Pasca Banjir Bandang, Pencarian dan Penyelamatan Korban Jadi Prioritas

Hosnews.id, kota Batu – Ratusan tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, relawan dan masyarakat melakukan pembersihan di lokasi terdampak banjir bandang yang terjadi pada Kamis sore (4/11) di sejumlah titik lokasi di Kota Batu.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, didampingi Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko, dan Forkopimda Kota Batu meninjau kembali lokasi bencana di Desa Bulukerto, Jumat (05/11) pagi. 

Proses evakuasi pasca bencana berfokus pada pencarian dan penyelamatan korban. Upaya pembersihan dilakukan dengan membersihkan lumpur, ranting, batang pohon dan material yang terbawa arus banjir.

β€œSekarang ini masa tanggap darurat, maka pencarian dan penyelamatan menjadi bagian prioritas. Ada proses evakuasi yang sedang berjalan, mudah-mudahan semua bisa memberikan yang terbaik bagi penyelamatan masyarakat,” kata Khofifah.

Baca Juga : Banjir Bandang Terjang Kota Batu dan Sungai Brantas Meluap di Malang

Pemerintah Kota Batu juga melakukan berbagai percepatan dalam penanganan bencana. Sejumlah posko disiapkan sebagai tempat evakuasi dan dapur umum bagi masyarakat yang terdampak dan juga para relawan.

β€œLangkah strategis jangka panjang sedang diidentifikasi. Kita lihat bagaimana proses vegetasinya, kita cek di beberapa dam-dam, kemudian bagaimana proses normalisasi dan evaluasi dari hunian yang ada di bantaran sungai,” imbuh Gubernur.

Dalam kesempatan kali ini sekaligus diberikan santunan kepada 2 keluarga korban banjir bandang yang meninggal dunia.

Sementara ada enam titik lokasi banjir bandang di Kota Batu, antara lain di Dusun Sambong Desa Bulukerto, Desa Sumberbantas, Dusun Beru Desa Bumiaji, Dusun Banaran Desa Bumiaji, Jalan Raya Dieng Desa Sidomulyo, Jalan Raya Selecta Desa Tulungrejo dan Dusun Gemulo.

Data Pusdalops PB BPBD Kota Batu, 5 November 2021, 02.00 WIB mencatat, sebanyak 22 warga terdampak mengalamni kerugian. Mulai dari rumah rusak, kendaraan serta hewan ternak hanyut terbawa banjir

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini