Ad

Tugas dan Wewenang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia

JAKARTA – Tugas Badan Pemeriksa Keuangan memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.

Pemeriksaan BPK mencakup Pemeriksaan laporan Keuangan, Pemeriksaan Kinerja, serta Pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Wewenang Badan Pemeriksa Keuangan
Menentukan objek pemeriksaan, merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan, menentukan waktu dan metode pemeriksaan serta menyusun dan menyajikan laporan pemeriksaan.

Meminta keterangan dan/atau dokumen yang wajib diberikan oleh setiap orang, unit organisasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.

Melakukan pemeriksaan di tempat penyimpanan uang dan barang milik negara, di tempat pelaksaan legiatan, pembukuan dan tata usaha keuangan negara, serta pemeriksaan terhadap perhitungan-perhitungan, surat-surat, bukti-bukti, rekening koran, pertanggungjawaban, dan daftar lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara.

Menetapkan jenis dokumen, data, serta informasi mengenai pengelolaan, dan tanggung jawab keuangan negara yang wajib, disampaikan kepada BPK.

Menetapkan standar pemeriksaan keuangan negara setelah konsultasi dengan Pemerintah Pusat/Pemeritah Daerah yang wajib digunakan dalam pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Menetapkan kode etik pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
Menggunakan tenaga ahli dan/atau tenaga pemeriksa di luar BPK yang bekerja untuk dan atas nama BPK.
Membina jabatan fungsional Pemeriksa.
Memberi pertimbangan atas Standar Akuntansi Pemerintahan.

Memberi pertimbangan atas rancangan sistem pengendalian intern Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah sebelum ditetapkan oleh pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah.

Badan Pemeriksa Keuangan merupakan institusi yang dibentuk untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dibentuk berdasarkan Perubahan Ketiga Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 23E menyebutkan bahwa untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara diadakan satu Badan Pemeriksa Keuangan yang bebas dan mandiri.

Untuk menunjang tugasnya, BPK RI didukung dengan seperangkat Undang-Undang di bidang Keuangan Negara, yaitu;

  1. UU No.17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara
  2. UU No.1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara
  3. UU No.15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara

Selanjutnya tugas dan wewenang BPK diatur dalam Undang Undang Republik Indonesia
Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan BAB III tentang Tugas dan
Wewenang.

Tugas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2006, BAB III
Bagian Pertama antara lain adalah sebagai berikut:

  1. BPK bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang
    dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank
    Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik
    Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.
  2. Pelaksanaan pemeriksaan BPK tersebut dilakukan atas dasar Undang-Undang tentang
    pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
  3. Pemeriksaan yang dilakukan BPK mencakup pemeriksaan kinerja, keuangan, dan
    pemeriksaan dengan adanya maksud tertentu.
  4. Dalam melaksanakan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara,
    BPK melakukan pembahasan atas temuan pemeriksaan dengan objek yang diperiksa
    sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara.
  5. Dalam hal pemeriksaan dilaksanakan oleh akuntan publik berdasarkan ketentuan undang-undang, laporan hasil pemeriksaan tersebut wajib disampaikan kepada BPK dan
    dipublikasikan.
  6. Hasil pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara diserahkan kepada DPD, DPR, dan DPRD. Dan juga menyerahkan hasil pemeriksaan secara tertulis kepada Presiden, Gubernur, dan Bupati/Walikota.
  7. Untuk keperluan tindak lanjut hasil pemeriksaan, BPK menyerahkan pula hasil
    pemeriksaan secara tertulis kepada Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota sesuai dengan
    kewenangannya.                                                                                                                 8. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan unsur pidana, BPK melaporkan hal tersebut kepada instansi yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan paling lama 1 (satu) bulan sejak diketahui adanya unsur pidana tersebut.

Sedangkan wewenang Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2006, BAB III
bagian kedua adalah sebagai berikut:

  1. Dalam menjalankan tugasnya, BPK memiliki wewenang untuk menentukan objek
    pemeriksaan, merencanakan serta melaksanakan pemeriksaan. Penentuan waktu dan
    metode pemeriksaan serta menyusun maupun menyajikan laporan juga menjadi
    wewenang dari BPK tersebut.
  2. meminta keterangan dan/atau dokumen yang wajib diberikan oleh setiap orang, unit
    organisasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank
    Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik
    Daerah dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara;
  3. melakukan pemeriksaan di tempat penyimpanan uang dan barang milik negara, di tempat pelaksanaan kegiatan, pembukuan dan tata usaha keuangan negara, serta pemeriksaan terhadap perhitungan-perhitungan, surat-surat, bukti-bukti, rekening koran,
    pertanggungjawaban, dan daftar lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan
    negara
  4. menetapkan jenis dokumen, data, serta informasi mengenai pengelolaan dan tanggung
    jawab keuangan negara yang wajib disampaikan kepada BPK
  5. menetapkan standar pemeriksaan keuangan negara setelah konsultasi dengan Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah yang wajib digunakan dalam pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara;
  6. menetapkan kode etik pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
  7. menggunakan tenaga ahli dan/atau tenaga pemeriksa di luar BPK yang bekerja untuk dan atas nama BPK;
  8. membina jabatan fungsional pemeriksa;
  9. memberi pertimbangan atas standar akuntansi pemerintahan; dan
  10. memberi pertimbangan atas rancangan sistem pengendalian intern Pemerintah
    Pusat/Pemerintah Daerah sebelum ditetapkan oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah.

Penulis: Hosnews

Baca Lainya :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postigan Populer

spot_img