Keutamaan dan Keistimewaan Dalam Bulan Ramadhan

BANGKALAN – Hosnews.id – Ramadhan merupakan bulan suci istimewa penuh kemuliaan serta keberkahan yang sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Banyak keutamaan dan keistimewaanย Ramadhan, sehingga bisa menjadi waktu terbaik bagi umat Islam untuk memperbaiki diri meningkatkan keimanan.

Selain berpuasa, setiap umat Islam dianjurkan melakukan amalan-amalan kebaikan karena ganjarannya berupa pahala yang berlipat ganda.

โœ“โ€ข Keutamaan Ramadan

Mengutip NU Online, di bawah ini terdapat poin-poin tentang keutamaan bulan Ramadhan, sebagaimana telah disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam sabda berikut:

ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ุดูŽู‡ู’ุฑู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽููŽุถู’ู„ูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽุงุฆูุฑู ุงู„ุดูู‡ููˆู’ุฑู ูƒูŽููŽุถู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู

Artinya: Ramadan adalah bulan Allah. Keutamaannya dibanding bulan-bulan lain adalah bagaikan keutamaan Allah dibanding dengan makhluk-Nya. (Syekh Nashr ibn Muhammad as-Samarqandi, Tanbihu-i Ghafilin fi Ahaditsi Sayyidil-I Anbiyai wal Mursalin, Daru-I Kutubi-I Ilmiyyah, h.186).

Setidaknya terdapat 3 keutamaan bulan Ramadan yang tak dimiliki bulan-bulan lainnya.

  1. Pahala berlipat ganda
    Keutamaan pertama bulan Ramadhan yaitu ada banyak pahala berlipat ganda dari Allah untuk diberikan kepada umatnya yang melaksanakan ibadah kebaikan.

Allah berfirman dalam hadis Qudsi, “Setiap kebaikan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan dari sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat kecuali puasa, sebab puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya kepada orang-orang yang telah menahan syahwat, makan, dan minum karena -Ku.”

  1. Doa-doa terkabul
    Selain keberkahan pahala, bulan Ramadhan merupakan momen terbaik untuk memperbanyak doa karena peluang terkabulnya cukup besar.

“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka puasa, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi. (HR.Tirmidzi: HR.Hasan).

  1. Bulan Ramadan bagian dari rukun Islam
    Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam di antara kewajiban yang Allahย wajibkan. Allah SWT telah menjadikan ibadah puasa termasuk ke dalam bagian rukun Islam yang keempat. Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda:

“Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan, dan berhaji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

โœ“โ€ข Keistimewaan Ramadan

Berikutnya masih tentang keutamaan dan keistimewaan Ramadhan. Berikut keistimewaan bulan Ramadan yang perlu diketahui.

  1. Ramadan menjadi bulan pengampun dosa
    Dijelaskan dalam khotbah tersebut bahwa salah satu keistimewaan Ramadhan yaitu bulan penuh ampunan untuk menghapus dosa-dosa yang sebelumnya pernah kita lakukan.

Seorang Muslim yang berpuasa secara ikhlas, menahan panas, lapar dan haus, maka panasnya berpuasa itu menjadi simbol untuk membakar dosa-dosanya.

  1. Diturunkannya Alquran
    Ramadan merupakan bulan diturunkannya Alquran sebagai petunjuk bagi umat Islam, bahkan di dalamnya terdapat malam lailatul qadar yaitu malam terbaik dari seribu bulan.

Keistimewaan ini ada dalam firman Allah, “Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu maka hendaklah berpuasa.” (QS.Al-Baqarah, Ayat 2: 185).

  1. Pintu surga terbuka
    Bulan suci Ramadan penuh kemuliaan dan keberkahan menjadi pertanda seluruh pintu-pintu surga terbuka, pintu neraka tertutup, bahkan setan-setan dibelenggu.

Selain itu, Allah juga menjaga manusia supaya terhindar dari perilaku tercela dan keji, sehingga lebih banyak menjalankan amalan kebaikan untuk menghapus dosa.

Keutamaan dan keistimewaan Ramadhan tentunya hanya bisa dirasakan sepenuhnya oleh orang-orang yang menjalani puasa dalam keadaan beriman dan ihtisab, yaitu mengharap rida Allah SWT. (Redaksi)

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini