kosong seakan di kota Surabaya sudah tidak ada lagi seorang Politisi yang mampu untuk berdemokrasi politik praktis,” pungkasnya.

Diketahui Pilwali Kota Surabaya 2024 hanya terdapat satu paslon yang sudah diusung 18 partai politik. Pasangan petahana Eri Cahyadi – Armuji resmi mendaftar calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya periode 2024/2029, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, pada Rabu (28/8/2024).

Demi tidak ingin terjadi calon tunggal atau melawan kotak kosong di Pilkada Serentak 2024, KPU RI melakukan perpanjangan masa pendaftaran Pilkada 2024 berakhir sampai hari Rabu 4 September 2024. (Rohman)

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini