Inilah Doa Gempa Bumi : Arab, Latin, Lengkap Denagn Artinya

Doa Gempa Bumi : Akhir-akhir ini banyak daerah di Indonesia yang dilanda bencana alam seperti gunung meletus dan gempa bumi.

Seperti yang telah terjadi gempa bumi di Jawa Timur pada hari jum’at tanggal 22 maret 2024 banyak sekali Kabupaten/Kota yang ternak dampaknya mulai dari tuban sampai ke madura juga terasa gempanya.

Jika Anda merasakan adanya musibah, ini ada beberapa doa gempa bumi yang disarankan untuk segera Anda amalkan.

Membaca doa gempa bumi ini tentu saja untuk minta pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT. Sebab, segala bencana alam yang menimpa umat-Nya berada dalam kendali Allah SWT.

Dan umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan berdoa memohon perlindungan Allah agar kita terhindar dari kejahatan yang datang pasca gempa bumi.

Baca Juga : Pengertian Hukum Bacaan Ikhfa’ Haqiqi Beserta Contohnya

Inilah Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa Bumi

Berikut adalah beberapa bacaan Doa Gempa Bumi yang bisa dipanjatkan ketika dihadapkan dengan bencana alam, seperti gempa .

1. Doa Gempa Bumi

يَا أَرْضِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهِ ، أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شَرِكَ، وَمِن شَرِّ مَا فِيْكَ، وَشَرِّ مَا خُلِقَ فِيْكَ، وَشَرِّ مَا يَدِبُّ عَلَيْكَ

Yā arḍu rabbi wa rabbukallāh, a’ūḍubillāhi min šarrik wamin šarri mā fika, wamin šarri mā huliqa fika wamin šarri mā yadibbu ‘alaika

Artinya:

“Wahai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aku berlindung kepada Allah daripada keburukanmu, daripada keburukan yang terkandung di dalammu, daripada keburukan yang diciptakan yang terkandung di dalammu, dan daripada keburukan yang melata atas dasarmu”. (HR. Abu Dawd, dinilai Hasan oleh Ibn Hajar)

2. Doa Saat Terkena Gempa Bumi

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha

Artinya:

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.”

Baca Juga : Panduan Sholat Tarawih dan Witir, Beserta Bacaan Arabnya

3. Doa Berlindung dari Gempa Bumi

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أَغْتَالَ مِنْ تَحْتِيَ

Allaahumma innii a-‘uudzu bi-‘azhamatika an ughtaala min tahtii

Artinya:

“Aku berlindung kepada-Mu dengan kebesaran-Mu agar aku tidak diserang/ditelan dari arah bawah (bumi).

4. Doa Gempa Bumi Sesuai Sunnah

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allahumma inni asaluka khairaha wa khaira ma fiha, wa khaira ma arsalta bihi, wa a’udzubika min syarriha, wa syarri ma fiha wa syarri ma arsalta bihi

Artinya:

Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (HR. An Nasa’i)

5. Doa Memohon Perlindungan Allah SWT

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbi innii ‘a’uu dubika-ann as alaka maa laisa lii bihi ‘ilmun wa illaa tag firlii wa tar ham noo akum minal khaa siriin

Artinya:

“Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (QS. Hud ayat 47)

Akhir Kata :

Nah, itulah beberapa bacaan doa saat terjadi Bencana Alam yang bisa temen-temen amalkan. mudah-mudahan dengan membaca di atas di semua mselalu dalam lindungan Allah SWT. Semoga bermanfaat.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini