Cara Mengatasi Link Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp

Cara Mengatasi Link Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp : Jika kamu merupakan salah satu orang yang masih kebingungan kenapa link di WA tidak bisa dibuka, maka kami akan sampaikan pembahasannya.

Jangan sampai ketinggalan pembahasannya ya karena ini semua penting dan memang harus kamu ketahui ya. Simak langsung yuk Cara Mengatasi Link Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp memang sangat-sangat banyak sekali ya kegunaannya. Tidak jarang orang menggunakan aplikasi WhatsApp ini untuk berbagi berbagai macam hal-hal yang penting ya.

Pengguna dari aplikasi WhatsApp ini juga bukan hanya anak mudah saja lho ya.

Sebagai pengguna WhatsApp, terkadang menerima pesan berupa link / URL, entah dari teman, grup, hingga orang tak dikenal.

Sayangnya, dalam beberapa kasus link tersebut tidak aktif / tidak bisa dibuka secara langsung melalui aplikasi WhatsApp lihat tutorial Cara Mengatasi Link Tidak Bisa.

Baca Juga : Download GB WhatsApp Apk Terbaru – Update Februari 2023

Pengguna harus menyalinnya secara manual kemudian menempelkannya pada browser lihat panduan Cara Mengatasi Link Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp.

Cara Mengatasi Link Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp semacam ini tentu sangat tidak efisien. Ada beberapa hal yang perlu Anda tahu kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Kemungkinan WhatsApp mampu melakukan identifikasi ketika mendapatkan link dari pengguna yang tidak dikenal maka link tersebut secara otomatis akan di nonaktifkan (disable) pelajari Cara Mengatasi Link Tidak Bisa.

Untuk itu, Anda sebagai pengguna harus menambahkan nomor tersebut ke daftar kontak WhatsApp agar kiriman pesan link dapat normal kembali.

Baca Juga : Download Aplikasi WhatsApp Plus (WA Plus) Versi Terbaru 2023

Penyebab link tidak bisa dibuka WhatsApp

  • Link tidak aktif (berwarna hitam) – Link berwarna hitam di WhatsApp bersifat sementara dan dapat aktif apabila Anda menambahkan nomor ke daftar kontak.
  • Anda tidak menambahkan nomor ke daftar kontak – Jika Anda tidak menambahkan nomor pengguna ke daftar kontak maka link tersebut tidak aktif dan tidak bisa di klik secara langsung.
  • Anda tidak memiliki izin untuk mengakses link – Jika Anda mengakses link Google Form / Google Drive namun tidak bisa melihat isi file/ formulir maka kemungkinan Anda tidak memiliki izin untuk mengaksesnya. Cek informasi lengkapnya di sini Cara Mengatasi Link Tidak Bisa.
  • dll.

Lihat Juga : Download GB WhatsApp Apk Terbaru – Update Februari 2023

Cara mengatasi link tidak bisa dibuka WhatsApp

Cara Mengatasi Link Tidak Bisa : Untuk mengatasi masalah link tidak bisa dibuka di WhatsApp pada ponsel Android ataupun iOS (iPhone). Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Tambahkan nomor tersebut ke daftar kontak

Simpan kontak tidak dikenal WhatsApp
1. Tambahkan nomor pengguna ke daftar kontak WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Tips pertama cara mengatasi link tidak bisa dibuka yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan kontak pengirim dari link kiriman yang tidak bisa dibuka tersebut.

cara mengatasi link tidak bisa di klik ini Anda lakukan apabila dalam kasus Anda belum menyimpan kontak pengirim.

  1. Buka WhatsApp » kemudian buka pesan link tersebut.
  2. Tap Tambah Ke Kontak » Buat kontak baru, untuk menambahkannya ke daftar kontak.
  3. Tulis nama kontak tersebut, tap Centang untuk menyimpan.
  4. Selesai.

Setelah menyimpan kontak pengirim, Anda bisa cek apakah link telah aktif / belum.

Lihat Juga : Download KMSpico Activator Windows 10 32 Bit / 64 Bit Terbaru

2. Tambahkan nomor anggota grup

Simpan Kontak di Grup WhatsApp
2. Tambahkan nomor anggota Grup ke daftar kontak WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Tips kedua, cara mengatasi link yang tidak bisa dibuka pastikan untuk menyimpan salah satu kontak dari anggota grup. Apabila dalam kasus Anda mendapatkan link dalam grup WhatsApp.

Tidak harus semua anggota grup Anda simpan nomornya, cukup beberapa kontak saja.

  1. Buka WhatsApp » masuk ke Grup yang Anda inginkan.
  2. Buka info Grup yang ada di bagian atas.
  3. Pilih kontak yang ingin di simpan, tap Tambah ke kontak.
  4. Tulis nama kontak tersebut.
  5. Tap Centang untuk menyimpan.
  6. Selesai.

Setelah menyimpan kontak dari beberapa anggota grup, lihat kembali apakah link tersebut telah aktif/ belum. Jika masih belum aktif, coba lakukan tips berikutnya.

Lihat Juga : Download WhatsApp Clone Mod APK (WA 2 Akun) Versi Terbaru 2023

3. Salin link dan bagikan ke pengguna lain

Salin Pesan Link WhatsApp
3. Salin link dan bagikan ke pengguna lain. RUDI DIAN ARIFIN

Coba salin link tersebut dan bagikan kembali ke pengguna lain atau bagikan lagi ke pengirimnya. cara mengatasi link google drive tidak bisa dibuka ini juga terbukti berhasil saya lakukan. 

Anda cukup menyalin pesan link tersebut, kemudian tempelkan ke penulisan pesan lalu kirim.

  1. Buka WhatsApp » pilih pesan yang terdapat link tidak aktif.
  2. Blok pesan tersebut, pilih ikon Salin yang ada di bagian atas.
  3. Tempelkan pesan ke kotak penulisan pesan.
  4. Tap ikon Kirim untuk mengirim pesan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Sementara Waktu

4. Salin link secara manual

Salink Link WhatsApp Web
4. Salin link secara manual dan tempelkan ke browser. RUDI DIAN ARIFIN

Berikutnya, Anda bisa salin link secara manual melalui WhatsApp Web atau aplikasi WhatsApp. Akan lebih mudah apabila Anda melakukannya melalui browser komputer / laptop karena bisa di blok menggunakan mouse/ trackpad.

Namun saran saya, Anda bisa mencoba satu dari tiga tips di atas yang di pastikan berhasil mengatasi masalah link WhatsApp yang tidak aktif.

Lihat Juga : Cara Menghapus Cache Di HP dan Lettop Sampai Bersih

Kesimpulan,

Itulah sekilas cara mengatasi link yang tidak bisa dibuka di android, Apabila Anda mendapatkan link dari pengguna yang tidak dikenal / belum ditambahkan ke daftar kontak maka link tersebut tidak aktif.

Hal ini menjadi ketentuan WhatsApp untuk melindungi pengguna dari pesan yang tidak dikenal (terutama berbentuk link yang bisa saja itu malware / phishing).

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai cara mengatasi link yang tidak bisa dibuka di whatsapp, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini