11 Tempat Wisata Religi di Jawa Timur Yang Wajib kalian Kunjungi

Wisata Religi di Jawa timur : Wisata religi adalah cara yang luar biasa untuk menjelajahai dan meresapi keindahan dan warisan oleh berbagai buadaya di seluruh dunia.

Saat kalian menjelajahi tempat-tempat yang suci, dan mengikuti jejak-jejak para toko agama terdahulu , mungkin kalian akan merasa terinspirasi.

Mungkin kalian merasa bingung jika kalian tidak pernah mendatangi tempat-tempat yang seperti ini, dan tidak tau yang harus kalian kunjungi saat pertama kali ingin mengunjungi tempat-tempat yang penuh sejarah ini.

Namun , kalian jangan khawatir lagi karena admin disini akan memberikan rekomendasi tempat wisata religi di jawa timur yang wajib kalian kunjungi.

Apalagi pada saat menjelang bulan Ramadhan, selain untuk menambah wawasan kehadiran wisata religi juga menjadi sarana beribadah ummat muslim.

Nah, khusus kalian yang berada di kawasan jawa timur, kali ini admin akan mengulas sedikit tentang tempat wisata religi di jawa timur.

Biar tidak lama-lama, Yuk, langsung saja kita simak pejelasan di bawah ini.

Baca Juga : Sejarah KH. Ahmad Asrori Al Ishaqi, Pengasuh PP. Al-Fitrah Surabaya

Daftar Isi

Tempat Wisata Religi di Jawa Timur

1. Makam Sunan Giri

Makam sunan giri yang berlokasi di daerah perbukitan, tempatnya berada di kecamatan Kebomas, kota Gresik, Jawa Timur.

Tidak jauh berbeda dengan makam sunan drajat, masyarakat setempat juga menghormati jasa Sunan Giri dan menjadikannya sebagai wisata religi yang banyak dikunjungi saat hari biasa, terlebih pada saat liburan panjang memasuki bilan Ramadhan.

Selain berwisata religi di makam Suna Giri, para pengujung juga berkesempatan mengunjungi makam-makam krabat Sunan Giri yang berlokasi di kota Gresik.

2. Wisata Religi di Jawa timur, Makam Sunan Drajat

Makam sunan drajat menjadi salah satu wisata yang direkmendasikna untuk temen-temen yang berencana untuk liburan di kawasan jawa timur.

Beliau senantiasa mengembangkan dan menyebarkan Islam sepanjang hidupnya sehingga begitu dikenal dan dihormati oleh masyarakat setempat. 

Makam Sunan Drajat berada di Lamongan, Jawa Timur, bahkan telah ada pula museum Sunan Drajat yang dibuat secara khusus untuk mengenang jasa Sunan Drajat.

3. Makam Sunan Ampel

Selanjutnya ada makam Sunan Ampel yang juga berlokasi di jawa timur, tempatnya berada di kota Surabaya Jawa timur, wisata religi yang satu ini berada area pecinan dan sangat dekat dengan kampung Arap.

Dijamin, wisata religi kalian akan lebih berkesan dan lebih menyenangkan karena bisa menyaksikan dua kebudayaan bersatu dalam satu area. 

4. Wisata Religi di Jawa timur, Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang ialah satu dari sekian banyak wisata religi di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi.

Makam Sunan Bonang berlokasi di sebelah alun-alun kota Tuban, provinsi Jawa Timur, tidak hanya berwisata religi, para pengunjung makam juga berkesempatan untuk beribadah di masjid Sunan Bonang, Jawa Timur. 

Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa bersantai ria di alun-alun kota Tuban sambil menikmati jajanan khas kota Tuban yang dijual oleh para pedagang kaki lima.

Baca Juga : 20+ Rekomendasi Tempat Wisata di Yogyakarta Favorit Wisatawan

5. Makam KH Abdurrahman Wahid

Makam KH Abdurrahman Wahid telah menjadi salah satu wisata religi di kawasan Jawa Timur yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat hingga ke luar daerah. 

Wisata religi yang satu ini berada di kawasan Jombang yang memang dikenal sebagai kawasan pengembangan Pondok Pesantren Tebu Ireng.

Jombang juga dikenal sebagai kota kelahiran Presiden RI Abdurrahman Wahid atau juga biasa di panggil Gusdur. 

Saat kalian mengunjungi ke makam Gus Dur, hampir semua makam disana dibuat tanpa nama, Hanya saja, makam Gusdur terlihat berbeda karena hiasan beragam bunga di atas pusaranya.

6. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

Bukan hanya makam Sunan Giri, di kawasan Jawa Timur terdapat pula wisata religi yang bernama Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim. 

Masyarakat setempat juga mengenalnya dengan makam Sunan Gresik karena makam yang berlokasi di kawasan Gresik, Jawa Timur.

Tempat pemakaman Syekh Maulana Malik Ibrahim ini lebih tua dari semua wali Songo san menyimpan berbagai sejarah, salah satunya ialah makam Adipati Tumenggung dan keluarga besar kerajaan majapahit.

Kalian bisa mempelajari silsilah budaya jawa, dari nama tokoh legenda hingga sejarah penting lainnya.

7. Wisata Religi di Jawa timur, Makam Mbah Hamid

Makam Mbah Hamid Pasuruan telah menjadi satu dari sekian banyak wisata religi yang tersebar di kawasan Jawa Timur. 

Mbah Hamid sendiri merupakan salah satu keturunan Sunan Gunung Jati yang berperan penting dalam menyebarkan agama Islam di kawasan Pasuruan. 

Makam Mbah Hamid Pasuruan berada di sebelah utara alun-alun Pasuruan dan hampir setiap harinya dipenuhi oleh para pengunjung.

8. Makam Sunan Bejagung Lor

Bagi kalia yang berencana mengunjungi wisata religi di kawasan Jawa Timur, maka pastikan Anda mengunjungi makam Sunan Bejagung Lor. 

Perlu diketahui, Sunan Bejagung Lor atau bernama lengkap Sayyid Abdullah bin Sayyid Jamal Asy’ari Kubro. 

Beliau ini merupakan tokoh agama yang masih memiliki garis keturunan dengan nabi Muhammad.

Beliau datang ke tanah Jawa untuk membantu menyebarkan agama Islam dan ikut serta membantu menyelesaikan beragam permasalahan yang dialami masyarakat setempat.

termasuk masalah ekonomi yang kerap dialami masyarakat di kawasan Jawa Timur, Makam Sunan Bejagung Lor berada di desa Bejagung Semanding, tepatnya berlokasi dari 2 KM di selatan pusat kota Tuban.

Baca juga : Sejarah Singkat KH Mustofa Bisri, dalam Pergerakan NU

9. Masjid Tiban Turen

Tidak hanya memiliki wisata religi berupa makam para tokoh penting saja, Anda juga bisa mengunjungi ragam wisata religi berupa masjid di kawasan Jawa Timur. 

Salah satunya ialah masjid Tiban Turen yang berlokasi di kawasan Malang, tepatnya berada di Desa Sananreji Turen.

Masjid Tiban Turen ini juga sering disebut dengan masjid pintu seribu yang terdiri dari 10 lantai dengan seni arsitektur yang amat sangat mengagumkan.

Di bagian dinding terdapat pemandangan unik yang bisa kalian nikmati oleh para pengunjung.

10. Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko

Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko telah menjadi salah satu wisata religi terbaik di kawasan Jakarta Timur. 

Tidak hanya dikenal sebagai kota kurator, ternyata Tuban juga dijuluki dengan kora seribu goa. 

Bahkan terdapat sebuah masjid yang di dalam goa atau dikenal sebagai Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko. 

Masjid ini berada di jalan Gedungombo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur, meskipun berada di dalam goa, namun tidak membuat seni arsitektur tempat ini menjadi terbatas.

Kalian bisa melihat kemegahan dan keunikan di dalamnya yang terlihat sangat fantastis dan layak dimasukkan ke dalam list kunjungan temen-temen.

Baca Juga : MASJID BERSEJARAH BISA DIKUNJUNGI KETIKA BERADA DI KOTA PALEMBANG

11. Kuil Kwan Sing Bio

Tidak hanya menawarkan wisata religi untuk umat muslim, Anda juga bisa menemukan wisata religi untuk agama-agama lainnya di kawasan Jawa Timur.

Hal ini bisa Anda lihat dari bangunan-bangunan Candi dari Kwan Sing Bio yang berlokasi di pusat daerah Tuban, bahkan telah menjadi salah satu kuil terbesar yang ada di kawasan Asia. 

Kuil Kwan Sing Bio menganut ajaran Tri Dharma, yakni Konfusianisme, Taoisme dan Buddhisme. 

Salah satu keunikan kuil ini bisa Anda temukan dari gerbang-gerbangnya yang menyerupai tandung kepiting dan berbagai ikon kuil yang melambangkan kepiting.

Penganut setempat meyakini jika lambang kepiting akan melindungi umat dari segala unsur-unsur kejahatan dan marabahaya.

Baca Juga: Filosofi Ishari NU, ikatan seni Hadrah indonesia

Akhir Kata

Nah, itulah tempat wisata religi di jawa timur yang bisa admin rekomendasikan, untuk tempat religi berikutnya kita bisa ketemu di postingan selanjutnya.

Semoga postingan kali ini bisa menjadi refrensi bagi kalian para pecinta wisata religi, terutama yang berada di kawasan jawa timur.

Oke, temen-temen sampai ketemu di postingan selajunya, semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian semua.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini