Pengertian Review merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk mengulas suatu produk berdasarkan analisis data.
Media sosial kerap kali menghadirkan fenomena-fenomena baru bagi penggunanya. Berbagai informasi yang menarik, dan up to date juga dapat dengan mudah Anda dapatkan pada jaman ini. Salah satunya adalah dengan cara melihat sebuah review yang dilakukan oleh seseorang melalui media sosial.
Misalnya bagi Anda yang ingin membeli sebuah produk atau layanan, namun masih bingung dan masih memiliki pengetahuan yang kurang terhadap produk tersebut. Anda dapat melihat review dari pengguna lainnya sebagai solusinya.
Review yang tersedia di berbagai media sosial juga ada berbagai macam dan dikemas dalam berbagai bentuk yang menarik. Misalnya dapat berupa video atau hanya berupa tulisan.
Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu review dan bagaimana ciri-ciri serta berbagai macam jenisnya, Anda dapat menyimak beberapa informasi yang tersedia berikut ini!
Baca Juga : Mengenal Fungsi Google Search Console, Pengertian dan Fitur-Fitur nya
Ringkasan tentang Pengertian Review
- Review adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang untuk memberikan ulasan tentang sesuatu berdasarkan analisis data dan fakta.
- Review bertujuan untuk mengenalkan suatu produk baru kepada masyarakat. Sehingga masyarakat punya keputusan apakah mereka tertarik menggunakan produk tersebut atau tidak.
- Beberapa produk yang umumnya dapat di review antara lain seperti: produk kecantikan, pakaian, makanan, gadget, perangkat elektronik, aplikasi, film, buku, dan lain-lain.
- Jenis review dapat berupa tulisan atau artikel, dan juga video.
Pengertian Review
Review adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang untuk memberikan ulasan tentang sesuatu berdasarkan analisis data dan fakta. Biasanya ulasan tersebut juga diberikan ketika seseorang tersebut sudah pernah mencobanya.
Review pada jaman ini juga semakin sering Anda jumpai. Tidak hanya seseorang yang bekerja sebagai public figure saja yang dapat melakukan review.
Anda sebagai orang awam juga dapat melakukan review terhadap suatu produk atau layanan tertentu dan membagikannya secara mudah melalui berbagai macam media sosial yang Anda miliki seperti Instagram, TikTok dan YouTube.
Namun informasi yang Anda berikan juga harus berdasarkan fakta dan data yang ada, dan tidak boleh sembarangan karena informasi tersebut akan tersebar secara luas dan dapat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis produk atau layanan tersebut.
Tujuan Pengertian Review
Review juga memiliki tujuan yang bermacam-macam misalnya seperti:
- Memberikan informasi mengenai suatu produk atau layanan kepada masyarakat.
- Untuk memasarkan produk secara luas. Dan memberikan saran dan kritikan yang bermanfaat bagi yang melihat review tersebut.
- Review juga bertujuan untuk menjadi gambaran masyarakat terhadap produk yang diulas. Sehingga masyarakat dapat mempunyai keputusan apakah mereka tertarik menggunakan produk tersebut atau tidak.
- Memperkenalkan suatu brand atau merek tertentu, baik merek yang sudah ada sejak lama ataupun merek-merek baru.
Lihat Juga : Fastboot di Android, Pengertian dan Cara Mengatasi di HP Xiaomi, Vivo, Pasco
Ciri – Ciri Pengertian Review
- Menggunakan kalimat yang panjang dan cukup kompleks.
- Ulasan yang diberikan lebih fokus terhadap nilai guna dari produk atau layanan yang sedang diulas.
- Berisi informasi yang detail, serta membahas kekurangan dan kelebihan produk atau layanan tersebut.
- Menggunakan kata sifat seperti lebih baik, buruk, cantik, keras, lembut, menarik, bermanfaat dan sebagainya.
Lihat Juga : Pengertian, Fitur NFT, dan Cara Kerjanya di Facebook / Instagram
Jenis – Jenis Pengertian Review
1. Review Produk Kecantikan
Bagi Anda pengguna media sosial pasti sering kali menemukan konten-konten yang mengulas tentang sebuah produk kecantikan, misalnya seperti skin care dan make up. Konten tersebut berhasil menarik perhatian yang cukup tinggi dari masyarakat. Khususnya bagi para perempuan.
Ulasan tersebut biasanya berisi beberapa informasi mengenai cara penggunaan produk yang sesuai dengan tipe-tipe kulit dan berbagai macam permasalahan kulit yang dialami, komposisi bahan yang ada di dalamnya, tekstur, aroma, kemasan, hingga kelebihan dan kekurangan produk tersebut.
Sehingga, bagi para perempuan yang tertarik membeli produk kecantikan tapi masih bingung produk apa yang akan dibeli, Anda dapat melihat review mengenai beberapa produk kecantikan yang ada di dalam media sosial terlebih dahulu.
2. Review Pakaian
Selain review produk kecantikan, review pakaian juga termasuk salah satu konten yang sering muncul dalam media sosial pada saat ini. Konten ini berisi ulasan tentang beberapa pakaian yang dijual oleh brand-brand terkenal maupun yang baru saja diluncurkan.
Ulasan yang disampaikan biasanya berisi tentang bahan yang digunakan, model baju, desain, dan harga baju tersebut. Sehingga masyarakat dapat memiliki gambaran mengenai style pakaian yang cocok dengan kepribadian dan gaya mereka.
3. Review Makanan
Kemudian yang selanjutnya yaitu review makanan. Review jenis ini berisi informasi mengenai bentuk dan rasa masakan yang berbeda-beda. Selain rasa, reviewer biasanya memberikan informasi yang lebih luas misalnya seperti harga makanan, lokasi dan rekomendasi lainnya.
Sehingga konten review makanan dapat menjadi solusi ketika Anda merasa bingung ingin mencari kuliner yang enak namun sesuai dengan kantong Anda. Review makanan juga dapat Anda jumpai pada program acara televisi, atau di beberapa akun media sosial.
4. Review Gadget
Gadget pada saat ini sekaan-akan sudah menjadi kebutuhan komunikasi dan media sosial setiap orang. Setiap tahun, perusahaan gadget terus mengembangkan produknya, sehingga semakin diminati oleh semua kalangan.
Maka tidak heran jika banyak orang pada saat ini gemar sekali me-review gadget. Review jenis ini biasanya berisi tentang fitur-fitur yang dimiliki gadget, harga, kapasitas memori penyimpanan, dan kelebihan serta kekurangan dari jenis gadget yang lainnya.
Struktur Review
1. Pengenalan Produk
Bagian ini memberikan pengantar umum untuk produk atau layanan yang di review. Serta membahas tentang gambaran umum tentang produk atau layanan yang akan diulas, mulai dari nama, asal, latar belakang, pengarang, dll.
2. Evaluasi
Pada tahap ini, Reviewer memberikan gambaran yang lebih rinci yang harus diketahui pembaca tentang materi yang sedang di review.
3. Penafsiran atau interpretasi
Kemudian pada tahap ini, reviewer mengungkapkan pendapatnya yang jujur tentang produk atau layanan yang sedang diulas. Misalnya seperti menjelaskan kelebihan, kekurangan atau membandingkan produk tersebut dengan produk sejenis lainnya.
4. Kesimpulan
Kesimpulan adalah tahap paling akhir dari struktur review. Pada tahap ini, reviewer menjelaskan hasil dari ulasannya dalam garis besar. Setelah itu reviewer juga bisa menambahkan pendapat atau penilaian apakah produk atau layanan tersebut layak untuk dibeli atau sebaliknya.