Inilah Nama Ibu Kota Turki yang Sebenarnya (Ankara)

Inilah Nama Ibu Kota Turki yang Sebenarnya : Turkie, sebuah negara yang kaya akan sejarah dan budaya, memiliki ibu kota yang begitu megah dan bersejarah.

Namun, tahukah Anda bahwa nama kota Turki tidak seperti yang kita kenal sekarang? Mari kita telusuri lebih dalam untuk mengungkap rahasia sejarah dan nama asli dari ibu kota negara ini.

Ibu kota Turki yang kita kenal saat ini adalah Ankara. Namun, sebelumnya, Istanbul memiliki peran sebagai pusat pemerintahan dan kekuasaan.

Istanbul, yang dahulu dikenal sebagai Konstantinopel, adalah ibu kota Romawi Timur dan Kemaharajaan Ottoman.

Perubahan nama ibu kota dari Istanbul ke Ankara terjadi pada tahun 1923, saat Republik Turki didirikan di bawah kepemimpinan Mustafa Kemal Ataturk.

Pergantian ini memiliki latar belakang sejarah dan politik yang mendalam. dan sampai sekarang banyak orang mengira ibu kota TΓΌrkiye saat ini bernama Istanbul.

walaupun, ibu kota Turki telah berganti nama menjadi kota Ankara. Sejak tahun 1923, kota ini menggantikan Konstantinopel atau Istanbul sebagai ibu kotanya.

Bahkan tak heran jika banyak orang yang mengira Istanbul adalah ibu kota Turki, karena memiliki sejarah tersebut. Selain itu, Istanbul juga merupakan kota terbesar di TΓΌrkiye.

Menurut catatan sejarah, negara ini memindahkan ibu kota untuk menghindari hal-hal buruk seperti korupsi dan kerusakan moral yang banyak bermunculan di Istanbul saat itu.

Baca Juga : Pesona Keindahan Wisata Pulau Lombok yang Harus Anda Kunjungi

5 Fakta menarik di Ibu Kota Turki

Sumber Gambar : IDN Times

Pemindahan ibu kota diharapkan dapat menciptakan ibu kota baru yang lebih murni. Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai perubahan ini:

1. Keadaan Ibu Kota Turki Lebih Tenang

Dikutip dari buku Cinta di Langit Istanbul, Ankara adalah kota terbesar kedua setelah Istanbul. Berbeda dengan Istanbul,

kota ini terlihat lebih tenang dan penggunaan kendaraan pribadi lebih minim. Mereka lebih memilih transportasi umum karena harga bahan bakar yang tinggi.

2. Punya Nama Lain Angora

Sebelum bernama Ankara, kota ini dikenal dengan nama Angora. Nama ini kemudian dipakai sebagai nama ras kucing angora yang berasal dari daerah tersebut.

Di sini banyak sekali kucing angora berkeliaran sebagai kucing liar. Namun, tak seperti kucing liar di Indonesia pada umumnya,

kucing liar di Ankara bisa dibilang terawat dan bersih karena pemerintah juga turut memfasilitasi kebutuhan kucing-kucing tersebut.

3. Kambing Menjadi Ikon Ankara

Jika berjalan-jalan di kota ini, Anda akan melihat beberapa patung kambing berwarna-warni menghiasi Ankara.

Kambing jenis angora ini memang memiliki andil dalam mengisi sejarah kota Ankara. Tak heran jika akhirnya kambing dijadikan simbol resmi kota Ankara.

Karena kambing pula Ankara akhirnya dikenal juga sebagai salah satu daerah penghasil wol terbanyak di dunia.

Baca Juga : Wisata Sumber Gempong di MojoKerto Harga Tiket dan Lokasi

4. Tempat Wisata di Ibu Kota Turki

sumber gambar : satriani wisata

Dikutip dari buku Jalan-Jalan ke Turki, destinasi wisata yang paling banyak diminati di Ankara adalah Anitkabir. Tempat ini adalah makam Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Republik Turki.

Lalu ada juga Masjid Kocatepe yang memiliki ketinggian 67 meter. Dengan ketinggian tersebut, Anda bisa melihat seluruh kota Ankara dari menara masjid ini.

5. Pentingnya Melestarikan Warisan Istanbul

Meskipun bukan lagi ibu kota, Istanbul tetap menjadi penanda sejarah Turki. Pemeliharaan warisan budaya

dan sejarah Istanbul tetap menjadi perhatian pemerintah, menjadikannya destinasi wisata yang kaya akan keindahan dan cerita.

Baca Juga : 11 Tempat Wisata Religi di Jawa Timur Yang Wajib kalian Kunjungi

Akhir Kata :

Demikian itulah 5 fakta menarik terkait perubahan nama ibu kota Turki dari Istanbul ke Ankara, kita dapat melihat bahwa ini bukan hanya perubahan geografis,

tetapi juga manifestasi dari semangat nasionalisme dan keinginan untuk menciptakan identitas negara yang baru.

Istanbul tetap memegang peran penting dalam sejarah Turki, sementara Ankara berkembang menjadi simbol modernitas dan kestabilan politik.

Sejarah Turki, yang begitu kaya dan kompleks, terus membentuk wajah negara ini hingga saat ini semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Berita terkait

spot_img

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini