Himbau Peternak Sapi terkait PMK Binmas Polsek Pangarengan ke Desa Gulbung

SAMPANG,HN.ID – Sambang Desa merupakan salah satu tugas pokok bhabinkamtibmas untuk menyampaikan himbauan serta pesan-pesan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

Kanet Binmas di dampingi pula Bhabinkamtibmas sambang ke Desa Gulbung Polsek Pangarengan Polres Sampang di manfaatkan pula untuk memberikan himbauan terkait pencegahan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang pada hewan ternak sapi.

Kanit Binmas Bripka Mohammad Hoiri bersama rekannya Bripka Abdul Mukti Bhabinkamtibmas mendatangi kandang sapi milik Bpk Sholeh (peternak), warga Dusun Larangan, Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang. untuk menjelaskan ciri-ciri hewan ternak yang terindikasi penyakit PMK. (Minggu, 15/5/2022)

“Sekarang ini sedang ada wabah penyakit mulut dan kuku. Ciri-cirinya mengeluarkan air liur berlebihan, masalah pada kaki dan kukunya terluka, nafsu makan berkurang. Jadi saya harap bapak selalu menjaga kebersihan kandang sapinya, jaga pola makan hewan agar tetap sehat, dan selalu patuhi protokol kesehatan,” jelas Kanit Bripka Hoiri

Sementara itu Kapolsek Pangarengan Ipda Sujiono, S.H., saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dengan menerjunkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sambang warga yang memiliki hewan ternak, utamanya di kawasan Kecamatan Pangarengan.

β€œBhabinkamtibmas sebagai salah satu unit ujung tombak Kepolisian dalam pembinaan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kami terus berupaya bagaimana masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah PMK ini,” ujar Sujiono.

Lebih lanjut Kapolsek, dirinya menambahkan bahwa Bhabinkamtibmas melakukan koordinasi dengan warga untuk memberikan penanganan dengan cepat bila menemui indikasi adanya PMK.

“Diharapkan selalu berkoordinasi bila ada indikasi PMK pada hewan ternak di lingkungan warga Desa binaannya bisa langsung memberitahukan kepada perangkat Desa atau Kepala Desa (kades), nantinya akan diteruskan kepada instansi terkait agar tidak menyebar ke hewan yang lain,” Ucap Kapolsek. (AB).

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini