P5 Di SMPN 1 Tenjo ” Bakat & Kreatifitas Siswa-Siswi

BOGOR – SMP Negeri 1 Tenjo Desa Tenjo Kecamatan Tenjo Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi bagian integral dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan Kepala Sekolah ( Kepsek ) Sokirin, menekankan upaya mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki perilaku sejalan dengan nilai-nilai Pancasila juga dalam mendukung kesenian dan kreatifitas bagi para siswa/i agar selalu menambah ilmu dan wawasan.28/05/2024.

P5 bertujuan membentuk Pelajar Pancasila yang beriman, berkebhinekaan global, mampu bergotong royong, mandiri, berpikiran kritis, dan kreatif. Dalam IKM P5, penerapannya tidak hanya terintegrasi dalam pembelajaran setiap mata pelajaran, tetapi juga memiliki alokasi waktu khusus, memberikan peluang kepada peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui interaksi dengan teman, guru, dan tokoh masyarakat sekitar.

Nur Perwakilan Guru menjelaskan bahwa P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dari pembelajaran berbasis proyek di dalam kelas.

Miskonsepsi terkadang muncul karena fokus pada hasil atau produk akhir, padahal proses yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek sangat penting. Alur dan proses ini menjadi pusat perhatian dalam P5.

Sebagai sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, P5 memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai bagian dari penguatan karakter, sekaligus memberikan kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar juga semoga para siswa/i SMPN 1 Tenjo agar selalu berprstasi,” Ungkapnya.

Penulis: Susanto

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini