Keutamaan Puasa Tarwiyah, Niat dan Artinya 2022

Puasa Tarwiyah : merupakan puasa sunah yang dilaksanakan dua hari sebelum Idul Adha atau tepatnya 8 Dzulhijjah. Pada tahun ini, puasa Tarwiyah bertepatan pada Jumat, 8 Juli 2022.

Sama seperti menjalani puasa sunah lainnya, puasa Tarwiyah diawali dengan niat dan menahan hawa nafsu dari hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga tenggelam matahari yang ditandai dengan waktu Magrib.

Baca Juga : Keutamaan Puasa Arafah, Niat Puasa dan Artinya 2022

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/7/2022), mengenai niat puasa Tarwiyah menjelang Idul Adha 2022.

Niat Puasa Tarwiyah Menjelang Idul Adha 2022

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ”

Artinya: Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah Ta’ala.

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Selain mendapatkan pahala, keutamaan puasa Tarwiyah juga dapat menghapus dosa selama setahun.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu An-Najjar dan Abdullah bin Abbas bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda, 

“Puasa di hari Tarwiyah akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa Arafah akan mengampuni dosa dua tahun.” (HR Tirmidzi).

Sementara melansir dari buku berjudul “Keutamaan Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah” oleh Sutomo Abu Nashr (2019), terdapat hadis yang diterangkan ahli fiqih Ibnu Qudamah dalam Al Mughni yang berbunyi:

“Hari Tarwiyah adalah hari ke delapan dari bulan Dzulhijjah. Dinamai tarwiyah (penyegaran) karena para haji membekali diri dengan air pada hari itu sebagai persiapan menyongsong hari Arafah”.

Puasa tarwiyah adalah puasa; sunnah yang dilaksanakan pada hari tarwiiyah, yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah dua hari sebelum hari raya Idul Adha.

Keutamaan puasa-tarwiyah adalah dapat menghapus dosa setahun sebelumnya. Adapun praktek puasa seperti puasa pada umumnya.

Niat puasa-tarwiyah :

Niat Puasa tarwiyah

“Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala”

Artinya: saya niat puasa-tarwiyah sunnah karena Allah Ta’ala.

“Barang siapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya”.(HR.Muslim)

Mengenai pengampunan dosa, para ulama’ berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil.

semoga Allah beri hidayah pada kita untuk terus beramal sholih. apanila ada penulisan kata yang salah atau terlalu berlebihan kami mohon maaf. Terima Kasih

11 Doa Anak Sehari Hari,Pendek Mudah di Hafal Dengan Artinya

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini