Cara Meningkatkan Trafik Organik Website Update Terbaru 2025

Selama beberapa bulan, saya telah mengerjakan situs web baru untuk bisnis kecilnya. Dia akhirnya meluncurkan situs webnya dan tidak sabar untuk menjangkau orang-orang yang ingin membeli produknya.

Namun setelah berbulan-bulan menunggu, situsnya tidak menarik banyak pengunjung baru. Jadi apa yang dapat dilakukan Jane untuk menarik lebih banyak pelanggan?

Bagi Jane, cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan pendapatan adalah mempelajari cara meningkatkan lalu lintas organik.

Jika saya dapat mempelajari strategi untuk meningkatkan lalu lintas, dia dapat meningkatkan kinerja daring tokonya.

Beruntung bagi Jane dan Anda, kami memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk memahami cara meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda dan mencapai kesuksesan pada tahun 2025.

13 Tips Cara Meningkatkan Trafic organik Website

Fakta menarik: 50% pemasar mengatakan bahwa pengoptimalan mesin pencari (SEO) memberikan laba atas investasi (ROI) yang lebih baik daripada strategi pemasaran lainnya.

Itulah mengapa masuk akal bagi bisnis untuk berinvestasi dalam strategi untuk meningkatkan lalu lintas organik mereka.

Baca Juga : Cara Daftar Google Adsense Cepet di Terima Blogger & WordPress Untuk Pemula

Berikut ini adalah 13 tips cara meningkatkan trafic Organik:

  • Optimalkan halaman Anda untuk manusia, bukan mesin pencari
  • Membuat blog
  • Publikasikan konten secara berkala
  • Optimalkan konten untuk cuplikan unggulan
  • Integrasikan kata kunci yang relevan di halaman Anda
  • Temukan kata kunci baru untuk mengisi kekosongan
  • Atasi maksud pencarian dengan memperhatikan “Orang Juga Bertanya” dan FAQ
  • Buat tag meta dan deskripsi meta yang menarik
  • Melakukan audit SEO teknis
  • Terapkan praktik terbaik SEO teknis
  • Bagikan halaman web Anda di media sosial
  • Dapatkan backlink
  • Perbarui konten yang sudah ketinggalan zaman

1. Optimalkan halaman Anda untuk manusia, bukan mesin pencari

Karena mesin pencari menentukan peringkat hasil pencarian Anda, banyak perusahaan akan mencoba mengoptimalkan situs mereka untuk memuaskan mesin pencari. Namun, kenyataannya adalah bahwa mesin pencari bergantung pada pengguna untuk membantu menentukan peringkat halaman.

Fokuslah pada penulisan konten untuk manusia terlebih dahulu dan optimalkan pengalaman mereka di halaman Anda. Ini melibatkan setidaknya tiga hal:

  • Menulis konten yang bermanfaat untuk audiens Anda
  • Menjadikan situs web Anda ramah seluler (karena 53% lalu lintas pencarian global berasal dari perangkat seluler)
  • Membuat situs web Anda dapat diakses , memungkinkan semua pengguna untuk melihat dan mengakses konten Anda dengan benar.

2. Membuat blog

Blog adalah salah satu cara paling efektif untuk menjangkau audiens Anda. Konten blog yang bermanfaat dan menarik dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, dan membangun otoritas Anda di industri Anda.

Anda dapat membuat berbagai jenis konten blog, seperti berikut ini:

berbagai jenis konten untuk blog

Apa pun format blog Anda, bagian terpentingnya adalah Anda menyediakan informasi yang relevan bagi pengunjung. Pahami kendala audiens Anda dan informasi yang mereka cari, sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka.

3. Publikasikan konten secara berkala

Praktik terbaik lainnya yang dapat meningkatkan lalu lintas organik Anda adalah dengan menerbitkan konten bermanfaat secara berkala di situs web atau blog Anda. Gunakan kalender konten untuk menyederhanakan proses pembuatan konten Anda.

Kalender editorial

Saat Anda membuat kalender konten blog, situs web Anda akan terasa teratur. Kalender ini juga memberi sinyal kepada pengunjung web bahwa mereka harus memeriksa blog Anda secara berkala untuk membaca konten baru.

Dengan membangun konsistensi ini, Anda dapat menarik pengunjung tetap dan meningkatkan peluang Anda untuk mengonversi mereka menjadi pelanggan setia. Dan, tentu saja, Anda dapat mengarahkan aliran lalu lintas organik yang berharga ke situs Anda.

4. Optimalkan untuk pencarian bertenaga AI dan cuplikan unggulan

Bukan rahasia lagi bahwa lanskap penelusuran telah berkembang. Meskipun mendapatkan tempat cuplikan unggulan masih menawarkan nilai, visibilitas dalam Ringkasan AI Google dan hasil AI generatif juga penting bagi bisnis.

Mengapa? Karena beberapa alasan berikut:

  • 13 juta orang dewasa di AS mengaku menggunakan AI generatif sebagai alat utama untuk pencarian daring.
  • Ikhtisar AI dan cuplikan unggulan dapat menempati hingga 75% layar ponsel .
  • Ikhtisar AI muncul di 47% hasil pencarian Google .

Tingkatkan visibilitas Anda dalam penelusuran bertenaga AI dan dapatkan cuplikan unggulan dengan praktik terbaik berikut:

  • Berikan jawaban yang langsung dan ringkas : Ringkasan AI biasanya mendapatkan informasi dari halaman peringkat. Tulis konten Anda dengan cara yang menjawab pertanyaan umum yang terkait dengan maksud pencarian audiens Anda.
  • Miliki alur yang jelas dan logis : Jadikan konten Anda mudah dipahami dengan memiliki alur yang logis dan membaginya menjadi beberapa bagian dengan subjudul yang deskriptif. Gunakan daftar yang diurutkan dan tidak diurutkan bila diperlukan. Melakukan hal itu membantu pengguna manusia, bot pencarian, dan bahkan algoritme AI memahami konten Anda, meningkatkan peluang Anda untuk mendapat peringkat secara organik.
  • Targetkan kata kunci berekor panjang : Tingkatkan peringkat pencarian organik dan tingkatkan visibilitas Anda dalam pencarian AI dengan praktik terbaik ini. Dengan menangani kata kunci berekor panjang, Anda membuat konten yang secara langsung menjawab maksud spesifik pencari dan menarik lalu lintas yang memenuhi syarat ke situs web Anda.
  • Optimalkan untuk EEAT : Keahlian, Pengalaman, Kewenangan, dan Kepercayaan (EEAT) adalah serangkaian faktor penting yang digunakan Google untuk menentukan peringkat kualitas dan relevansi konten situs web. Dengan menulis konten yang mendalam dan diteliti dengan baik yang menunjukkan pengalaman dan kredibilitas Anda dalam suatu topik, Anda membangun kepercayaan di antara audiens dan mesin pencari. Hasilnya adalah peningkatan peringkat di SERP dan visibilitas dalam pencarian yang didukung AI.

5. Integrasikan kata kunci yang relevan di halaman Anda

Kata kunci memainkan peran penting dalam mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik dan menarik prospek berkualitas ke situs web Anda.

Menemukan kata kunci baru membantu Anda mengidentifikasi kesenjangan kata kunci dalam konten Anda dan mengisinya dengan konten yang bermanfaat dan relevan yang menarik audiens Anda ke situs web Anda.

Anda dapat menemukan kata kunci yang relevan untuk halaman Anda dengan:

  • Melakukan penelitian kata kunci menggunakan alat seperti KeywordsFX
  • Berfokus pada istilah yang terkait dengan industri
  • Berfokus pada kata kunci berekor panjang

6. Temukan kata kunci baru untuk mengisi kekosongan

Optimasi kata kunci tidak berhenti setelah upaya awal Anda untuk mengintegrasikannya. Setelah Anda membuat konten di situs Anda (seperti blog Anda), biasakan untuk melakukan riset kata kunci secara teratur guna menemukan kata kunci baru untuk ditargetkan.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menjaga strategi kata kunci Anda tetap terkini dan selalu mengetahui frasa dan istilah apa yang digunakan audiens target Anda untuk menemukan konten Anda.

Kesenjangan kata kunci

Cari kata kunci dengan persaingan yang lebih sedikit agar Anda memiliki peluang lebih baik untuk meraih peringkat teratas.

Ini memberi Anda keuntungan atas pesaing dan memaksa mereka untuk bekerja lebih keras untuk bersaing dengan otoritas situs Anda yang mapan pada kata kunci tersebut.

Menemukan kata kunci baru juga membantu Anda mengidentifikasi kesenjangan kata kunci dalam konten Anda dan mengisinya dengan konten bermanfaat dan relevan yang menarik lebih banyak lalu lintas organik ke situs Anda.

  • Melakukan  analisis kata kunci pesaing
  • Gunakan alat seperti  Ahrefs atau  Google Search Console untuk memantau data kata kunci

7. Atasi maksud pencarian dengan memperhatikan pertanyaan “Orang Juga Bertanya” dan FAQ

Tangkapan layar bagian FAQ

Kiat lain tentang cara meningkatkan lalu lintas organik ke situs Anda adalah menargetkan bagian “Orang Juga Bertanya” dan FAQ untuk langsung menjawab pertanyaan pengguna terkait. Menambahkan bagian FAQ ke halaman Anda dapat meningkatkan kekuatan peringkat Anda karena hal berikut:

  • Ini memberi Anda peluang tambahan untuk menargetkan kata kunci yang relevan.
  • Anda menjawab maksud penelusuran potensial audiens Anda berikutnya.

Bagian ini menambah nilai ke halaman Anda dan dapat menarik lebih banyak lalu lintas organik ke situs Anda dengan segera menjawab pertanyaan pengguna.

8. Buat judul tag dan deskripsi meta yang menarik

Mesin pencari seperti Google menampilkan kutipan paling relevan dari halaman Anda, yang bisa berupa tag judul dan deskripsi meta Anda . Sebaiknya Anda mengoptimalkan keduanya untuk menarik perhatian penelusur untuk mengeklik halaman Anda.

Berikut adalah dua praktik terbaik:

  • Untuk tag judul Anda: Fokuslah untuk membuatnya dalam 60 karakter. Anda juga ingin mengintegrasikan kata kunci inti Anda di bagian depan, sehingga mesin pencari dan penelusur tahu bahwa iklan Anda relevan. Buat tag judul Anda menyenangkan dan menarik untuk mendorong klik!
  • Untuk deskripsi meta Anda: Batasi hingga 160 karakter. Integrasikan kata kunci inti Anda ke dalam deskripsi meta. Pastikan deskripsi tersebut memberikan wawasan kepada audiens Anda tentang apa yang diharapkan pada halaman Anda.
tag judul dan deskripsi meta di serps

9. Lakukan audit SEO teknis

SEO teknis membuat situs web Anda lebih mudah dipahami dan diindeks oleh perayap mesin pencari, sehingga menjadi bagian penting dalam menarik lalu lintas organik ke situs Anda. 

SEO teknis berkaitan dengan peningkatan kemudahan penggunaan dan penyelesaian masalah teknis yang dapat mengganggu pengguna.

Mulailah perjalanan SEO teknis Anda dengan melakukan audit situs. Audit situs akan membantu Anda  memeriksa elemen-elemen penting di bagian belakang  situs dan mengidentifikasi masalah teknis yang perlu diperbaiki, seperti:

  • Kecepatan halaman
  • Status indeks
  • Status tautan
  •  Kesalahan peta situs
  • Data terstruktur
  • Status HTTPS

Ingin mempelajari cara melakukan audit SEO teknis Anda sendiri? Lihat panduan langkah demi langkah kami!

Baca Juga : 10+ Contoh Nama Domain Website Lengkap dengan Artinya

10. Terapkan praktik terbaik SEO teknis

Setelah Anda melakukan audit SEO teknis, Anda dapat terus meningkatkan kesehatan SEO teknis situs Anda dengan menerapkan beberapa praktik terbaik untuk menjaga situs Anda dalam kondisi prima.

Berikut ini adalah beberapa praktik terbaik SEO teknis yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan situs Anda bagi pengguna dan mesin pencari:

  • Gunakan HTTPS bukan HTTP
  • Pastikan situs Anda ramah seluler
  • Mengoptimalkan untuk Data Web Inti Google
  • Meningkatkan kecepatan halaman
  • Identifikasi dan perbaiki konten duplikat apa pun
  • Identifikasi dan perbaiki tautan yang rusak
  • Lakukan audit SEO teknis secara berkala untuk mengatasi masalah apa pun

11. Bagikan halaman web Anda di media sosial

Bagikan halaman web Anda di media sosial

Jika Anda hanya mengandalkan taktik SEO untuk membantu Anda meningkatkan lalu lintas organik, Anda kehilangan metode berharga lainnya yang akan membantu Anda mendatangkan lebih banyak lalu lintas.

Pemasaran media sosial menyediakan peluang hebat lainnya untuk mengarahkan pengguna ke situs Anda dengan menautkan ke posting blog atau halaman artikel. Anda dapat membagikan halaman Anda di profil media sosial untuk membantu mengarahkan lalu lintas organik ke halaman Anda.

Pemasaran media sosial tidak hanya akan mengarahkan pengikut Anda kembali ke situs web Anda, tetapi jika mereka membagikan posting Anda, hal itu akan mendorong lalu lintas baru ke halaman Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan lalu lintas organik di luar pengoptimalan situs web Anda, kami punya strategi yang sangat bagus untuk Anda: Dapatkan backlink. Backlink adalah tautan ke situs Anda dari situs luar lainnya. Tautan ini membantu meningkatkan kepercayaan dan otoritas situs web Anda di industri Anda.

Tautan balik meningkatkan lalu lintas organik dengan dua cara. Pertama, seseorang yang memilih untuk menautkan ke situs Anda di halaman mereka mengarahkan lalu lintas dari situs web mereka ke situs web Anda.

Jadi, jika blog ulasan menautkan ke pizzeria Anda di posting blog mereka tentang tempat pizza terbaik, siapa pun yang mengeklik tautan itu ke situs Anda akan menjadi lalu lintas baru untuk bisnis Anda. Selain itu, mendapatkan backlink yang kredibel membantu meningkatkan kepercayaan dan otoritas Anda, yang akan meningkatkan peringkat Anda.

Jadi, bagaimana Anda bisa mendapatkan lebih banyak backlink? Cara terbaik untuk mendapatkan backlink adalah dengan membuat konten yang relevan dan terkait dengan industri.

Website/Blog Anda dapat menjadi peluang besar bagi Anda untuk mendapatkan backlink dari situs yang kredibel. Blog adalah sumber backlink terbaik karena:

  • Anda dapat membagikannya di media sosial
  • Anda dapat menulis tentang berbagai topik
  • Anda dapat menargetkan banyak kata kunci
  • Anda dapat membagikannya melalui buletin email

Karena blog bersifat serbaguna, blog menyediakan berbagai cara dan peluang bagi Anda untuk menjangkau orang-orang yang akan menautkan kembali ke postingan Anda di halaman mereka sendiri.

Jangan takut untuk menghubungi otoritas industri dan meminta mereka untuk melihat postingan blog terbaru Anda!

13. Perbarui konten yang sudah ketinggalan zaman

Strategi terakhir yang akan kita lihat untuk meningkatkan lalu lintas organik adalah memperbarui konten yang sudah ketinggalan zaman .

Saat Anda menerbitkan konten, konten tersebut dapat menjadi ketinggalan zaman seiring berjalannya waktu.

Anda mungkin tidak akan mendatangkan banyak lalu lintas ke situs web Anda karena pesaing Anda memiliki halaman yang lebih mutakhir.

Jika Anda ingin meningkatkan lalu lintas pencarian organik ke halaman-halaman ini, mulailah dengan mengoptimalkannya kembali.

Mengoptimalkan ulang konten lama memungkinkan Anda untuk memberikan kehidupan baru ke halaman-halaman di situs Anda yang tidak berkinerja baik. Jadi, apa yang dimaksud dengan pengoptimalan ulang?

Hal ini bergantung pada halamannya. Untuk beberapa halaman, cukup dengan memperbarui informasi di dalamnya dapat membantu Anda meningkatkan lalu lintas organik.

Industri Anda dapat berubah, dan informasi di halaman tersebut tidak lagi relevan, jadi Anda harus memperbarui konten untuk mencerminkan standar saat ini. Anda harus memperbarui hal-hal seperti:

  • Tanggal
  • Statistik
  • Informasi yang sudah ketinggalan zaman
  • Struktur halaman Anda berdasarkan maksud pengguna

Selain itu, mungkin halaman Anda tidak mudah dibaca oleh audiens Anda. Anda mungkin perlu menyusun ulang teks menjadi paragraf yang lebih kecil, menambahkan visual untuk membantu memecah teks, atau menggunakan judul agar halaman Anda mudah dibaca sekilas. Merombak konten akan membantu meningkatkan performa konten Anda, sehingga Anda dapat meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda.

Tingkatkan lalu lintas organik dan pendapatan Anda dengan WebFX

Meningkatkan lalu lintas organik merupakan aspek penting pemasaran Anda, karena menghasilkan ROI yang lebih baik daripada kebanyakan strategi.

Jika Anda memerlukan bantuan terkait upaya SEO Anda, agensi pemasaran digital dengan layanan lengkap seperti WebFX dapat memberikan dukungan yang Anda perlukan untuk mengarahkan lalu lintas organik ke situs web Anda. Kami adalah Mitra Utama Google yang telah membantu klien kami meraih keberhasilan dalam kampanye mereka.

Jangan hanya percaya pada apa yang kami katakan. Biarkan testimoni klien kami memberi tahu Anda bagaimana kami memberikan hasil yang mereka inginkan.

Tim kami bersemangat untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis, sasaran, dan audiens Anda guna meningkatkan lalu lintas organik dan meningkatkan pertumbuhan laba bersih.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini