KH Marzuki Mustamar Mantan Ketua PWNU Disiapkan Lawan Petahana Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2024

SURABAYA – Petahana Khofifah Indar Parawansa menjadi sosok kuat di pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024. Di survei ARCI, elektabilitas Khofifah jauh unggul dari nama-nama lain. “Dalam artian, bukan berarti Khofifah tak akan mempunyai lawan.

Isyarat perlawanan datang dari PKB. DPW PKB Jatim memberi sinyal akan mendorong mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar di Pilgub Jatim 2024. Berbekal 27 kursi DPRD Jatim, PKB siap mengadu Kiai Marzuki dengan Khofifah.

Anik Maslachah Sekretaris PKB Jatim mengatakan, pihaknya sejak lama telah berharap agar Kiai Marzuki mau maju di kontestasi Pilgub Jatim 2024. Munculnya nama KH Marzuki dalam survei ARCI membuat PKB yakin bahwa Pengasuh Ponpes Sabilurrosyad Gasek Malang itu bisa diterima publik Jatim.

Hal Ini menandakan bahwa KH Marzuki sangat melekat dan dicintai masyarakat. Dengan tidak lagi memimpin PWNU Jatim secara langsung, tidak menjadikan redupnya kecintaan masyarakat, malah menjadi alternatif pilihan masyarakat untuk memimpin Jatim,” terang Sekretaris PKB Jatim, Kamis 16 Mei 2024.

Sekretaris PKB Jatim Anik Maslachah menyebut, banyak masyarakat di wilayah pesantren yang berharap agar Kiai Marzuki maju sebagai Cagub Jatim 2024. Apalagi dalam potret survei, elektabilitas Kiai Marzuki di atas 20% jika head to head dengan Khofifah.

Ini terbukti masyarakat menaruh harapan besar agar Kiai Marzuki terus memimpin bahkan tidak hanya pada organisasi kemasyarakatan saja tapi lebih luas lagi untuk memimpin pemerintahan di Jatim.

“Dengan bermodalkan angka 23,7 persen, elektabilitas posisi kedua setelah Bu Khofifah. Padahal tidak mencalonkan diri, tidak pernah kampanye, bukan politisi, dan saat ini fokus membesarkan pesantren adalah angka yang cukup tinggi dan amat sangat cukup untuk bisa memenangi pilgub di Jatim mengingat rentang waktu yang sangat cukup.

Pimpinan DPRD Jatim ini menegaskan, PKB siap mengusung KH Marzuki di Pilgub Jatim. Ia yakin warga NU se-Jatim akan mendukung.

“Dan warga NU akan bersatu, karenanya ini peluang besar bagi PKB untuk mengantar beliau, itupun kalau beliaunya berkenan. Kami sangat optimis untuk bisa memenangi pilgub ini, mengingat selain elektabilitas awal sudah cukup untuk digas pol,” jelas Anik Maslachah.

Bahkan, kata Anik, ada beberapa partai yang sudah menyatakan siap bergabung dengan PKB siapapun calon yang diusung. Oleh sebab itu, PKB berharap KH Marzuki Mustamar berkenan untuk diusung di Pilgub Jatim 2024.

Sebagai informasi, dalam survei ARCI simulasi 6 nama, elektabilitas Khofifah berada di angka 42,1%. Kemudian ada nama Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad di angka 13,8%.

Selanjutnya ada nama Bupati Sumenep yang juga kader PDIP Achmad Fauzi 11,2%. Lalu Ketua Golkar Jatim M Sarmuji 10,9%, Mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar 10,7%, Menaker RI Ida Fauziyah 9,2%. Ada 1,1% responden yang tidak tahu/tidak menjawab.

Sedangkan dalam simulasi 3 nama, elektabilitas Khofifah semakin menguat di angka 49,3%. Lalu KH Marzuki di angka 20,5%, dan Anwar Sadad 17,7%. Ada 12,5% responden yang belum menentukan.

Kemudian dalam simulasi head to head antara Khofifah melawan KH Marzuki, elektabilitas Ketum PP Muslimat NU itu semakin menguat di angka 59,5%. Sementara KH Marzuki di angka 23,7%. Ada 16,8% responden yang belum menjawab atau belum menentukan,” pungkasnya.

Penulis: Rohman

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini