KAKI Sarankan Jangan Gagal Lagi; Ujian Kompetensi Pemelihan Calon Kepala Desa Serentak Akan di Gelar Kembali

BANGKALAN,Hosnews.id||-Tahap uji tes kompetensi rencananya akan digelar kembali pada hari Jumat (09 April 2021) Pukul : 07.30 Wib, bagi Bakal Calon Kepala Desa yang lebih dari lima orang pada Pilkades serentak 2021 di setiap desa, Kamis (08/04/2021).

Materi Uji Kompetensi :

(1).Sistem pemerintahan Indonesia secara umum. (2).Sistem pemerintahan secara umum. (3).Sistem dan regulasi yang berkaitan dengan pemerintah Desa. (4).Manajemen/Kepemerintahan.

Gedung Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura, Jl Raya Telang Kamal, akan menjadi tempat rangkaian acara pada tersebut, Namun kemaren sempat ditunda terlaksananya karna masih menunggu konfirmasi lanjut dr beberapa desa yg bermaslah, pelaksanaan uji kompetensi ini akan terlaksana setelah permasalahan permasalahan disebagian desa bener2 100% terselesaikan.

Handiyansyah, selaku Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan menjelaskan tentang rencanan uji kompetensi bagi para Bakal Calon Kades yang melebihi jumlah maksimum kursi pencalonan.

“Ada sembilan desa yang pendaftarnya lebih dari lima orang. Sehingga untuk menemukan lima orang akan dilakukan tes kompetensi oleh TFPKD yang rencananya akan digelar besok,” kata Handiyansyah, Senin 5 April 2021.

Pihaknya menjelaskan bahwa terdapat 120 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak pada 2021 di Bangkalan.”Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak 2021 tersebut tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan,” tutur Handiyansyah.

Di Kabupaten Bangkalan sendiri pelaksanaan Pilkades Serentak dikabarkan akan dilakukan pada 2 Mei 2021 mendatang. Kata Handiyansyah, saat ini menjelang proses pelaksanaannya berjalan sesuai alur sebagaimana mestinya, mengikuti tahapan-tahapan yang sudah ada.

Partisipasi penuh dari masyarakat sangat diharapkan oleh Handiyansyah. Ia menginginkan agar masyarakat turut aktif mensukseskan Pilkades Serentak 2021.

Himbauan juga diberikan oleh Handiyansyah kepada para bakal calon yang akan mengikuti tes kompetensi supaya tidak membawa massa dalam pelaksanaan tes tersebut.

Mari bersama menjaga keamanan dan ketertiban. Sehingga apa yang menjadi tahapan berjalan sebagaimana mestinya. Terutama Kepada calon, agar bersama menjaga Pilkades 2021 ini berkualitas,” tutupnya.

Moh Hosen ,Ketua KAKI DPD Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur Tegaskan, Ujian Kompetensi ini jangan sampai tertunda lagi. Jika terjadi kembali kinerja Pemkab.Bangkalan dirasa tidak profesional dalam membentuk harkat dan martabat khususnya DPMD Kab.Bangkalan.

Tentunya para pengikut Ujian Kompetensi Pilkades Serentak sudah menyiapkan diri baik secara lahir maupun batin dalam mengikuti ujian ini.

Kalau sampai ujian kompetensi ini sampai tertunda kembali di hawatirkan ada oknum pegawai mau bermain mata. Dalam artian salah satu pengikut Ujian Kompetensi digugurkan alias tidak diloloskan untuk mengikuti pemilihan kepala desa di tanggal yang telah ditentukan dengan catatan ada main mata uang ( You Mau I Siap ) Pungkasnya. (Red)

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini