Gebrakan Positif, Pemkab Lamongan Tingkatkan Ekspor dan Produk Lokal dengan Gelar Lamongan Exportiva

LAMONGAN, HN ID – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-455, Pemkab Lamongan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar pameran bertajuk Lamongan Exportiva di Sport Center Lamongan.

Kepala Disperindag Kabupaten Lamongan, Anang Taufik menyampaikan, masyarakat khususnya Lamongan bisa menyaksikan pameran tersebut secara gratis selama 5 (lima) hari, mulai tanggal 5-9 Juni 2024.

Menurutnya, Lamongan Exportiva diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para pelaku industri dan IKM (Industri Kecil Menengah) di Lamongan tentang peluang ekspor.

“Pameran Lamongan Exportiva juga bisa memberikan pelaku industri dan IKM terkait akses langsung kepada berbagai lembaga dan pihak yang berperan dalam perdagangan internasional,” kata Anang, Selasa (4/6/2024).

Anang mengungkapkan, Lamongan Exportiva akan menampilkan beberapa pelaku industri dan IKM di Kabupaten Lamongan yang sudah sukses mengekspor produknya. Selain itu, pihaknya akan kerjasama dengan pihak bea cukai.

“Pada pameran tersebut kita juga membuka klinik pelayanan ekspor bagi para pelaku industri dan IKM yang ingin mengekspor produknya. Serta talkshow dengan Kemendag RI melalui Sentra Ekspor Surabaya untuk melayani para pelaku industri dan IKM di Lamongan,” ujarnya.

Sejalan dengan program P3DN (Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) dari Pemerintah Pusat, Lamongan Exportiva juga akan berkolaborasi dengan beberapa OPD.

“Dengan begitu ini membantu pelaku industri dan IKM memasarkan produknya ke etalase pengadaan barang dan jasa. Sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Lamongan,” tuturnya.

Dijelaskan Anang, Lamongan Exportiva juga akan menampilkan 11(sebelas) program prioritas Pemkab Lamongan, diantaranya program Perintis di bidang Pendidikan, Kesehatan (Home Care Service dan Lamongan Sehat), dan Jamula. “Sehingga nanti masyarakat akan tahu sejauh mana program Pak Bupati berjalan,” ucap Anang.

Penulis: (Ks/ Timhos)
Editor: Red

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini