10+ Rekomendasi Tempat Tahun Baru di Jogja Paling Seru (2024)

Tempat Tahun Baru di Jogja : Tahun Baru merupakan salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia untuk merayakan lahirnya tahun baru atau mengungkapkan rasa syukur atas satu tahun yang lalu.

Biasanya masyarakat di seluruh dunia, termasuk Kota Yogyakarta, merayakan tahun baru dengan penuh kemeriahan.

Selain warga Yogyakarta, banyak juga wisatawan yang berencana berlibur di akhir tahun untuk bisa merasakan tahun baru di Yogyakarta.

Namun ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui di mana perayaan tahun baru di Yogyakarta yang meriah dan meriah.

Pada kesempatan kali ini Alodia ingin berbagi kepada anda tempat-tempat terbaik untuk merayakan tahun baru di Yogyakarta agar tahun baru menjadi sangat berkesan bagi anda dan pasangan, keluarga atau tempat anda.

Baca Juga : Tempat Wisata Baru di Malang Yang Lagi Hits Cocok Untuk Liburan Tahun Baru

Berikut ini kumpulan tempat tahun baru di jogja yang cocok dengan pasangan kamu :

Daftar Tempat Tahun Baru di Jogja 2024

1. Tempat Tahun Baru di Jogja (Tugu Jogja)

Siapa hayo yang tidak kenal dengan Tugu Jogja? Pasti yang baca artikel Alodia pasti seenggaknya tahu Tugu yang menjadi salah satu ikon utama kota Yogyakarta.

Monumen yang nama aslinya disebut Tugu Golng Giling ini dibangun pada awal masa pendirian Kraton Jogja di tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I.

Simak ulasan selengkapnya tentang Tugu Jogja

2. Tempat Tahun Baru di Jogja (Tebing Breksi)

Tempat wisata ini masih tergolong baru dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Jogja, yaitu mulai diresmikan pada tahun 2015.

Namun ternyata menjadi salah satu destinasi di Kabupaten Sleman yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Awal sejarahnya Tebing Breksi adalah bekas tempat pertambangan batu alam, namun aktivitasnya dihentikan pada tahun 2014 karena termasuk wilayah konservasi Gunung Api Purba Nglanggeran.

Semenjak areal pertambangan dihentikan, pemerintah bersama masyarakat menyulap tebing ini menjadi area wisata dimana tebing-tebing yang ada di Breksi diukir indah dengan ornamen khas jawa seperti wayang dan naga jawa.

Selain itu juga lokasi Tebing Breksi ini mempunyai pemandangan sangat indah karena diatas bukit dengan latar kota Jogja, sehingga banyak orang yang ingin mengambil foto di tempat wisata ini.

Saat tahun baru, Tebing Breksi menjadi salah satu tempat tahun baru di Jogja paling asyik karena bisa melihat suasana kembang api di berbagai sudut di kota Jogja, serta di Tebing Breksinya sendiri juga diadakan berbagai event dan pesta kembang api.

Simak ulasan selengkapnya tentang Tebing Breksi

Baca Juga : Wisata Obelix Sea View di Jogja Harga Tiket Masuk dan Lokasi

3. Kaliurang

Kaliurang adalah kawasan wisata di sekitar gunung Merapi yang berada di Kabupaten Sleman. Tempat ini merupakan salah satu kawasan wisata di Yogyakarta

dengan sejarah yang panjang, dimana dibangun oleh Hindia Belanda sebagai tempat peristirahatan para pejabat-pejabatnya.

Udara di Kawasan Kaliurang sangat sejuk karena memang berada di lembah Gunung Merapi, sehingga sangat cocok untuk melepas penat.

Di Kawasan ini anda bisa menemukan berbagai tempat wisata menarik seperti gardu pandang Merapi dan Museum Ullen Sentalu.

Berbagai event bisa anda temukan di kawasan Kaliurang saat pergantian tahun baru. Salah satu event yang paling terkenal adalah taman lampion, dimana kreasi-kreasi lampion menarik yang membentuk patung raksasa bisa memukau mata anda.

Selain itu juga pesta kembang api juga akan dilakukan secara meriah di kawasan Kaliurang, sehingga tak ayal Kaliurang ini menjadi salah satu tempat tahun baru di Jogja paling rekomendasi.

4. Malioboro & Titik Nol Jogja

Jalan paling legendaris Malioboro tidak ketinggalan sebagai salah satu tempat tahun baru favorit di Jogja dimana anda akan berkumpul dengan ribuan warga Jogja

ataupun wisatawan lainnya memadati sepanjang Jalan Malioboro sampai dengan Titik Nol Jogja untuk menikmati suasana akhir tahun dengan meriah.

Malioboro dan Titik Nol Jogja boleh bilang sebagai titik utama keramaian untuk merayakan tahun baru dimana di jalan sepanjang 2 kilometer sampai titik nol ini akan dipenuhi dengan masyarakat yang berjubel ingin melihat pesta kembang api,

menikmati hiburan musik ataupun atraksi lainnya, dan meniupkan terompet. Pokoknya sangat berkesan ketka kamu merasakannya secara langsung!

Simak ulasan selengkapnya tentang Jalan Malioboro

5. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang sering mendapat julukan sebagai Jogja lantai 2 karena lokasinya terletak di atas perbukitan seribu yang ada di sekitar area Kabupaten Bantul dan Kulon Progo.

Area wisata bukit bintang Jogja ini menjadi salah satu tempat wisata malam yang paling diminati oleh masyakarat karena pada malam hari kita bisa melihat keindahan kota Jogja dengan gemerlap lampu-lampu kota yang seperti bintang.

Di tempat ini anda bisa menemukan puluhan warung ataupun restoran yang menjadi tempat yang sangat cocok untuk berkumpul sambal menikmati suasana Jogja yang asyik.

Bukit Bintang Jogja saat tahun baru juga menjadi salah satu tempat wisata tahun baru di Jogja paling seru, dimana anda bisa melihat ribuan kembang api di atas langit-langit dipadukan dengan gemerlap langit, sehingga sangat indah.

Simak ulasan selengkapnya tentang Bukit Bintang

Baca Juga : Pesona Keindahan Wisata Pulau Lombok yang Harus Anda Kunjungi

6. Pantai Parangtritis

Pantai ini merupakan salah satu pantai paling popular di Jogja. Pantai Parangtritis menawarkan pemandangan yang memukau dengan pasir hitam yang sangat luas membentuk gumuk pasir yang merupakan tipikal geografi yang langka di Indonesia.

Saat puncak malam tahun baru biasanya Pantai Parangtritis ramai dikunjungi oleh wisatawan dengan adanya berbagai hiburan seperti musik dan pesta kembang api membawa warna tersendiri bagi pengunjung.

Ditemani cakrawala bintang yang luas dan angin pantai yang berhembus membuat pantai Parangtritis menjadi tempat tahun baru di Jogja yang menawarkan sensasi yang berbeda.  

Jarak dari kota Jogja ke Pantai Parangtritis cukup memakan waktu sekitar 27 kilo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Simak ulasan selengkapnya tentang Pantai Parangtritis

7. Tempat Tahun Baru di Jogja (Mandala Krida)

Stadion Mandala terletak di pusat kota Yogyakarta yang cukup dekat apabila anda menginap di sekitar Malioboro.

Stadion yang merupakan markas utama PSIM Jogja ini menawarkan hiburan yang berbeda saat tahun baru.

Pada malam tahun baru biasanya akan diselenggarakan balapan motor di area Mandala Krida, sehingga sangat seru untuk melihat balapan secara langsung.

Saat puncak malam tahun baru yaitu jam 12 malam biasanya balapan motor akan selesai, dan digantikan dengan pesta kembang api yang cukup spektakuler untuk dilihat.

Dengan berbagai hiburan yang seru menjadikan Stadion Mandala Krida menjadi salah satu tempat tahun baru terbaik di Jogja.

8. Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Sawal)

Selain Pantai Parangtritis ada pantai yang sangat ramai dikunjungi wisatawan saat puncak malam tahun baru, yaitu Pantai Indrayanti (biasa juga disebut Pantai Pulang Sawal) yang menawarkan sensasi berbeda.

Pantai yang berpasir putih ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, sehingga cukup jauh apabila dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 65 km yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam.

Namun saat anda sampai ke Pantai Indrayanti, maka melihat pemandangan yang memukau akan membuat lelah anda terbayarkan.

Dengan keindahan pantai berpasir putih serta lingkungan yang masih alami, membuat Pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat tahun baru di Jogja yang paling pas.

Pengunjung yang tidak terlalu banyak karena jauh dari pusat kota, membuat anda tidak akan berdesak-desakan saat menikmati pergantian tahun baru.

Saat pergantian tahun baru biasanya Pantai Indrayanti akan dipenuhi dengan gemerlap pesta kembang api yang dapat memecah suasana alami pantai.

Simak ulasan selengkapnya tentang Pantai Indrayanti / Pulang Sawal

9. Candi Prambanan

Sebagai salah satu candi paling megah yang ada di dunia membuat Candi Prambanan menjadi salah satu tempat tahun baru di Jogja yang cukup memukau.

Saat malam tahun baru biasanya anda akan melihat keindahan Candi Prambanan yang akan disorot oleh lampu-lampu di berbagai sudutnya.

Biasanya pengunjung akan ramai memadati sekitar areal Candi Prambanan untuk melihat ribuan kembang api yang akan mewarnai langit-langit di sekitar Candi Prambanan sehingga menjadi sangat indah.

Simak ulasan selengkapnya tentang Candi Prambanan

10. Jogja Bay

Jogja Bay menawarkan suasanya yang berbeda dengan tempat tahun baru di Jogja yang sudah Alodia bagikan di atas, karena Jogja Bay merupakan wahana wisata air yang cukup luas di Jogja.

Saat pergantian tahun baru anda bisa renang dan menikmati wahana yang cukup seru di Jogja Bay ditemani dengan berbagai hiburan yang sudah disiapkan.

Saat puncak perayaan tahun baru, Jogja Bay juga akan diadakan pesta kembang api yang sangat mewah untuk memukau pengunjung yang sudah dating.

Simak ulasan selengkapnya tentang Jogja Bay

Baca Juga : 15+ Tempat Wisata Pantai di Lombok Yang Bagus Untuk Wisatawan

Tempat wisata Kekinian di Jogja

11. Tempat Tahun Baru di Jogja (HeHa SkyView)

(instagram.com/hehaskyview)

HeHa SkyView sukses menjadi wisata Jogja terbaru 2022 yang menarik wisatawan dari berbagai kota.

Tempat wisata di Jogja ini merupakan restoran di ketinggian yang menyediakan spot foto unik dengan latar pemandangan perbukitan.

Salah satu spot foto HeHa SkyView yang terkenal adalah Sky Glass, yaitu spot berupa teras yang terbuat dari kaca.

Pada 31 Desember 2022, Heha SkyView menggelar acara ‘Pesta Tahun Baru 2023.’ Acara tahun baru di Jogja ini dimeriahkan oleh live music dan live DJ, pesta kembang api, doorprize, serta disediakannya spot selfi gratis.

Untuk harga tiket HeHa Sky View khusus tahun baru dibanderol mulai dari Rp200.000 (termasuk voucher makanan & mineral water serta spot selfie gratis).

Ada juga paket Gold mulai dari Rp500.000 termasuk buffet dinner AYCE, snack, dan spot foto selfie gratis.

12. Tempat Tahun Baru di Jogja (HeHa Ocean View)

(instagram.com/hehaoceanview)

Mau menyaksikan pesta kembang api di tepi samudra pertama di Jogja? Tandanya kamu wajib menghabiskan malam pergantian tahun di HeHa Ocean View.

Restoran yang berlokasi di tepi samudra ini juga menggelar acara tahun baru 2023 di Jogja dengan tajuk ‘Ocean Colourboration.’

Selain pesta kembang api, HeHa Ocean View juga menghadirkan live music dan live DJ, flash mob, stand up comedy, dan karaoke.

Untuk harga tiketnya, kamu bisa membeli tiket mulai dari Rp100.000 sudah termasuk hidangan barbeque.

13. Tempat Tahun Baru di Jogja (Obelix Hills)

(instagram.com/obelixhills)

Tempat wisata yang menggelar acara tahun baru di Jogja 2023 adalah Obelix Hills. Serunya, acara ini mengusung tema ‘Meet Me In Obelix Hills Wonderland.’

Jadi kamu disarankan untuk mengenakan kostum terbaik karena acara tahun baru di Jogja ini menggelar pesta kostum.

Bahkan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan hadiah karena mendapatkan predikat kostum terbaik.

Dengan membayar tiket mulai dari Rp50.000, kamu sudah bisa menikmati live music dan live DJ, magic show, cosplay performance, games, dan pesta kembang api dengan pemandangan kerlap-kerlip lampu Kota Jogja dari ketinggian.

Penutup :

Itulah beberapa tempat tahun baru di Jogja paling seru yang kami himpun berdasarkan tingkat popularitas dan keramaian pengunjung saat puncak perayaan malam tahun baru.

Yuk rayakan malam tahun baru anda di Jogja dan pesan paket wisata Jogja dari Alodia untuk membuat liburan anda semakin berkesan.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini