Dinilai cacat admnistrasi penetapan bacakades; puluhan warga patengteng melakukan aksi demo

Hosnews.id|| Bangkalan, P2KD di nilai tidak transparan Puluhan warga Desa Patengteng, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, gelar aksi demo di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, Senin (19/4/2021).

Masyarakat Desa Patengteng beserta Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi menggelar aksi di depan gedung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, di mulai sekitar pukul 13:00 WIB dan berakhir kurang lebih pukul 14:30 WIB.

Adapun di antara tuntutannya mereka mendesak bupati Bangkalan mengambil alih P2KD desa Patengteng karena di duga tidak netral serta memerintahkan P2KD Kabupaten Bangkalan untuk mengulang verifikasi Bakal Calon Kepala Desa Patengteng secara terbuka.
Sebab, warga menduga ada cacat administrasi dalam verifikasi bacakades yang dilakukan TFPKD.

β€œKami Masyarakat desa Patengteng merasa di bodohi oleh TFPKD dan P2KD desa Patengteng karena tidak ada transparansi dalam verifikasi Bacakades oleh TFPKD. Oleh karena itu kami meminta Bupati Bangkalan untuk melakukan diskresi, karena ada cacat administrasi. Kalau ini dibiarkan kami khawatir akan menjadi penyakit pada pemilihan mendatang,” tutur Nurul Huda, koordinator aksi saat menyampaikan orasinya di Kantor DPMD Bangkalan, Senin (19/4/2021).

Menanggapi hal ini, Ketua TFPKD Kabupaten Bangkalan, Akhmad Ahadiyan Hamid mengaku akan segera memanggil BPD dan P2KD Desa Patengteng terkait data Bacakades Patengteng.

β€œKita belum mengetahui secara pasti permasalahan Desa Patengteng. Besok atau lusa dipanggil untuk mengetahui permasalahan dari kedua belah pihak,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Akhmad Ahadiyan juga mengarahkan warga agar melakukan protes atau mengajukan aduan kepada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Sebab, protes terkait penetapan cakades seharusnya dilakukan saat masa sanggah.

β€œKarena ini proses masa sanggah sudah terlewat, jadi kami arahkan protes teman-teman Desa Patengteng langsung ke PTUN. Agar proses pilkades tetap berjalan dan proses di PTUN juga berjalan. Nanti hasil PTUN gimana, barulah kita bergerak. Agar kegiatan tidak menghambat kegiatan pilkades serentak,” tutupnya.

Kemudian setelah aksi tersebut selesai, Nurul Huda selaku Korlap aksi menegaskan bahwa masyarakat akan terus mengawal proses Pilkades.”Kami Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi akan siap mengawal Pilkades desa Patengteng agar terlaksana dengan adil dan transparan hingga selesai” pungkasnya.

( MzL )

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini