Santri Dukung Ganjar Jatim Lakukan Aksi Tanggap Bencana Erupsi Semeru Distribusikan Bantuan Kemanusian Di 2 Posko Pengungsian

JAWA TIMUR – Fenomena Geologi sudah menjadi hal yang lumrah terjadi di kawasan di pusat cincin api (ring of fire) seperti Indonesia. Indonesia yang dilalui 3 lempeng besar benua yakni indo-australia, eurasia dan lempeng pasifik menyebabkan negara kita rawan terjadi peristiwa geologi maupun vulkanologi semisal letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Seperti yang terjadi beberapa hari terakhir, dimana kita dihebohkan oleh erupsi Gunung Semeru jawa timur yang menyemburkan lahar panas yang menyebabkan beberapa desa ditutupi abu vulkanis hingga masyarakat di sekitar kaki gunung semeru untuk mengungsi ke tempat yang aman.

Beberapa daerah terdampak ialah desa sumber wuluh, penanggal dan beberapa desa sekitarnya. Para masyarakat terdampak mengungsi ke beberapa tempat yang disediakan oleh relawan peduli bencana dan aparat kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Adapun posko pengungsian dibagi di 2 tempat yakni Balai Kecamatan Candipuro dan Lapangan Jarit Jl. Raya Candipuro Lumajang Jawa Timur.

Adapun jumlah pengungsi dari dua lokasi posko pengungsian adalah 357 jiwa yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Para pengungsi ditempatkan di tenda-tenda yang berasal dari uluran para swasta dan pemerintah.

Berdasarkan kondisi yang memprihatinkan tersebut relawan Santri Dukung Ganjar Jawa Timur melaksanakan aksi tanggap bencana dengan mendistribusikan bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, peralatan MCK dan perlengkapan bayi.

Khairul Umam selaku perwakilan Relawan Santri Dukung Ganjar menyampaikan keprihatinannya terhadap warga terdampak erupsi gunung semeru.

“Kami sangat prihatin, oleh sebab itu kami langsung turun ke lokasi bencana untuk mengetahui kondisi terkini dan kita ingin meringankan sedikit beban para korban yang terdampak secara materi sebagai bentuk solidaritas kita sesama masyarakat dan umat islam” pungkasnya pada Senin, (05/12/2022).

Amirul yang juga koordinator dapur umum dan posko pengungsian candipuro menyampaikan terima kasih yang tiada batas kepada para relawan yang telah sudi membantu meringankan beban masyarakat.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua tim santri dukung ganjar karena telah peduli kepada masyarakat korban terdampak erupsi gunung semeru, semoga semuanya selalu dalam lindungan Allah SWT” Imbuhnya.

Penulis : Fendi

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini